.quickedit{ display:none; }

Selasa, 20 Mei 2014

Ayam Goreng Sambel Hejo

Pernah makan ayam goreng di RM Sari Rasa (Sambel Hejo) Purwakarta??? yang sering bolak balik Bandung -  Jakarta mungkin familiar dengan rumah makan ini..... Apalagi yang dulunya kecanduan sm sambel hejo dan perkedelnya, dijabanin jauh-jauh sampe ke plered!!! tapiii... beberapa tahun terakhir RM itu sudah buka banyak cabang, diantaranya ada yang di pintu masuk/keluar tol purwakarta, kalau gak salah ada juga yang di rest area tol Purbaleunyi KM. 88 dan cabang Bandung di Jl Natuna No 29, tampaknya rumah makan ini ngejar kastemer eymm hehehehe. 

Kalau mampir ke Purwakarta jangan lewatkan untuk mampir ke sentra industri keramik yang ada di plered, atau beli oleh-oleh peyeum dan icip-icip colenak di desa bendul, cari menu makan siang? wisata kuliner aja! banyak tempat makan enak, ada beberapa Rumah Makan yang bisa eike rekomendasikan yaitu: RM Sari Rasa Sambel Hejo, ada  RM. Sajolna, RM Ibu Ani rata-rata RM ini menu masakannya gak jauh2 dari ayam goreng dan ayam bakar, ada juga RM Ibu Haji Ciganea yang lengkap menu masakannya khas purwakarta, pengen makan sate kambing/sapi? ada sate maranggi Cibungur yang selalu penuh pengunjung...wihhh jadi ngiler *drooling* 

Nah balik lagi ke Ayam Goreng Sambel Hejo, ayam goreng ini bukan seperti ayam goreng biasanya yang digoreng garing, tapi hanya digoreng asal panas saja, sambalnya sambel hejo (hijau), ini karena bahan2 sambelnya berwarna hijau, ditambah lalaban, dimakannya pake nasi panas cucok bo!!! pasti bakalan nambah nasi terus ^^

Jadi untuk mengobati rasa kangen makan ayam goreng sambel hejo ini udah gak perlu jauh-jauh ke Purwakarta lagi, tinggal ngesot ke dapur ajahhh yuk cusss :)

.: Ayam Goreng Sambel Hejo :.
by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
1 ekor ayam kampung/pejantan, potong2
3lbr daun jeruk
1 batang serai, geprek
1sdt gula putih
500ml air
minyak secukupnya untuk menumis dan menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :
2 sdt garam
1/2 sdt penyedap rasa
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 sdt ketumbar
2cm jahe
5cm kunyit

Cara membuat :
1. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk dan serai, tumis sampai harum. Masukkan potongan ayam aduk rata, tambahkan gula pasir, tuang air. Ungkep ayam sampai bumbu meresap atau matang (cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera). Angkat. biarkan selama kurleb 30-60 menit sebelum digoreng supaya bumbunya benar-benar meresap.

ayam yang sedang diungkep
2. Panaskan minyak dalam wajan, Goreng ayam pakai api sedang jangan sampai garing, asal panas saja. Angkat
3. Ayam Goreng siap disajikan.

This is it!!! Ayam Goreng Sambel Hejo ^^
Sambel Hejo

Bahan-bahan:
1/2sdt garam
1/2sdt gula putih
2bh tomat hijau
20bh cabe rawit hijau
1cm kencur

Cara membuat :
1. Dalam cobek : garam, gula, cabe rawit, kencur, ulek. Tambahkan irisan tomat hijau ulek kembali, cicipi rasanya jika kurang garam atau gula tambahkan sesuai selera.
2. Sambel hejo siap disajikan

Selamat Mencoba :)

Baca juga resep olahan daging ayam lainnya ^_^
#Ayam Betutu Khas Gilimanuk





























2 komentar:

  1. Kalau sudah bisa masak sendiri, pasti rasanya lebih enak buatan sendiri ya, bener nggak??

    BalasHapus
  2. Bener banget Mbak Ida Syamsuddin ^_^

    BalasHapus