.quickedit{ display:none; }

Senin, 13 Oktober 2014

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Kayanya gak akan kehabisan ide kalo ngomongin tentang ayam, dimasak apapun bisa! sebelumnya saya sudah pernah bikin ayam bakar ini tapi gak sering buatnya, bukan karena gak enak, tapi yang terbayang adalah repot bakarnya :D belum lagi kalo bakar-bakarannya memakai cara konvensional seperti saya ini hihihi...asapnya bisa bikin baju dan rambut bau! udah deh males duluan, meskipun ada si mbak yang bantuin bakar, tetep aja kita harus ngawasin juga kan ^___^

Saya pernah dapat kiriman Ayam Bakar Bumbu Rujak ini dari Ibu mertua. Ayam Bakar ini adalah salah satu masakan andalan beliau, hubby suka sekali dengan ayam bakar-nya, makanya saya langsung minta resepnya. Waktu pertama saya buat ayam bakar ini menggunakan ayam kampung, berhubung harganya mahal jadinya pembuatan ayam bakar selanjutnya saya ganti dengan ayam pejantan yang potongannya lebih kecil supaya hasilnya lebih banyak wkwkwk...

Hari ini saya akan posting resep ayam bakar bumbu rujak yang kemarin saya jadikan pelengkap di resep Nasi Lemak hasil eksperimen saya ^^

check it out gals!

.: Ayam Bakar Bumbu Rujak :.
by : yurike sasaki

Bahan-bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang, potong 4 (saya pakai ayam pejantan, dipotong kecil-kecil biar banyak hehehehe)
2batang serai, geprek
2lembar daun salam
1ruas lengkuas, geprek
2lembar daun jeruk
1sdt penyedap rasa (jika pakai)
500ml santan kental (dari 1/2 butir kelapa)
1sdm gula jawa
1sdm kecap manis 
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
6butir bawang merah
4siung bawang putih
10butir kemiri
5bh cabe merah (jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera)
5cm kunyit
3cm jahe

Cara membuat :
Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan garam, penyedap rasa (jika pakai) serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk, tumis hingga wangi/matang. Masukkan potongan ayam, aduk rata bersama bumbu. Tuang santan kental, ungkep sampai air menyusut.


Setelah air menyusut, angkat ayam beserta bumbu sisa ungkepan. Sebelum dibakar, biarkan ayam kurleb 2-3 jam agar bumbu meresap. Siapkan alat panggang konvensional beserta arang, bakar arang (bisa dibantu menggunakan minyak tanah atau spirtus) sampai ada bara api-nya kemudian kipas-kipas agar bara apinya merata (bisa dibantu dengan menggunakan kipas angin) panggang ayam, olesi dengan bumbu ungkepannya, panggang hingga berwarna kuning kecoklatan. angkat.


Siapkan piring saji, Ayam bakar bumbu rujak siap dinikmati bersama keluarga

This is it!!! Ayam Bakar Bumbu Rujak ^^


Baca juga resep olahan daging ayam lainnya ^_^
Selamat mencoba :)



















2 komentar:

  1. kemaren nyoba garangasemnya uenak bgt. nendang mba. makaciiiiibingittsss muah muah. tapi, td nyoba ayam bakar rujaknya krg nendang mba. apa gara2 bakarnya di teflon ya. *padahal lagi semangat2nya belajar bikin ayam bakar basah buat jualan* xixixi :). mba yurike sasaki ada saran ga ato punya resep ayam bakar ato pernah makan ayam bakar terenak? share dongs mbaaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak Luk Lul, saya ikut senang juga kalau resep yg sy sharing cocok hihihi...untuk ayam bakar mungkin lbh oke jika d bakar menggunakan arang ya, kemudian spy bumbunya lbh meresap sebaiknya ayam yg sdh d ungkep diinapkan semalaman atau minimal setengah hari, pd saat bakar, sisa bumbu dioles ke ayamnya. Sy sbnrnya bukan pecinta ayam bakar mbak hehehe...tp nanti kalau sy sdh punya resep yg enak bingits sy share d sini ya, anw terima kasih untuk komentarnya ya Mbak :)

      Hapus