.quickedit{ display:none; }

Minggu, 05 Oktober 2014

Sate Maranggi ala Cibungur

Kalau ngomongin sate kambing pasti langsung inget Sate maranggi Cibungur Purwakarta dan es kelapa mudanya beuhhh maknyusss! lokasinya di Jalan Raya Cibungursari (Cikampek - Purwakarta) Jawa Barat, jadi kalau pas lewat purwakarta jangan lewatkan berkuliner disini yakk gals ajibbb bingittts ^_^

Hari ini saya punya banyak sekali daging kambing, yahh karena memang baru saja dapat jatah hahahah! pasti taulah jatah apaan ^_^ Sebenarnya sudah beberapa kali sate maranggi ala cibungur ini saya buat, dan beberapa kali juga saya revisi sampai dengan saya menemukan yang benar-benar cocok di lidah. 

Hampir setiap resep sate maranggi yang saya baca selalu memanggang sate dalam kondisi mentah, tapi yang saya rasakan ketika makan beberapa kali di RM Sate maranggi Cibungur, sepertinya sebelum di panggang si satenya sudah mengalami proses pemasakan sebelumnya *ini sambil makan berpikir sangat keras..hahahha* dan yang terlintas di pikiran saya kalau sate maranggi ini mungkin di kukus dulu sebelum dipanggang!

Dan akhirnya setelah bereksperimen dengan membagi daging sate menjadi 2 bagian yang satu dibiarkan mentah dan sebagian lagi di kukus jadi tau deh sekarang kalau sate marangginya memang lebih mirip rasanya kalau di kukus dulu *wink-wink*

Nah setelah siap dengan bahan-bahannya mari kita nyateee pemirsaa, untuk es kelapa jeruknya bisa dibuat di rumah juga looh dijamin segerrrrr ^_^

Kemonnnn!!!

Sate Maranggi ala Cibungur
.: by: yurike sasaki .:


Bahan-bahan :
500 gr daging kambing/sapi, potong dadu
2 lembar daun pepaya
kecap manis secukupnya
tusuk sate

Haluskan : 
1sdt garam
2sdt ketumbar
 2 ruas lengkuas muda, parut
3sdm gula merah

Cara membuat :
Balurkan bumbu halus ke potongan daging kambing/sapi hingga rata.


Tusukkan satu persatu daging berbumbu ke tusuk sate sampai potongan daging habis. Bungkus daging sate dengan daun pepaya, agar bumbu meresap biarkan kurleb 1-2jam. Panaskan dandang, kukus daging sate, kurleb 15-20menit, angkat (saya buat dua versi, satu bagian saya kukus, sebagian lainnya saya biarkan dalam kondisi mentah)


Kiri :Daging sate mentah ; Kanan : daging sate yang telah dikukus sebelum dipanggang

Siapkan panggangan sate, nyalakan api, tunggu sampai muncul bara api pada arang. Pindahkan daging sate ke dalam piring, sesaat sebelum di panggang, beri kecap manis secukupnya, bolak-balik daging sate agar kecap merata, letakkan satu persatu daging sate di atas panggangan, bolak balik agar matangnya merata, panggang hingga berubah warna/ matang, angkat.


Sate Maranggi siap disajikan, dengan nasi timbel dan sambal tomat
This is it!!! Sate Maranggi a la cibungur ^^
Sambal Tomat

Bahan-bahan :
15bh cabe rawit
2 buah tomat, iris-iris tipis
1/2sdt garam
1/2sdt gula putih 

Cara membuat sambal :
Ulek kasar cabe rawit, garam dan gula, tambahkan irisan tomat, aduk rata. Sambal tomat siap disajikan.

This is it!!! Sambal Tomat ^^
   

Baca juga resep olahan daging kambing lainnya ^_^

Selamat mencoba :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar