.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 02 Mei 2015

Chiffon Cake Tape Keju

Sebenarnya saya kurang terlalu suka dengan tape singkong atau kalau di bandung populer dengan sebutan peyeum ini. Meskipun rasanya manis dan legit saya masih lebih suka jika tape ini dibuat sesuatu dulu, tidak dimakan begitu saja. Seperti beberapa waktu lalu saya membuat tape singkong ini menjadi Cake tape keju, Prol Tape dan Peyeum Bolen ^^ 

Ngomongin tentang peyeum aka tape, Kemarin saya belanja ke superindo untuk membuat salad buah, melihat ada tape singkong yang dibungkus pake pipiti di lemari pendingin langsung saya ambil, saat itu saya hanya berpikir kalau lagi kumat pengen ngemilnya saya bisa goreng tape singkongnya dan akan dinikmati bersama secangkir teh manis hangat, pasti endes eym! Kebetulan saya lagi rajin berlatih yoga di rumah, entah mengapa setiap selesai latihan nafsu memamah biak saya menjadi sulit dikontrol, jam 10 malam masih ngunyah dong! huwaaaaa....

Hari ini, saya lihat tape di dalam kulkas masih utuh. Terbayang dalam pikiran saya untuk membuat si tape ini menjadi Chiffon cheese cake yang dulu sudah pernah sukses kemudian gagal lagi, bikin greget deh! Dulu yang saya gunakan bukan loyang bongkar pasang melainkan loyang biasa, loyangnya baru digunakan beberapa kali tapi bisa sampe penyok-penyok gegara sulit melepaskan chiffon cake dari loyangnya :D 

Giliran ada loyang chiffon yang sudah dibeli cukup lama, semangat trial chiffonnya kok jadi mengendor sekendor-kendornya wkwkwkwk!  si loyang akhirnya menumpuk di lemari penyimpanan bersama teman-temannya, dan setiap kali saya membuka lemari, si loyang chiffon seakan mengedip-ngedip dan bertanya kapan gw mau dipake nihhh? *nantangin* halusinasi tingkat tinggi bwahahah! ^____^

Ditantangin loyang! okeh, saya siap sukses hari ini hihihi...nggak pake resep yang kemarin yang menurut saya cara pembuatannya terlalu teknis! malah bikin parno duluan, akhirnya browsing lagi dan nemu resep Chiffon cake tape singkong yang cara pembuatannya sangat mudah, saya lihat resepnya di sini. Alhamulillah sukses, chiffon tape-nya endessss! 

Khawatir adonan chiffon akan merembes dengan menggunakan loyang bongkar pasang? gak perlu! Dulu adonan saya juga netes-netes begitu masuk oven, tapi sekarang nggak loh! caranya? pada saat membuat adonan chiffon, kita panaskan oven, sertakan juga loyang bongkar pasang di dalamnya! 

Punya peyeum dan bingung mau dibuat apa? coba bikin Chiffon ini yuks ^^

Mari mlipirrr :)

.: Chiffon Cake Tape Keju :.
source : PTRI Wina modified by : yurike sasaki


Bahan I : 
7butir kuning telur
125gr gula pasir halus (blender)
100ml santan 
80gr minyak goreng
1/4sdt garam
150gr terigu serbaguna
100gr tape singkong manis, haluskan
100gr keju cheddar, parut untuk taburan

Bahan II :
7butir putih telur
1/2sdt cream of tartar
75gr gula pasir halus (blender)

Cara membuat :
Panaskan oven 180' sertakan juga loyang bongkar pasang

Loyang Bongkar Pasang/Loyang Chiffon 
Loyang Chiffon
Dalam wadah : Kocok semua bahan I hingga rata, kecuali keju cheddar. Dalam wadah lainnya, kocok putih telur hingga mengembang, masukkan cream of tartar, dan gula pasir halus sedikit demi sedikit, kocok hingga adonan putih telur kaku, matikan mixer.


Tuang sedikit demi sedikit adonan putih telur kedalam adonan tape, aduk rata dengan spatula. Keluarkan loyang yang dipanaskan di dalam oven, tuang adonan chiffon, ratakan. Taburi atasnya dengan keju cheddar parut. Panggang hingga matang, kurleb 90menit (saya pakai otang, jangan membuka tutup pintu oven selama memanggang karena akan mengakibatkan chiffon kempes) tes kematangan dengan menusuk chiffon dengan lidi, jika sudah tidak ada adonan yang menempel, artinya chiffon sudah matang. angkat. 

Dengan memanaskan dulu loyang bongkar pasang/loyang chiffon, adonan tidak akan merembes keluar ^^
Balikkan loyang, biarkan dingin kurleb 1-1,5jam (jika loyang tidak berkaki, sangga lubang loyang dengan leher botol yang tinggi). 

Setelah keluar dari oven balikkan loyang, tunggu hingga chiffon dingin
Gunakan pisau yang tipis untuk melepaskan bagian pinggir dan tengah chiffon
Setelah dingin potong-potong cake sesuai selera. Chiffon cake tape keju siap dinikmati dengan keluarga tercinta....yummm! ^^


This is it!!! Chiffon Cake Tape Keju ^^
Enjoy!














Tidak ada komentar:

Posting Komentar