.quickedit{ display:none; }

Selasa, 06 Mei 2014

Prol Tape Keju

Beberapa waktu lalu ke klinik kecantikan untuk facial dan peeling, biasa bareng ke kliniknya dengan miss jinjing kira-kira perawatan ngabisin waktu 3 jam, bikin perut lapar secara perawatannya mulai dari jam 11 sampe jam 2 alhasil makan siang agak kelewat dikit, perut udah bunyi krucuk-krucuk aja *ngisin2i* hehehehe...tau sendiri perut saya kalo udah laper gitu suaranya kek di kasih toa brisik dehh!!

Setelah selesai perawatan kita ke kasir seperti biasa kita di kasih snack, pertamanya sih gak perhatiin kuenya trus saya makan aja..eh dirasa-rasa kue-nya enak juga, trus saya intip dus-nya ternyata nama cake-nya itu Prol Tape, tekstur cake-nya soft, meskipun namanya prol tape tapi menurut saya rasa tapenya gak begitu kuat...enak deh!

Yah prol tape yang kami makan ini penyelamat miss jinjing juga soalnya dia klo kelewat laper bawaannya suka pengen semaput hahahaha! Nah...kan kalo makan kue yang enak gtu malah suka penasaran bikin akhirnya saya browsing resep prol tape, nemu resep dari Mbak Endang Prol Tape Keju dengan Cream Cheese (karena saya gak punya krim chiz jadinya di-skip) review saya untuk kue ini, rasanya tape banget, enak, teksturnya padet banget beda dengan prol tape yang pertama saya makan, apa karena gak pake cream cheese nya yak? *masihpenasaran* di resep ini Prol tape-nya saya tambahin kismis, next tym akan coba resep Prol Tape yang lain*tring-tring*

mari eksekusi cynnn!

Prol Tape Keju
source : JTT by: Endang Indriani


Bahan-bahan :
500gr tape singkong
150gr gula pasir
5butir telur, kocok lepas
100gr margarin, cairkan
1/2sdt garam
200ml susu cair 
150gr cream cheese (saya gak punya jadi di skip)
150gr tepung terigu serba guna, ayak 
80gr keju cheddar parut
1sdt vanilla ekstrak atau 1/2sdt vanili
Kismis secukupnya, rendam dengan air panas, buang airnya, tiriskan (optional)

Olesan:
1 butir kuning telur
2sdm susu (saya skip)
50gr keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Siapkan oven, set disuhu 170'C. letakkan rak pemanggang di tengah oven. olesi loyang dengan margarine dan taburi tepung merata di seluruh permukaan loyang (eike pakai loyang alumunium foil uk 18x18cm). balikkan loyang dan ketuk2an untuk membuang kelebihan tepung.
2. Siapkan mangkuk, masukkan potongan tape ke dalamnya. remas2 tape hingga hancur, tambahkan gula pasir, remas2 hingga gula dan tape tercampur rata.

Potongan tape
campuran tape dan gula pasir, remas2 sampai tercampur rata
3. Masukkan kocokan telur, mentega cair, garam, ekstrak vanilla dan susu cair ke dalam adonan tape, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik. Tambahkan cream cheese (jika pakai) aduk rata. masukkan tepung terigu, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang smooth. masukkan keju parut dan kismis aduk rata.



4. Tuang adonan ke dalam loyang. ratakan permukaannya.


5. Panggang adonan selama 20 menit atau hingga adonan menjadi setengah matang dan terlihat permukaannya mulai mengeras. keluarkan dari oven dan olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi keju cheddar parut, panggang kembali hingga matang.


6. Tes kematangan kue dengan menggunankan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang melekat berarti kue telah matang. Keluarkan dari oven. Hilangkan uap panasnya. potong2 kue ketika benar2 dingin.

This is it!!! Prol Tape Keju ^^
Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. kalau pakai resep ini. tapi di kukus. bisakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba versi kukus-nya Mbak, tapi saya pernah membaca komentar yang membuat resep ini, kalau prol tape-nya dikukus hasilnya gak begitu oke karena terlalu basah, sementara Prol tape permukaannya cenderung kering, jadi sebaiknya resep Prol tape ini di panggang ya Mbak :)

      Hapus