.quickedit{ display:none; }

Selasa, 27 Mei 2014

MACAM MACAM TEPUNG DALAM BAKING

Buat newbie kek eike ini kadang masih suka bingung dan lupa kalau dapet resep yang ditulis dengan kata-kata tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi, tepung self raising, tepung sagu yang sering tertukar dengan tepung tapioka, dan beberapa jenis tepung lainnya. Suka bingung juga??? Nah beberapa waktu lalu eike beli majalah Pastry & Bakery edisi 60 ada ulasan mengenai macam-macam tepung dan kegunaannya, sayangnya tidak disebutkan merk tepung terigu-nya tapi eike coba melengkapi dengan menyebutkan merk tepung yang dimaksud supaya lebih gampang untuk mengenali dan mengingat terigu merk apa yang proteinnya rendah, sedang dan tinggi, semoga bermanfaat ^^

source: www.bogasari.com
Tepung Protein Rendah

Tepung jenis ini terbuat dari gandum dengan gluten berkisar 8%-9%. Tepung dengan kandungan protein rendah memiliki sifat daya serap air yang rendah. Sehingga sulit untuk diuleni, tidak elastis, dan lengket sehingga sulit untuk mengembang. Tepung jenis ini sangat cocok untuk membuat kue kering, biskuit, pastel dan aneka cake yang tidak perlu fermentasi. Untuk menghasilkan kue kering dan gorengan yang renyah bisa menggunakan tepung jenis ini. Kunci Biru adalah salah satu merk tepung terigu protein rendah.

Tepung Protein Sedang

Tepung jenis ini memiliki kandungan gluten berkisar 10%-11%, tepung ini terbuat dari paduan tepung protein rendah dan dengan tepung protein tinggi atau biasa dikenal dengan tepung serba guna. Tepung jenis ini cocok untuk membuat aneka cake, bolu, kue kering dan gorengan. Segitiga Biru adalah salah satu merk tepung terigu protein sedang.

Tepung Protein Tinggi

Tepung jenis ini terbuat dari gandum yang keras dan memiliki kandungan protein yang tinggi berkisar 11%-13%. Tingginya kadar protein pada tepung jenis ini membuatnya mudah dicampur, difermentasi serta memiliki daya serap air yang tinggi sehingga membuatnya memiliki sifat elastis ketika dicampur dengan cairan, tepung jenis ini juga mudah untuk dibentuk dan digiling. Cakra Kembar adalah salah satu merk tepung terigu protein tinggi. 

Tepung Self Raising 

Tepung self raising adalah tepung yang sudah dicampur dengan baking powder dan baking soda sehingga tepung ini siap pakai untuk kebutuhan baking. Penambahan bahan pengembang pada tepung self raising akan membuat tepung ini menjadi lebih stabil dan siap pakai. Tepung ini berisi 125gr tepung terigu, 1sdt baking powder, ditambah 1sdt baking soda. Tepung jenis ini biasa digunakan dalam baking dalam skala rumah tangga untuk pembuatan cake, muffin atau kue kering. White Wings self raising fluor adalah salah satu merk tepung self raising.

Tepung Whole Meal

Tepung whole meal atau biasa dikenal juga dengan tepung whole wheat merupakan tepung yang terbuat dari biji gandum utuh termasuk lapisan pembungkus dan lembaga gandum. Karena itu tepung ini berwarna lebih gelap. Tepung ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi sehingga cocok digunakan untuk pembuatan aneka produk bakery kesehatan dan diet. Aneka roti Eropa banyak menggunakan tepung jenis ini. Tesco Whole Meal Fluor adalah salah satu merk tepung whole meal.

Tepung Enriched

Tepung terigu enriched merupakan tepung terigu yang sudah diperkaya dengan beragam vitamin atau mineral tertentu yang bertujuan untuk memperbaiki nilai gizinya. Hal ini membuat harganya menjadi lebih mahal dibanding terigu jenis lain. Tepung jenis ini banyak digunakan pada industri makanan yang banyak digunakan pada industri kue kering maupun produk bakery dalam skala besar. Arrowhead Mills adalah salah satu merk tepung enriched.

Tepung Maizena

Tepung maizena atau corn starch merupakan tepung yang terbuat dari pati jagung dan merupakan tergolong dalam tepung gluten free. Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan utama custard atau digunakan sebagai pengental pada sup, saus serta mampu membuat tekstur yang halus dan lembut pada sponge cake dan pudding. selain itu juga bisa membuat efek renyah pada kue kering. Maizenaku adalah salah satu merk tepung maizena.

Tepung Sagu 

Tepung sagu merupakan tepung yang berasal dari bagian tengah pohon sagu aren. Tepung ini memiliki karakter yang hampir mirip dengan tepung tapioka namun lebih kering. Tepung ini merupakan golongan tepung gluten free, biasa sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat bubur, sagu mutiara, pempek, kue semprit hingga kerupuk. Di wilayah Ambon, tepung ini menjadi bahan baku utama untuk membuat kue kering khas bagea. Sagu Tani adalah salah satu merk tepung sagu.


Source : 
Majalah Pastry & Bakery Vol. 05 Edisi 60 - 2014
http://www.bogasari.com/produk/informasi-produk.aspx

3 komentar:

  1. Mbak aku suka sekali baca blog mu.. duh bikin ngiler2.. dan informatif.. keep sharing mbak.. sukses selalu.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mbak Kartika, salam kenal yaaa, terima kasih sudah menyempatkan waktu mampir di blog saya, sukses selalu juga untuk Mbak Kartika ^^

      Hapus
  2. Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari hasil dari biji gandum yang dihaluskan melalui proses penggilingan. Tepung terigu sendiri yang kita tahu biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, mie, dan pasta.Seperti yang kita ketahui, tepung terigu dibedakan menjadi tiga jenis yaitu : terigu protein rendah,terigu protein tinggi,terigu protein sedang. Sriboga adalah Pabrik Tepung Terigu Terbaik di Indonesia.

    BalasHapus