.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 31 Mei 2014

Gepuk Daging Sapi

Pulang sekolah kakak tanya, Bun masak apa? masak sop ceker ayam, cantiikkk. Trus dia bilang kok nggak bikin gepuk sih??? yaaa...kan bunda tunggu ada yang request dooong ^^ Nah karena sudah request jadinya di jadwalkan hari ini bikin gepuk, karena kalo gak dibikinin pasti ditagih terus sampe bener2 makan masakan yang dia request, pas juga hubby pulang wiken ini, sama2 penyuka daging dua2nya hihihihi...

Pas saya ngobrol sama temen2 disini tentang gepuk gak ada yang mudeng, apaan sih gepuk !@$#%@$#! hadeuhhh kalo di bandung mah gak ada yang gak tau, tapi ternyata penyebutannya si gepuk ini yang berbeda, kalau di semarang atau di kota2 lain gepuk itu disebutnya Empal. 

Gerai Gepuk di Bandung menurut saya ada dua yang enak, ada Gepuk Ny. Ong dan Gepuk Ny. Yong. Biasanya saya pilih Gepuk Ny. Ong untuk oleh2 kalau pas pulang ke semarang karena letak gerainya arah tol pasteur sebelah kiri jalan, selain gampang ditemukan kita gak usah blusukan lagi karena males banget sama macetnya. Kalau liat bentuk gepuk yang mereka buat bisa rapi jali deh bentuknya persegi2 dengan tusukan lidi di tengahnya mungkin supaya dagingnya gak berpencar2 ketika dimasak atau digoreng.

Bikin sendiri bentuk gepuknya gak bisa cantik, tapi yang penting rasanya aja deh yang mirip2 kek kedua gepuk sohor di atas hehehehe...Begitu dihidangkan pas makan malem, hubby bilangnya kok gosong gitu bun? hihihi...iya sih emang agak gosong dikit itu mungkin karena kecap dan gula-nya yang bikin si gepuk ini agak ireng begitu digoreng.

Meskipun diledekin gosong ternyata hubby nambah lagi dan nambah lagi tuh.... gosong tapi enak ya? iyaaa...hehehehe, jgn liat penampilannya dulu doong, yg penting rasanyaaaaa *wink-wink* kakak sendiri seneng banget gado-in dagingnya. untuk gepuknya saya tambahin parutan kelapa yang ikut diungkep beserta dagingnya supaya lebih banyak hahahaha...

Mari kita eksekusi dagingnya cyn ^^

Gepuk Daging Sapi
by : yurike sasaki 


Bahan-bahan :
500gr daging sapi, rebus sampai empuk, iris2 sesuai selera, geprek daging supaya agak pipih
250ml santan
200ml air
2lbr daun jeruk
1batang serai, geprek
3cm lengkuas, geprek
6sdm kecap manis
1sdm gula pasir
3sdm kelapa parut
minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bumbu halus :
5butir bawang merah
3siung bawang putih
1sdt merica
1/2sdt jinten
1sdt garam
1/2sdt penyedap rasa (jika pakai)

Cara membuat : 

1. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, tambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas, tumis hingga harum. masukkan daging, air dan santan, beri gula pasir, kecap manis dan parutan kelapa. Masak sampai air surut. cicipi rasanya jika masih kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Angkat. (sebelum digoreng disarankan agar menunggu kurleb 30-60 menit agar bumbu meresap sempurna)
2. Panaskan minyak dalam wajan yang lain, goreng gepuk dengan api kecil sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat.
3. Gepuk daging sapi siap disajikan.

This is it!!! Gepuk daging sapi ^^


Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar