.quickedit{ display:none; }

Jumat, 23 Mei 2014

GURAME GORENG ASAM MANIS

Masih punya ikan gurame di freezer nihh, kalau kemarin masak ikan gurame dibumbuin pecak kali ini kita bumbuin asam manis yang rasanya menurut eike gurih2 seger karena ada potongan nanasnya, kebetulan masih ada sisa nanas bekas bikin salad kemarin.

Biasanya menu Ikan gurame goreng asam manis ini menu masakan di restoran, kalau di rumah mungkin jarang yang bikin menu ini sebagai menu hariannya kecuali ada acara keluarga. Menurut eike penampakan si gurame goreng asam manis ini selain mewah juga eye catching warnanya seru deh sama kaya rasanya hehehe...kalo lihat penampakannya pasti mikir ribet cara bikinnya kan? sebenernya nggak juga, menu ini cukup mudah bahkan untuk dijadikan menu makan harian, dan tentunya gampang juga buat para newbie in da kitchen kek eike ini, gak percaya??? Ayooo dicobaaa ^^

Mari kita eksekusi si ikan gurame-nya cynnn...cusss!

Gurame Goreng Asam Manis
by : yurike sasaki

 

Bahan-bahan :
1 ekor ikan gurame ukuran sedang, cuci bersih, fillet, potong2, sisihkan
1 bh jeruk nipis
1sdt garam
1sdm tepung maizena
2sdm tepung terigu serbaguna

Saus Asam Manis :
1bh bawang bombay, potong bentuk kotak
1bh wortel, potong korek api
1/2bh timun besar, potong korek api
1/2bh nanas matang, potong segitiga
2siung bawang putih, cincang kasar
6sdm saus tomat
1sdt garam
1/2sdt penyedap rasa (jika pakai)
1/2sdm gula pasir
1/2sdt merica bubuk
3bh cabe merah keriting, iris serong
350ml air
1sdm tepung maizena, cairkan dengan 100ml air
minyak goreng untuk menumis, secukupnya

Cara membuat :
1. Lumuri ikan gurame yang telah difillet dengan garam dan air perasan jeruk nipis, biarkan kurleb 30 menit, cuci kembali. Campur tepung maizena dan tepung terigu serbaguna, beri sedikit garam. Gulingkan ikan yang telah di fillet ke campuran tepung, goreng hingga garing, angkat, sisihkan.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, masak sampai layu. tuang saus tomat, garam, merica dan gula. tambahkan air, aduk rata sampai mendidih. Masukkan cairan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk jangan langsung dimasukkan semua, jika dirasa sudah kental hentikan menuang cairan maizena. cicipi rasanya jika masih kurang garam atau gula tambah sesuai selera. Tambahkan potongan nanas dan timun, masak sebentar. Angkat.
3. Siapkan piring saji, susun ikan gurame dan potongan ikan fillet yang sudah di goreng, tuang saus asam manis diatasnya.

daging ikan gurame fillet yang telah digoreng garing
4. Gurame goreng asam manis siap disajikan.

This is it!!! Gurame goreng asam manis ^^

Selamat mencoba :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar