.quickedit{ display:none; }

Rabu, 14 Mei 2014

PEPES TELUR ASIN

Waktu bikin pepes2an kemarin, pepes telur asin ini ter-skip karena si mbak lupa beli telur asin-nya, hari ini karena masih pengen makan pepes telur asin buatan sendiri di catet besar-besarlah di daftar belanjaan supaya si mbak-nya gak lupa lagihh. Untuk pepes telur asin ini saya agak lupa-lupa inget si pepes-nya pake campuran tahu atau nggak sampe nanya hubby, dia bilang tampaknya iya bun pake tahu...sipp, akhirnya gak pake ragu lagi klo si pepes ini selain bahan dasarnya telur asin juga pake tahu putih yang dihancurkan. Jadi begitu pepesnya mateng si pepes ini seperti menyimpan harta karun ^^ begitu dibuka sematan daun pisangnya, luarnya berwarna putih, begitu dibelahh jreeenggg...tampak deh kuning telur asinnya *silau* hehehehe... rasanya enakkkk!

Pepes telur asin ini dimakan sama nasi panas aja rasanya udah ajib banget dan rasanya sih gak perlu tambahan menu lain hehehe...pepesnya saya tambah cabe rawit setan jadi pedesnya lumayan nampol, karena di pekarangan rumah cabe rawit setannya masih berwarna hijau jadinya harus pake yang banyak, kalau cabe rawit setan yang udah merah tampaknya sedikit aja udah seuhah gilak! Buat yang gak suka pedes cabe rawitnya di skip sajahh :)

Kemon mlipirrr!

Pepes Telur Asin
by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
5butir telur asin matang, kupas, ambil bagian putihnya cincang halus, kuning telur-nya di belah 2
5bh tahu putih, cuci bersih, lumatkan
1butir telur ayam, kocok lepas
4butir bawang merah, iris
2siung bawang putih, iris
cabe rawit setan secukupnya/sesuai selera, iris serong
daun bawang secukupnya, iris memanjang
daun kemangi secukupnya, ambil bagian daunnya
1/2sdt garam
1/2sdt penyedap rasa (optional)
Daun pisang untuk membungkus
Batang lidi untuk menyemat

Cara membuat :

1. Panaskan dandang
2. Dalam wadah : campurkan tahu yang sudah dilumatkan dengan putih telur asin cincang, bawang merah, bawang putih, cabe rawit setan, irisan daun bawang, daun kemangi, garam dan penyedap rasa (jika pakai) aduk rata. masukkan kocokan telur ayam aduk hingga tercampur rata.
3. Ambil satu lembar daun pisang, tuang 2-3 sdm adonan tahu, buat lubang di tengahnya, masukkan potongan kuning telur asin, balut kembali dengan putih telur sampai kuning telur tertutup adonan tahu, lipat daun pisang kemudian semat dengan lidi atau gunakan staples untuk menyemat. Lakukan terus sampai adonan tahu habis.
4. Kukus pepes kurleb 30 menit atau sampai matang, angkat
5. Pepes telur asin siap disajikan.


Selamat mencobaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar