.quickedit{ display:none; }

Senin, 27 November 2017

Mango & Durian Sticky Rice

Penasaran sama rasanya takkk? saya termasuk yang penasaran sama kedua dessert ini. Antara nyebut ini dessert atau main course agak membingungkan buat saya :D dibilang dessert kok ya terlalu nampol ngenyanginnya karena ada nasi ketannya, dibilang main course kok ya manis, kaya saya! *minta dilempar gayung* wkwkwkwk  >,<

Dessert tradisional yang berasal dari Thailand ini juga sukses banget nge-hits-nya di Indonesia. selain Singkong Thailand dan King Mango Thai yang lagi diantri orang banyak beberapa waktu belakangan ini, Mango dan durian sticky rice juga termasuk jajanan yang lagi happening banget. Daripada cape antri mending cobain bikin sendiri deh, tertarik bikin King Mango Thai sendiri di rumah? lihat postingan saya sebelumnya di sini ! dan untuk resep Singkong Thailand bisa dilihat di sini yass!

Nah bikin Mango dan durian sticky rice sebenarnya karena di sini sedang musim kedua buah tersebut. Mangga dan durian sedang melimpah ruaah banyak sekali yang jual. Jika teman-temin sedang mencari tempat yang jual durian di Semarang yang rasanya enak dan legit, berkunjung saja ke Kebun Durian Watu Simbar, beberapa jenis durian dijual disana dengan harga yang reasonable, duriannya boleh diicip dulu kalo gak enak bisa ditukar dengan yang baru. Sebenarnya sebelum membuat dessert ini udah agak kebayang sih, makan nasi ketan dikasih mangga atau durian bakalan gimanaaaa gitu rasanya. karena terbiasa mengonsumsi nasi ketan dengan rasa yang asin gurih atau kalaupun manis dibuat tape ketan yang menurut saya rasanya "jelas" nah kalau Nasi ketan dikasih mangga atau durian kemudian diberi vla santan akan seperti apakah rasanya?!

Yakkkk....daripada penasaran mari kita eksekusi! ncuss cyn!

Mango & Durian Sticky Rice
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
250gr beras ketan, cuci bersih, rendam dengan air minimal 6jam
500ml santan
10sdm gula pasir
sejumput garam
2sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
4lbr daun pandan, cuci bersih, masing-masing 2 lembar di tali simpul
Wijen sangrai, secukupnya
(santannya saya buat sekaligus, selain untuk mengaroni nasi ketannya saya buat sekalian juga untuk vla-nya)

Cara membuat:
Panaskan dandang, masukkan beras ketan beri daun pandan yang sudah ditali simpul, kukus kurleb 30 menit.

Dalam panci kecil, masukkan santan dan daun pandan yang telah ditali simpul, masak sambil terus diaduk hingga mendidih, masukkan gula pasir dan garam, aduk rata. angkat. Bagi dua santan untuk mengaroni nasi ketan sebanyak 150-200ml, sisanya masak kembali dengan api kecil sambil diaduk, masukkan cairan maizena, aduk cepat. masak hingga santan mengental, angkat. dinginkan.

Angkat nasi ketan yang telah dikukus, masukkan kedalam wadah. tuang dengan santan manis sebanyak 150-200ml, aduk rata. kukus kembali nasi ketan kurleb 30 menit atau sampai nasi ketan matang. Angkat. dinginkan.

Dalam piring saji, beri beberapa sendok nasi ketan, tata irisan mangga/durian, tuang vla santan, terakhir taburkan wijen sangrai diatasnya. Mango dan Durian Sticky rice siap dinikmati bersama keluarga tercinta.


This is it!!! Durian & Mango Sticky rice ^__^

Enjoy!

Senin, 20 November 2017

King Mango Thailand Ala-ala

Heyhoooo! udah masuk trimester ke-3 dan berat badan saya naik 5kg dalam sebulan donggg! Takjub gak makkk?! entah karena bawaan si baby kali ya kok pengennya memamah biak mulu :( udah makan sementung masih berasa lapar to the max dong! langsung nangis di pojokan huwaaaaaa! hiks!

Gapapalah yang penting adik sehat ya dikkkk *elus-elus perut*  ^____^ 

Beberapa waktu yang lalu saya sudah posting resep es krim mangga, bukan tanpa alasan lohh! ini gegara saya pengen banget bikin King Mango Thai, mumpung pas lagi musim mangga juga...wkwkwkw! *dasar aja pengen riweuh* kalau yang seliweran di seantero IG hampir kebanyakan si King Mango ini menggunakan yoghurt sebagai salah satu bahan utamanya dikarenakan selain lebih praktis juga lebih murah atau (mungkin) biar bikin si King Mango ini malah lebih segar rasanya. Namun karena beberapa waktu silam saya menonton acara di net tv yang mengulas mengenai minuman hits ini dan dikasih tau kalo bahan-bahan yang digunakan untuk membuat King Mango ini salah satunya adalah whip cream, maka saya juga menggunakan whip cream (bubuk) dalam membuat King Mango ini, kemudian juga saya tambahkan es krim mangga sesuai dengan yang disebutkan oleh si mpunya gerai King Mango, maka alasan saya untuk membuat es krim mangga masuk akal kan? yaaaa kann? ya...ya..ya? Iyain aja deh....hahahah!

Kalau gak mau riweuh kaya saya, beli es krim mangga yang udah siap pakai aja kali yaa, atau bisa juga pakai yoghurt sepertinya bakalan lebih syeger deh! Rasanya sebenarnya enak apalagi dengan tambahan whipped cream. Di resep ini saya menggunakan Whip cream bubuk, mengingat harga fresh whip cream yang mihil bingit. Tapiii terus terang kalau saya disuruh milih mending minum King Mango atau buah mangga potongan, jelas saya akan lebih memilih makan mangga potongan yang langsung hap! hahahah...

Buat yang penasaran sama rasa King Mango Thai, cobain bikin yuk!

King Mango Thai
by : yurike sasaki


untuk 2-3 gelas ukuran kecil
Bahan-bahan:
2bh Mangga gedong, kupas, ambil dagingnya, blender (jenis mangga yang digunakan disesuaikan dengan selera, sebaiknya gunakan mangga yang benar-benar matang dan manis)
1bh mangga gedong, kupas, potong dadu
4-6scoop es krim rasa mangga
whipped cream yang telah dikocok hingga jambul petruk, secukupnya (bisa diganti yoghurt)

Cara penyajian :
Tuang setengah jus mangga kedalam gelas saji, masukkan dua scoop es krim ke dalam tiap gelas, tambahkan whip cream, kemudian tuang kembali sisa jus mangga, terakhir tambahkan potongan mangga diatasnya.

King Mango Thai, siap disajikan untuk keluarga tercynta


This is it!!! King Mango Thai ala-ala :)
Enjoy!





Minggu, 12 November 2017

Es Krim Mangga

Demi apa bikin es krim sendiri??? Demi mengeksekusi King Mango Thai yang lagi ngehits di seantero IG dong hahahah! dan berhubung memang lagi musim mangga maka gak ada salahnya deh cobain bikin es krim homemade meskipun lagi musim hujan juga sih :D

Ok...Jadi saya beli Mangga dari pasar yang perkilonya cuma 12.500 rupiah saja, dan lumayan rasanya manis kaya yang beli *minta di sleeding sama yang baca* wkwkwkwk! >,< lalu saya beli bahan-bahan yang lain juga karena tentunya nggak cuma mangga doang bahan utamanya.

Resep es krim ini saya takar suka-suka saja hihihi, tapi rasa es krimnya berasa mangga bangetlah. Oiya di resep ini saya tambahkan potongan mangga didalamnya, kenapa? karena penggunaan whipping cream dan susu kental manis membuat rasa mangga jadi nggak begitu ketara,  Maka saya sarankan tambahkan potongan mangga di dalamnya yes.

Buat yang mau bikin King Manggo Thai yang didalamnya menggunakan beberapa scoop es krim mangga atau memang ingin membuat Es krim mangga untuk kesayangan-kesayangan di rumah, resep ini boleh dicoba. Yuks!

Es Krim Mangga
by: yurike sasaki


bahan-bahan : 
3bh Mangga Harumanis, kupas. pisahkan dua buah untuk diblender, sisanya diiris tipis-tipis/potong sesuai selera
1/2kaleng susu kental manis
gula putih secukupnya (optional, jika mangga kurang manis)
198ml whipping cream, kocok hingga jambul petruk, sisihkan.

Cara membuat:
Blender mangga, susu kental manis dan gula (jika pakai) hingga lembut. Tuang kedalam wadah es krim, masukan whipping cream yang telah dikocok, aduk rata. Tambahkan irisan mangga kedalamnya. aduk kembali. Bekukan minimal 6jam/semalaman.

Es Krim Mangga siap disajikan untuk keluarga tercynta!

This is it!!! Es kirm mangga :)

Enjoy!













Rabu, 09 Agustus 2017

Singkong Thailand

Setelah empat bulan mengandalkan babang gojek untuk pesan makanan tiap hari, gegara morning sickness yang lumayan parah dibanding kehamilan yang pertama, apalah daya mamak hanya bisa bobo-bobo cantik aja tiap hari ^____^

Nah masuk trimester ke-2 ini Alhamdulillah saya sudah bisa masak kembali, dan masakan pertama yang saya buat adalah rendang jengkol doong! hahahah...kemudian teringat waktu program IVF di Jakarta i'm craving singkong thailand sooo much! Gak kesampaian makan, akhirnya coba bikin sendiri dech!

Kalau yang biasa berseliweran di IG si singkong thailand ini bentuknya potongan singkong rebus yang utuh kemudian disiram vla santan diatasnya, nah kali ini saya membuat singkong thailand dengan versi yang lebih mudah untuk disantap. Bukan tanpa alasan, ini karena saya mendapatkan singkong yang supeeer duperrr atose puolll! hampir seharian saya rebus, dan si singkong menolak untuk empuk! Alhasil yang masak greget dan akhirnya saya blender singkong rebusnya sampai lembut tapi agak bergerindil biar gak kek bubur banget >,<

Tapi ternyata rasanya gak berubah kok, sama enaknya. Buat yang suka dengan tekstur singkong yang lembut bisa coba cara ini, setelah singkong diblender, tuang singkong ke dalam jar-jar kecil siram dengan vla santan, tutup kembali, simpan di kulkas supaya lebih tahan lama. Buat yang suka singkongnya utuh gak usah diblender yes, setelah singkongnya empuk tinggal di tata saja di atas piring saji, kemudian tuang vla santan diatasnya, siap deh dinikmati :)

Punya singkong di rumah? Bikin Singkong Thailand yukkk! ^___^


.: Singkong Thailand :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
750gr Singkong (kalau bisa sih cari singkong yang mudah empuk)
1-1,5liter air untuk merebus (banyaknya air tergantung seberapa cepat singkong empuk)
1/2sdt garam
15-18sdm gula pasir
2lembar daun pandan, cuci bersih, tali simpul

Vla santan :
130ml santan kental instan
250ml air
1sdm tepung maizena larutkan dengan 50ml air
1lembar daun pandan, cuci bersih, ikat simpul
1/4sdt garam

Pelengkap:
Wijen, sangrai (optional)

Cara membuat :
Rebus singkong hingga setengah empuk, masukkan daun pandan, garam dan gula pasir. Teruskan merebus hingga singkong benar-benar empuk dan air mengental. Angkat.

Jika singkong susah empuk, setelah dingin blender singkong beserta air sisa rebusannya. Tuang ke dalam jar-jar kecil. 

Vla Santan : Tuang santan kental ke dalam panci kecil, air, daun pandan, aduk rata. Rebus sambil diaduk terus hingga mendidih, beri garam. Tuang larutan tepung maizena ke dalam santan, aduk cepat hingga vla mengental. angkat. Vla santan siap digunakan.



Tuang vla santan di atas singkong yang telah direbus, taburi wijen sangrai diatasnya (jika suka). Singkong thailand siap dinikmati bersama keluarga tercinta ^___^

This is it!!! Singkong Thailand ^___^

Enjoy!









Minggu, 09 April 2017

Smoked Beef Mashed Potato

Hellauuuu...bikin cemilan yookkkk! Cemilan yang nendang maksudnya hihihihi...cemilan dari kentang gimana gak nendang coba? Sebulan ini saya sedang menjalani sebuah program di jakarta, jadi nggak bisa aktif untuk masak mencoba resep baru ataupun angkat kamera untuk motret.Jadinya saya share resep yang sudah saya buat beberapa waktu yang lalu yang belum saya posting saja yaa...

Smoked beef mashed potato ini saya buat setelah mencoba makan di sebuah cafe di semarang. Rasanya enak (menurut saya) sayangnya ketika saya mencari resep mengenai Smoked beef mashed potato ini saya tidak menemukan satupun yang bisa saya praktekan. Jadilah saya hanya mengira-ngira bahan-bahan apa saja yang digunakan. Alhamdulillah rasanya nggak terlalu jauh-jauh banget dengan yang saya beli di cafe kofinary.

Lagi-lagi untuk membuat cemilan yang enak kadang kita harus merogoh kocek yang dalem *kekepindompet* hahahahah! tapi kalau buat rasa enak sih why not ya! lagipula makanan yang kita bikin bisa kita nikmati bersama dengan orang-orang tersayang di rumah. 

Markicusss!

.: Smoked Beef Mashed Potato :.
by : yurike sasaki


 Bahan-bahan :
3bh kentang, kupas kulitnya, cuci bersih, potong dadu, kukus hingga empuk
100gr smoked beef, potong kotak/sesuai selera
150gr jamur champignon kalengan yang sudah diiris, cuci, tiriskan
Oregano kering, untuk taburan secukupnya
150gr keju mozzarella, parut untuk topping

Bahan Saus putih :
1sdm mentega/margarin
2,5sdm tepung terigu jenis apapun oke
500ml susu UHT
Sejumput garam
50gr Keju mozzarella

Pelengkap:
Saus sambal
Saus tomat

Cara membuat:
Panaskan wajan anti lengket, masukkan mentega/margarin, masak dengan api kecil hingga lumer. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula hingga tercampur rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat hingga susu habis. Masak hingga saus mengental ( Jika tepung menggerindil, angkat wajan ke pinggir kompor, tekan-tekan tepung yang menggerindil dengan spatula hingga larut, masak kembali diatas api kecil) Masukkan garam dan keju mozzarella. Koreksi rasa. Angkat.

Siapkan ramekin, tata potongan kentang, smoked beef dan jamur, tuang saus putih hingga hampir penuh, taburkan parutan keju mozzarella dan sedikit oregano kering diatasnya. lakukan terus hingga semua bahan habis. panggang kurleb 15-20 menit (sesuaikan dengan kemampuan olis/otang masing-masing yes) Angkat.

Smoked beef mashed potato siap disajikan untuk keluarga tercinta tambahkan saus sambal/saus tomat (jika suka), lebih sedap dinikmati selagi panas biar kejunya meral-meral gitu kalau ditarik ^______^


This is it!!! Smoked beef mashed potato ^_^

Enjoy!



Sabtu, 25 Februari 2017

Sempol Ayam

Haiii...haiii...Udah tau sempol ayam belom??? Kalau sudah berarti saya telat taunya hihihihi...Sempol ayam ini beberapa waktu lalu sudah wara wiri di IGnya food blogger, dan saya baru tertarik untuk mencobanya hari ini. Sempol ikan atau ayam ini menurut Mbah wiki merupakan gorengan dari tepung tapioka yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Sempolan biasanya berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi.

Ketika saya iseng nanya si Kakak, tentang sempol ayam, dia jawab Sempolan ya bun? di sekolah ada yang jualan juga. Ohh...berarti sempol ayam ini memang jajanan yang udah umum juga di jual di sekolah yahh, hitsnya udah lewat berarti ^___^

Karena penasaran seperti apa rasanya si sempol ayam ini  dan biar kekiniann >,< maka hari ini niat bikin! sekarang kalau mau bikin apa-apa harus niat yang kenceng duluan karena kalau nggak, bahan-bahan yang sudah dibeli malah dicuekin aja bikinnya gak tau kapan hihihihi...

Saya menggunakan resep Sempol ayam ini dari Bunda Nina, untuk masalah penggunaan garam tiap orang pasti berbeda, sebaiknya diberikan secara bertahap kemudian tes rasa dengan cara merebus sedikit adonan ke dalam air mendidih/digoreng, supaya tau rasa asinnya sudah pas atau belum. Kenapa jadi penting? karena kalau kurang asin atau terlalu asin kan sayang ya dan pasti jadi nyesel deh, tadi kok ngasih garamnya kurang atau kasih garamnya kebanyakan, jadi ada baiknya repot sedikit tapi hasilnya memuaskan. Setelah garam dirasa pas bisa dilanjutkan dengan mencetak adonan dan menusuknya dengan lidi atau dengan batang es krim hingga adonan habis.

Jika teman-temin rajin stock cemilan di kulkas gak ada salahnya mencoba resep ini, dijamin anak-anak pasti suka. Pas lagi musim hujan gini, laper pengen memamah biak tinggal koprol ke dapur, lalu goreng deh sempolnya ^_____^

Cobain yukkkk!

.: Sempol Ayam :.
Source : Bunda nina


Bahan-bahan :
250gr Ayam fillet
50gr Udang kupas
150gr Tepung tapioka
3 siung bawang putih, haluskan
2sdm bawang goreng
1/2-1 sdm garam (sebaiknya diberikan bertahap)
1/2sdt merica bubuk
1/2sdt kaldu ayam (optional)
2 batang daun bawang, iris halus
Minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup :
Telur kocok lepas

Pelengkap :
Saus sambal
Mayonaise

Cara membuat :
Masukkan ayam fillet, udang kupas, bawang putih dan bawang merah goreng dalam food processor, giling hingga halus.Tambahkan tepung tapioka, garam, merica bubuk, kaldu ayam, daun bawang, aduk rata, koreksi rasa. 
Olesi tangan dengan minyak goreng, ambil adonan, kepalkan ditusukan sambil dipadatkan. lakukan hingga adonan sempol habis. 


Rebus dalam air mendidih hingga matang kurleb 15-20 menit. Angkat, tiriskan.
Celupkan sempol ke dalam kocokan telur, goreng hingga kuning kecoklatan dengan api kecil, angkat.

Sempol ayam siap disajikan untuk keluarga tercinta, lebih sedap dinikmati selagi hangat ^____*

This is it!!! Sempol Ayam ^___*

Enjoy!

Minggu, 05 Februari 2017

Asinan Rambutan

Baru tau kalo rambutan bisa dibuat asinan ya baru-baru ini aja, itupun setelah saya bergabung dengan Komunitas upload kompakan, di komunitas ini banyak ilmu yang bisa diambil, bukan untuk bagus-bagusan foto tapi untuk berbagi ilmu secara tidak langsung. Kenapa secara tidak langsung? karena kami berkomunikasi melalui IG, dari melihat foto teman-teman di UK saya bisa belajar bagaimana ambil foto yang bagus, lighting yang oke (yang sampai sekarang saya juga masih belum bisa menguasai tekniknya) kemudian belajar styling pada food photography, ada juga yang berbagi resep yang sedang hits melalui foto teman-teman yang diposting. Buat saya itu ilmu yang sangat berguna.

Iho kok tetiba ngomongin masalah ilmu sih?! Beberapa waktu lalu saya sedikit terusik dengan postingan quote beberapa teman yang diposting melalui sosmednya yang berisi " Berbagi makanan ke tetangga lebih mulia, daripada berbagi foto makanan di sosial media". Saya yang bisa dibilang agak sering posting foto makanan jadi rada senewen gitu bacanya hahahahah... Berbuat kebaikan juga gak perlu harus woro-woro kan? sering berbagi makanan atau enggak cukup tetangga masing-masing aja deh yang tau *nyengirkuda* siapa yang tau? Apakah pembuat quote rajin bagi-bagi makanan ke tetangga juga kan yang ngeshare quote gak tau atau yang ngeshare quote sering bagi-bagi makanan ke tetangganya juga siapa yang tau? saya jelas nggak mau dan gak perlu tau! Sepertinya pembuat quote kurang pikenik nih! berpikir positif please! 

Untuk saya pribadi memposting foto makanan bukan untuk ajang pamer sih, kalo iya norak amat ya hihihi...Lewat foto makanan yang diposting teman-teman, saya jadi tau resep masakannya, jadi tau apa nama masakannya, lewat foto saya juga jadi ingin membuatnya di rumah, lalu dimana letak kurang mulianya/buruknya memposting foto makanan lewat sosmed? Bukankah berbagi foto dan resep-resep = berbagi ilmu, sama mulianya dengan berbagi makanan dengan tetangga bahkan bukan cuma tetangga tapi seluruh dunia! kenapa saya bilang seluruh dunia? Food blogger favorit saya pengunjungnya bukan hanya dari Indonesia tetapi banyak dari negara lain, bukankan itu sama dengan berbagi dengan banyak orang? berbagi kebaikan paling tidak, daripada berbagi kata-kata galau yang bisa menularkan aura negatif! Saya pribadi lebih suka posting yang bermanfaat daripada yang nggak bermanfaat sama sekali. Baiklah sudah cukup saya luapkan pendapat saya terhadap quote itu, masalah orang lain memandang postingan saya tidak mulia atau cuma pamer, itu dikembalikan pada pandangan masing-masing orang saja ^___^ 

(Maaf dua paragraf diatas gak penting sih tapi jari saya kok gatel banget pengen bahas quote ituhh karena saya merasa banyak ilmu yang bisa diambil dari sebuah foto masakan/makanan terutama dari food blogger yang sudah beken, awas ya buat yang bikin quote kalo sempet googling tentang resep-resep makanan! masih mau bilang posting foto makanan kurang mulia/gak bermanfaat? hahahaha cape dwehh!)

Okeh balik lagi ke Asinan rambutan ngehits yang fotonya berseliweran di seantero IG  (yang saya tau mengenai asinan ini juga dari foto keren seorang food blogger di IGnya) *udah stop senewennya hahahaha*. Kebetulan dirumah lagi panen rambutan meskipun gak sebanyak tahun-tahun lalu tapi lumayanlah masih bisa nyicipin rambutan pas di musimnya. Karena kebanyakan di resep-resep yang seliweran menggunakan takaran kira-kira, maka saya benar-benar menghitung takaran pastinya untuk asinan rambutan yang saya buat ini. Tadinya saya pikir apa rasanya asinan pake jeruk sambal? kok aneh banget, atau jangan-jangan yang posting resep salah ketik? ternyata enggak emang beneran pake jeruk sambal, dan rasanya enakk...unik banget deh!

Buat teman-temin yang suka asinan, atau lagi panen rambutan juga di rumah, bingung rambutannya mau dibuat apa karena saking banyaknya, coba dibikin asinan rambutan ini deh, bahan-bahan dan cara membuatnya simple sekali gak pake repot...yukk mlipiiiirrrr!


.: Asinan Rambutan :.
source : Bundnina_Kitchen Modified by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
30-40bh rambutan, kupas kulitnya, bagi dua, buang bijinya.
3/4sdt garam 
5-6sdm gula pasir
2bh cabe merah keriting, iris tipis
2buah cabe rawit merah, iris tipis (jika suka pedas tambahkan sesuai selera)
4bh jeruk sambal (dua buah diperas ambil airnya kulitnya jangan dibuang, dua buah sisanya iris bulat tipis)

Cara membuat :
Dalam wadah, masukkan rambutan, gula, garam, cabe merah keriting, cabe rawit merah, perasan air jeruk sambal berikut kulitnya, irisan jeruk sambal, aduk rata. koreksi rasa. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam nanti asinan akan berair dan semakin meresap. Asinan rambutan siap disajikan untuk keluarga tercinta. 

This is it!!! Asinan Rambutan ^____^

Enjoy!