.quickedit{ display:none; }

Selasa, 01 Mei 2018

Bubur Sumsum Candil

Entah kenapa seminggu belakangan ini makan bubur sumsum udah kaya minum obat, sehari tiga kali! Pagi-pagi udah harus ada bubur sumsum untuk ganjel perut sebelum sarapan. Mbok nem saya suruh bikin bubur sumsum, dan bubur sumsum bikinannya dia enakk. sayangnya Mbok nem kalau bikin bubur sumsum gak pernah pakai takaran jadi rasa dan teksturnya mesti fluktuatif wkwkwkwk....selalu berbeda-beda tiap hari, kadang padat kadang kental, kadang smooth kadang menggerindil gerindil. Pas saya tanya Mbok nem tepung beras, santen sama air yang dipake seberapa banyak sih?? Dia jawab aku nek bikin bubur sumsum sak'cemplunge ae bu'e...piye jal?! Sak cemplunge wae itu juga berlaku untuk bikin sambal, makanya kakak suka protes, Mbok nem nih sambelnya tiap hari mesti beda rasanya...hahahah!


Karena tiap hari makan bubur sumsum, saya jadi penasaran pengen bisa bikin sendiri. Pengen tau takaran yang pas-nya sebeneranya seberapa banyak sih, tepung, santan dan airnya. Saya sudah mencoba membuat bubur sumsum dengan dua tepung merk yang sama tapi kemasan berbeda. Meskipun sama merk tapi kok rasanya berbeda ya? Awal-awal bikin bubur sumsum saya menggunakan tepung beras merk rose brand yang ada gambar kue jajanan pasar seperti gambar dibawah, tapi ini masih pake takaran kira-kira-nya Mbok nem sih, apa ini pengaruh terhadap menggerindilnya si bubur sumsum gak tau juga deh.

Bungkus tepung beras putihnya udah kebuang, tapi sama bungkusnya kaya tepung ketan ini
Mau bandingin bikin bubur sumsum pakai tepung rose brand yang ada gambar jajanan pasar dengan yang bungkus bening/transparan dengan takaran resep ini, tapi tepungnya udah keburu abis ya sudahlah. Pagi ini saya buat bubur sumsumnya pakai tepung beras rose brand yang plastiknya bening/transparan, hasilnya? buburnya smoothhhh banged dan lebih enak. Begitu juga dengan membuat candil, kasusnya sama, untuk candil dengan Tepung ketan putih merk rose brand yang ada gambar jajanan pasar seperti gambar diatas, candilnya gak kenyal dan kurang enak, tapi menggunakan tepung ketan putih rose brand yang kemasannya bening seperti gambar dibawah, candilnya kenyal sekali dan lebih enak. Nah ini sebenernya PR banget sih apa mungkin karena takarannya kira-kira, bikin si bubur sumsum jadi menggerindil dan sulit lembut meskipun sudah diangkat ke pinggir kompor untuk ditekan-tekan pakai spatula, atau memang tepung Rose brand dengan bungkus transparan paling bagus dan lebih mudah untuk dibuat bubur sumsum, entahlah...masih misteri hahahah! 😆😆😆

Tepung beras dan tepung ketan ini yang saya pakai untuk bubur sumsum dan candil
Oiya supaya bubur sumsumnya tahan lama nggak cepet asem (basi) sebaiknya yang direbus santannya dulu yaakk, jadi bubur sumsumnya bisa tahan sampai malam.

Berhubung saya sudah cocok pakai tepung rose brand yang kemasan transparan, teman-temin yang mau bikin juga sebaiknya menggunakan tepung yang ini saja yaaaa. Atau kalau di rumah adanya kemasan yang satunya gak apa-apa juga sih pakai aja, yang penting rasanya sama enaknya 😋

Yukkk cuss bikin yukkk!

.: Bubur Sumsum :.
by : yurike sasaki



Bahan-bahan Bubur Sumsum :
7sdm Tepung beras putih
250ml santann (atau 250ml air + 65ml santan instan)
250ml air
1/2sdt garam
1/2lbr daun pandan

Bahan-bahan Candil :
5sdm Tepung ketan putih
30ml air
3Gandu gula merah
2sdm gula pasir
400ml air untuk merebus candil

Saus Gula merah:
250ml air
2-3gandu gula merah
1/2lbr daun pandan

Cara membuat :

Bubur sumsum : Dalam wadah tuang 250ml air, masukkan tepung beras dan garam, aduk rata, sisihkan. Panaskan santan dalam panci bersama daun pandan, aduk terus hingga mendidih. tuang cairan tepung ke dalam santan mendidih sambil terus diaduk (jangan sampai berhenti) masak hingga bubur kental dan meletup-letup. Angkat.

Candil : Dalam wadah masukkan tepung ketan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan pemberian air jika adonan sudah dapat dipulung. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng. Rebus air dalam panci, masukkan gula merah, dan gula putih masak hingga mendidih. Masukkan adonan candil yang sudah dibentuk bulat-bulat ke dalam rebusan air gula merah, masak hingga candil matang (tandanya candil akan mengapung) jika ingin kuahnya kental, tambahkan 1sdm tepung ketan yang dicairkan dengan sedikit air, tuang kedalam rebusan candil, masak hingga kuah mengental. angkat.

Saus gula merah : Rebus air dalam panci, masukkan gula merah dan daun pandan, masak hingga gula mencair dan kuah mengental. Angkat. Saus siap digunakan.

Siapkan mangkuk saji, beri bubur sumsum dan candil, tuang saus gula merah diatasnya. Bubur Sumsum Candil siap disajikan untuk keluarga tercinta.


This is it!!! Bubur Sumsum Candil..yumyum ^__^

Enjoy!










3 komentar: