.quickedit{ display:none; }

Senin, 27 November 2017

Mango & Durian Sticky Rice

Penasaran sama rasanya takkk? saya termasuk yang penasaran sama kedua dessert ini. Antara nyebut ini dessert atau main course agak membingungkan buat saya :D dibilang dessert kok ya terlalu nampol ngenyanginnya karena ada nasi ketannya, dibilang main course kok ya manis, kaya saya! *minta dilempar gayung* wkwkwkwk  >,<

Dessert tradisional yang berasal dari Thailand ini juga sukses banget nge-hits-nya di Indonesia. selain Singkong Thailand dan King Mango Thai yang lagi diantri orang banyak beberapa waktu belakangan ini, Mango dan durian sticky rice juga termasuk jajanan yang lagi happening banget. Daripada cape antri mending cobain bikin sendiri deh, tertarik bikin King Mango Thai sendiri di rumah? lihat postingan saya sebelumnya di sini ! dan untuk resep Singkong Thailand bisa dilihat di sini yass!

Nah bikin Mango dan durian sticky rice sebenarnya karena di sini sedang musim kedua buah tersebut. Mangga dan durian sedang melimpah ruaah banyak sekali yang jual. Jika teman-temin sedang mencari tempat yang jual durian di Semarang yang rasanya enak dan legit, berkunjung saja ke Kebun Durian Watu Simbar, beberapa jenis durian dijual disana dengan harga yang reasonable, duriannya boleh diicip dulu kalo gak enak bisa ditukar dengan yang baru. Sebenarnya sebelum membuat dessert ini udah agak kebayang sih, makan nasi ketan dikasih mangga atau durian bakalan gimanaaaa gitu rasanya. karena terbiasa mengonsumsi nasi ketan dengan rasa yang asin gurih atau kalaupun manis dibuat tape ketan yang menurut saya rasanya "jelas" nah kalau Nasi ketan dikasih mangga atau durian kemudian diberi vla santan akan seperti apakah rasanya?!

Yakkkk....daripada penasaran mari kita eksekusi! ncuss cyn!

Mango & Durian Sticky Rice
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
250gr beras ketan, cuci bersih, rendam dengan air minimal 6jam
500ml santan
10sdm gula pasir
sejumput garam
2sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
4lbr daun pandan, cuci bersih, masing-masing 2 lembar di tali simpul
Wijen sangrai, secukupnya
(santannya saya buat sekaligus, selain untuk mengaroni nasi ketannya saya buat sekalian juga untuk vla-nya)

Cara membuat:
Panaskan dandang, masukkan beras ketan beri daun pandan yang sudah ditali simpul, kukus kurleb 30 menit.

Dalam panci kecil, masukkan santan dan daun pandan yang telah ditali simpul, masak sambil terus diaduk hingga mendidih, masukkan gula pasir dan garam, aduk rata. angkat. Bagi dua santan untuk mengaroni nasi ketan sebanyak 150-200ml, sisanya masak kembali dengan api kecil sambil diaduk, masukkan cairan maizena, aduk cepat. masak hingga santan mengental, angkat. dinginkan.

Angkat nasi ketan yang telah dikukus, masukkan kedalam wadah. tuang dengan santan manis sebanyak 150-200ml, aduk rata. kukus kembali nasi ketan kurleb 30 menit atau sampai nasi ketan matang. Angkat. dinginkan.

Dalam piring saji, beri beberapa sendok nasi ketan, tata irisan mangga/durian, tuang vla santan, terakhir taburkan wijen sangrai diatasnya. Mango dan Durian Sticky rice siap dinikmati bersama keluarga tercinta.


This is it!!! Durian & Mango Sticky rice ^__^

Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar