.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 03 Mei 2014

PECAK IKAN GURAME

Masak buat lunch yukkk!...menu hari ini masak ikan ajahh, kalau biasanya eike goreng ikan blanak request-annya hubby hari ini diganti sama ikan gurame. Ikan Gurame sebenernya digoreng biasa aja udah enak dan gurih banget. Ikan ini salah satu ikan air tawar yang menurut eike gak terlalu bau amis ketimbang ikan air tawar lainnya, dan tentunya salah satu ikan yang gak bikin repot kalo dimakan karena durinya gak seperti ikan mas yang tiap makan mesti aja durinya nyangkut2 alhasil yang tadinya pengen makan enak malah sibuk ngurusin duri-nya, secara durinya ikan mas itu kan lembut2 dan tipis jadinya klo nyangkut kek di tusuk2 jarum..dan itu gak enak banget! Well...hari ini si guramenya mau eike bumbuin pecak, kayanya makan siang menunya pake pecak gurame, sambel terasi, lalapan dan nasi panas itu sesuatu banget :D *ngeces* pertama makan masakan khas betawi ini di Warung Makan H. Muhayar di Jl. Taman Margasatwa No.8 Pasar Minggu Jakarta Selatan, yang kalo pas jam makan siang ramenya gak ketulungan rame buanget! Jadi dulu itu ceritanya kalo pas makan di warung makan pak haji muhayar, makan pecak ayam/ikannya sambil dirasa2in bumbu apa aja yang dipake buat si pecak ini dan ternyata untuk mengenali bumbunya gak susah secara sering bikin sambel yang bahan2nya mirip kek bumbu pecak ini, nah semenjak itu kalo pas pengen makan pecak gurame atau pecak ayam tinggal masak di rumah, gak perlu pusing cari tempat parkir di sana dan bermacet2 ria hehehehe. Fyi, bumbu pecak ini nggak mesti buat ikan gurame aja bisa disesuaikan dengan selera bisa buat ikan mas, ikan lele, ikan mujair pokoknya segala jenis ikan dan tentunya buat ayam juga. Sebaiknya kalo mau bikin pecak ayam pilih ayam kampung atau ayam pejantan, jangan pake ayam broiler yakk yakin bakalan kurang mantap :)

Kita buat Pecak Ikan Gurame buatan rumah yuks! ^^

Pecak Ikan Gurame
by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
1ekor ikan gurame ukuran sedang, cuci bersih, kerat2 pinggirnya, sisihkan
1bh jeruk nipis
1 sdt garam (eike pake 1 bungkus masako rasa ayam)

Bumbu Pecak :
5bh cabe merah
6bh cabe rawit 
5bh bawang merah
2siung bawang putih
2cm jahe
1/2sdt garam
1/2sdt penyedap rasa
1sdt gula pasir
200-250cc air panas
minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Lumuri Ikan gurame dengan jeruk nipis, biarkan kurleb 15 menit, cuci bersih, lumuri dengan garam biarkan hingga meresap kurleb 15-20 menit.
2. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ikan gurame sampai berwarna kuning kecoklatan.
3. Sambil menggoreng ikan, goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih hingga layu. dalam cobek : garam, gula, penyedap rasa, bumbu yang sudah digoreng, ulek kasar bersama jahe. tambahkan air panas, aduk rata. cicipi rasanya jika kurang garam atau gula bisa ditambah sesuai selera.
4. Angkat Ikan gurame, tata di piring saji,  tuang bumbu pecak diatasnya.
5. Pecak ikan gurame siap disajikan hangat.

This is it!!! Pecak ikan gurame ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar