.quickedit{ display:none; }

Jumat, 24 April 2015

Pecel Koyor...Pedass Mantap!

Koyor? untuk sebagian orang diluar jawa mungkin gak familiar dengan istilah ini, tapi kalau kikil pasti semua orang tau kan? bukan dekil lho yaaa wkwkwkwk! koyor ini teksturnya setelah dimasak persis seperti kikil, kenyal-kenyal lembut. kalau kikil kan tidak ada lapisan dagingnya, kalau koyor ini ada lapisan dagingnya yang melekat. Jadi setelah saya baca dari berbagai sumber, koyor itu adalah bagian dalam urat kaki sapi. Kenapa kok tetiba saya posting koyor? 

Saya jadi suka koyor waktu pulang aerobik sama Miss jinjing, karena lapar melanda akhirnya kita mampir di pujasera tembalang, disitu ada yang jual pecel, maklum karena abis bakar lemak jadinya makan harus yang sehat-sehat eym! Saya memilih pecel koyor, meskipun gak tau koyor itu seperti apa bentuknya hihihi...ternyata setelah dimakan eh..enak lohh! kenyal-kenyal gak berlemak gituu ^^

Di Warung Pecel Bu Sumo juga ada pecel yang pake koyor cuma saya belum pernah coba, biasanya jika makan di Bu Sumo saya pesan setengah porsi nasi dengan sayur-sayuran dan potongan paru sapi yang kemudian diguyur bumbu pecel sampe banjir *drooling*

Beberapa hari yang lalu, saking bosennya sama menu ayam goreng, daging ayamnya saya kasih kucing, tulangnya saya makan...Saya mah gitu orangnya!!! behahaha becanda deeenggg! enak amat kucingnya! >,<

Karena bosen dengan menu makan yang itu-itu saja, akhirnya hari ini pengen makan pecel koyor. Di pasar langganan saya koyor tidak mesti ada setiap harinya, jadi jika ingin memasak koyor, harus pesan sehari sebelumnya sama si mbak penjual daging ^^

Kalau bikin pecel-nya mah gampang bingits gals! Gimana gak gampang bumbu pecel instan sudah tersedia tinggal seduh! Biasanya saya pakai bumbu pecel yang merknya Rejo Mulyo, dulu pernah dapat kiriman bumbu pecel ini dari ibu mertua dan memang enak, jadi keterusan deh pake bumbu pecel ini, untuk sayurannya kita tinggal potong, petik dan rebus saja!

Pengen nyobain Pecel Koyor? hayukk bikin di rumah ^__^

Mari mlipirrr :)

.: Pecel Koyor :.
by: yurike sasaki


Bahan Oseng Koyor :
250gr koyor
65ml santan instan
2lbr daun salam
2cm lengkuas, geprek
2cm jahe, geprek
1sdt penyedap rasa (optional)
3sdm kecap manis
1-2sdm gula pasir
1000ltr air untuk merebus koyor
3sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
1sdt garam
6butir bawang merah
4butir bawang putih
15bh cabai merah keriting, ulek kasar (jika suka pedas tambah sesuai selera)

Bahan Pecel :
Bumbu pecel instan, seduh dengan air panas secukupnya
Kacang panjang, potong-potong kurleb 3cm, cuci bersih
Tauge, buang akarnya, cuci bersih
Kol, Iris-iris tipis, cuci bersih
Daun kenikir, petik daunnya, cuci bersih


Cara membuat:

Oseng Koyor : Dalam panci, rebus air sampai mendidih, masukkan koyor, beri sedikit garam, rebus hingga koyor empuk. dan air menyusut. pisahkan koyor dengan kaldunya. Dalam wajan yang berisi minyak goreng, masukkan bumbu halus, salam, lengkuas dan jahe, tumis hingga matang dan harum. Masukkan koyor yang telah empuk, aduk rata, tuang air kaldu bekas rebusan dan santan, aduk hingga mendidih. Masukkan kecap manis, gula pasir dan penyedap rasa (jika pakai) cicipi rasanya jika kurang garam dan gula tambah sesuai selera. Masak hingga air menyusut, angkat.

Koyor sapi
This is it!!! Oseng Koyor ^^
Pecel : Rebus air dalam panci, masukkan sayuran yang sudah dipotong dan dipetik, rebus sayuran hingga matang, angkat. tiriskan. Masukkan bumbu pecel dalam mangkuk, seduh dengan air panas secukupnya, aduk rata. 

Siapkan piring makan, beri nasi panas, sayuran yang telah direbus, tuang bumbu pecel dan Oseng Koyor diatasnya, beri pelengkap rempeyek rebon daun jeruk. Pecel Koyor siap dinikmati dengan keluarga tercinta...yummm! ^__^

This is it!!! Pecel Koyor ^^
Enjoy!











1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus