.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 11 April 2015

Puding Jeruk

Terus terang saya belum pernah sukses membuat puding dengan vla yang enak, kadang rasa puding yang saya buat terasa amis mungkin karena potongan bolu/roti kering yang saya berikan di dalamnya membuat rasa puding menjadi nggak jelas rasanya >,< akhirnya Puding yang saya buat nggak pernah habis dimakan melainkan kenyang dimakan tempat sampah :D 

Ibu RT orangnya baik hati, beberapa kali saya mendapat kiriman Puding yang berisi potongan roti dengan tekstur yang kenyal seperti jelly rasanya enak sekali dan gak pake bau amis. Karena penasaran dengan pudingnya maka saya tanya bahan-bahan dan cara membuatnya, ternyata agar-agar yang digunakan bukan agar-agar merk swallow tetapi merk hokiku. Agar-agar ini menurut saya lebih mirip dengan jelly karena teksturnya lebih kenyal.  

Meskipun sudah diberi tahu cara membuatnya tetapi tetap saja gagal halahhh! Emang enaknya dapet kiriman kali yakkk wkwkwk tinggal makan! beberapa hari yang lalu Bu RT menawarkan bubuk agar-agar hokiku siapa tau saya berminat untuk membeli,, meskipun bimbang karena sering gagal membuat puding ala beliau tapi akhirnya saya membelinya juga karena rasa penasaran tentunya ^____^

Nggak mau terbuang lagi, akhirnya saya mencari resep puding lainnya, resep puding jeruk berlapis susu dan busa ini saya dapatkan dari Dapur Mama Sofi belum sempat didokumentasikan, pudingnya udah habis duluan hahahhah! beneran enak, karena rasa jeruk jadinya segar! Rasa vla-nya pun enakkkk! Rhum yang saya tambahkan di resep ini membuat aroma dan rasa pada vla-nya tambah endes. Untuk mencoba rasa buah lain akhirnya saya membuat lagi puding ini dengan rasa mangga, rasanya sama enaknya hanya saja kalau ditanya lebih enak rasa apa? puding rasa jeruk jadi favorit saya ^^

Baiklah, buat yang ingin mencoba membuat puding dengan lapisan susu dan busa jangan ragu mencoba resep ini, cara membuatnya sedikit tricky di lapisan busa jadi harus hati-hati. Masuk musim panas rasanya puding jeruk ini akan sering dibuat, eksekusi yuks!

Mari mlipirrr :)


.: Puding Jeruk :.
source : Mama Sofi modified by : yurike sasaki


Lapisan Bening :
7gr agar-agar bening
100gr gula pasir
500cc air
10-12 sdm sirup rasa jeruk (saya pakai sunquick)

Lapisan Susu :
7gr agar-agar bening
100gr gula pasir
500cc susu UHT putih

Lapisan Busa :
7gr agar-agar bening
100gr gula pasir
350cc air
10 sdm sirup rasa jeruk (saya pakai sunquick)
2butir putih telur

Vla :
400cc Susu UHT Putih
125gr gula pasir
1butir kuning telur
1,5sdm maizena larutkan dengan 100ml susu UHT putih
1,5sdt rhum 

Cara membuat :

Puding Lapisan Bening : Siapkan panci kecil, masukkan bubuk agar-agar dan gula pasir, tuang air, aduk rata, masak hingga mendidih, tambahkan sirup, aduk rata. angkat. segera masukkan ke dalam cetakan, biarkan dingin.

Puding Lapisan Susu : Siapkan panci, masukkan bubuk agar-agar dan gula pasir, tuang susu, aduk rata, masak hingga mendidih (aduk terus supaya susu tidak pecah), angkat. tuang di atas lapisan puding lapisan bening, biarkan dingin.

Puding Lapisan Busa : Siapkan panci, masukkan bubuk agar-agar dan gula, tuang air, aduk rata, masak hingga mendidih. tambahkan sirup jeruk, aduk rata, angkat, biarkan hangat kuku. Kocok putih telur hingga soft peak, kemudian masukkan adonan lapisan busa ke dalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan speed rendah. segera tuang ke dalam cetakan, biarkan dingin. Masukkan puding ke dalam lemari es.




Membuat Vla : Dalam panci, tuang susu cair, gula pasir dan kuning telur, aduk hingga benar-benar rata. Masak adonan vla dengan api sedang hingga mendidih (aduk terus agar susu tidak pecah). Tuang sedikit demi sedikit cairan maizena sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal, masak hingga mengental dan meletup-letup. Sesaat sebelum diangkat tambahkan rhum (jika pakai) angkat. Dinginkan, masukkan ke dalam lemari es. 

Keluarkan Puding dari cetakkannya, tuang vla diatasnya, Puding jeruk siap dinikmati bersama keluarga tercinta ^_^




This is it!!! Puding Jeruk ^^

Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar