.quickedit{ display:none; }

Jumat, 17 April 2015

Homemade Shabu-Shabu... Oishii!

Shabu-shabu (しゃぶしゃぶ) adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayurantahu, atau kuzukiri. (source : wikipedia)

Nah bicara tentang Shabu-shabu, Keluarga saya sangat menyukai salah satu masakan dari Jepang ini. Rasa segar pada kuah dan sayurannya membuat kami tak berhenti menyendoknya sampai perut kami benar-benar terasa penuh! kemudian mulai mengambil setumpukkan lagi irisan daging, seafood, sosis, segala jenis bakso seafood, tahu dan bergelas-gelas thai tea yang kental! Kalau biasanya di rumah saya yang masak, khusus di setiap restoran jepang, hubby dan kakak yang memasak untuk saya! ^____^ 

Setiap kami merencanakan untuk makan malam di restoran jepang dengan tagline "all you can eat" dari siang kami sudah mengosongkan perut supaya makan malam bisa makan sebanyak-banyaknya gak mau rugi wkwkwkw! tapi tetap saja perut ini tidak bisa menampung banyak makanan, terutama saya dan kakak selalu menjadi dua orang yang lebih dulu menyerah di banding hubby yang selalu semangat 45 menyantap semua hidangan yang tesedia, sambil berkomentar, rugi makan di all you can eat sama bunda dan kakak, cepat kenyang! disitu kadang hubby merasa sedih, behahahah!

Makan di restoran jepang tidaklah murah, untuk menyiasati kekangenan makan shabu-shabu yang enak di akhir bulan tentu salah satu caranya adalah dengan membuatnya di rumah. Resep yang mudah dan sederhana ini lumayan bisa membayar rasa kangen makan shabu-shabu di restoran jepang yang biasa kami datangi. 

Kangen makan shabu-shabu pas akhir bulan? Coba resep shabu-shabu ini yukk, sesuaikan isi dan sayurannya dengan selera kamu ya gals :)

Mari mlipirr!

.: Homemade Shabu-Shabu :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
250gr bakso seafood, potong jadi 2-4 bagian (atau bisa dibiarkan utuh, sesuai selera)
100gr daging sapi, iris tipis
100gr daging ayam, iris tipis
1bh wortel, iris serong
7lbr sawi putih, iris-iris
10lbr sawi sendok, iris-iris
1 ikat daun ginseng, petik daunnya
3siung bawang putih, geprek
1sdt kaldu sapi bubuk (optional)
2sdt garam
1500ml air

Cara membuat :
Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan bawang putih, garam, kaldu sapi bubuk (jika pakai) dan wortel, masak hingga wortel cukup empuk. Masukkan irisan daging sapi, daging ayam, dan bakso seafood, rebus hingga daging berubah warna. cicipi rasanya jika kurang garam tambahkan sesuai selera. sesaat sebelum api dimatikan masukkan sawi putih, sawi sendok dan daun ginseng. Angkat.



Homemade Shabu-shabu lebih nikmat disajikan selagi panas....yummm!


This is it!!! Homemade Shabu-Shabu...Oishii ^^

Enjoy! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar