.quickedit{ display:none; }

Rabu, 01 Oktober 2014

Macaroni Schotel

Gak akan bosen-bosen deh makan cemilan ini *haahhhh cemilannn??!?* wkwkwkwk...yah bagi keluarga kami macaroni schotel ini termasuk dalam kategori kudapan hihihi...jadi abis makan ini masih wajib makan nasi  lhooo ^_^

Well, kalau biasanya membuat macaroni schotel ini satu resep dan kemudian dimasukkan ke dalam cup-cup alumunium foil ukuran kecil, kali ini saya membuat 1/2 resep saja dan kemudian dimasukan ke dalam sebuah mangkuk pyrex yang ternyata lebih menghemat tempat penyimpanan di kulkas *yaiyalahhh yaa* tadinya saya lebih suka menggunakan cup alumunium karena setiap makan itu porsinya gak terlalu banyak, ini sebenarnya agar saya masih tetap bisa mengontrol pola mengemil saya, daaaaaan setelah menggunakan mangkuk pyrex, macaroni schotel yang saya makan tidak terkontrol, setelah mengambil 1 slice, saya masih memotong untuk potongan yang kedua *hadehhh...semoga dengan perasaan bersalah ini  potongan-potongan macaroni schotelnya tidak akan menjadi lemak di badan yakk hahahahahh! *wink-wink*

Saya masih menggunakan resep yang sama dengan Macaroni yang sudah pernah saya posting di sini di macaroni ini bedanya selain saya buat 1/2 resep juga tidak menggunakan daging sapi giling, karena pas stok-nya habis di kulkas jadi pake bahan seadanya saja hihihi... yang penting rasanya enak..enak..enak!

mari kita kemon gals!

Macaroni Schotel
.: source : cakefever modified by : yurike sasaki .:

Bahan-bahan :
125gr macaroni elbow, rebus 3/4matang (masukkan 1sdm minyak goreng agar tidak lengket), tiriskan
100gr keju cheddar, potong dadu
198gr kornet
10bh sosis sopini, potong dadu
1bh bawang bombay, cincang halus
2siung bawang putih, cincang halus
margarin secukupnya untuk menumis
1sdt kaldu bubuk (saya pakai 1 bungkus kaldu bubuk ayam)
1/2sdt merica
1/4sdt pala
1sdt gula pasir (sesuai selera)

Aduk rata :
300cc susu UHT full cream (saya pakai Susu Ultra)
3butir telur, kocok lepas

Bechamel sauce
1sdm margarin
2sdm tepung terigu
250cc cucu cair (saya pakai Susu Ultra)
garam secukupnya
merica secukupnya
50gr keju mozzarella (optional, bisa juga cheddar cheese, parut)

Topping :
100gr Keju Mozzarella, parut

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet
2. Panaskan wajan, masukkan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi, masukkan kornet dan potongan sosis, lalu tambahkan kaldu bubuk, merica, pala dan gula pasir, aduk rata. Cicipi rasanya sesuaikan dengan selera. angkat.
3. Masukkan macaroni yang telah direbus 3/4 matang kedalam campuran susu dan telur, aduk rata. Kemudian masukkan tumisan kornet dan potongan keju cheddar, aduk rata.Tuang kedalam mangkuk pyrex, kukus kurleb 15-20menit

macaroni schotel siap dikukus
4. Sementara mengukus siapkan Bechamel Sauce : Lelehkan margarin, masukkan tepung terigu aduk cepat sampai rata, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal, tambahkan keju mozzarella, garam, dan merica, angkat.

Bechamel Sauce
5. Keluarkan macaroni dari kukusan, tuangkan bechamel sauce hingga merata, taburi mozzarella parut di atasnya, panggang sampai berwarna kuning kecoklatan (saya panggang sampai keju mozzarelanya melted gak sampai kecoklatan) angkat.

Macaroni Schotel yang sudah dituang bechamel sauce diatasnya

Taburi keju mozzarella parut

Panggang sampai keju melted
6. Potong-potong macaroni schotel, lebih mantap disajikan hangat-hangat ^^

potongan cheddar cheese dan mozzarella-nya berasa bingiitt *yumm!
This is it!!! Macaroni Schotel ^^
Selamat mencobaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar