.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 15 November 2014

Garang Asem Ayam

Setiap selesai sarapan si Mbak selalu tanya..."Nanti siang masak apa Bu?" sambil siap-siap aerobik, mikir agak lama, trusss balik nanya sama si mbak, "enaknya masak apa mbak?" hehehe...dan akhirnya kita berdua sama-sama ketawa...saking bingungnya mau masak apa kadang sampai no have idea! ^_____^

Begitu mau berangkat si mbak bilang, kalau masak garang asem aja gimana bu? Ummm dipikir-pikir oke juga meskipun belum pernah bikin Garang Asem sendiri, tapi dulu udah pernah dibeliin hubby di Warung Makan Sederhana yang rame banget pengunjungnya, disitu memang menjual masakan khas jawa tengah, lokasinya di Jl. Majapahit - Semarang. Kalau sudah icip-icip, paling tidak saya bisa mengira-ngira bumbu yang digunakan apa saja, selain memang harus mencari resep yang bakalan bikin si garang asem buatan saya ini tambah mantap surantap hehehe..

Ternyata selesai aerobik gak keburu masak, karena sudah terlalu siang. Nahh baru pagi ini saya buat Garang Asemnya kebetulan hari ini hari sabtu pas hubby ada di rumah *wink-wink*. Untuk membuat Garang asem ini dibutuhkan daun pisang yang daunnya lebar, belimbing wuluh/belimbing sayur, cabai rawit hijau, dan tomat hijau yang banyak, dan saya sangat bersyukur untuk mendapatkan itu semua hanya tinggal memetik saja di kebun belakang! kecuali ayam-nya ya belilahh ya di pasar wkwkwkwk!


Setelah browsing, resep garang asemnya kebanyakan menggunakan santan. Sementara yang saya pernah makan, Garang Asemnya berkuah bening dengan banyak potongan tomat dan cabai rawit. Rasanya? tentu saja asam, pedas, gurih dan enak! Ini tentunya balik lagi ke masalah selera ya, menurut saya garang asem tanpa santan jauh lebih maknyus hehehe...

Garang Asem buatan saya ini, asamnya pas, tidak terlalu pedas, gurih dan tentunya mantap disantap dengan nasi panas dan sambal terasi yummm! :)

Cobain bikin yuukkk!

Kemonnn...

.: Garang Asem Ayam :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
1 ekor ayam pejantan, potong-potong menjadi 30 bagian, cuci bersih, baluri potongan ayam dengan 1sdt garam sampai rata, biarkan 30 menit.
10bh tomat hijau, iris tipis
3bh belimbing wuluh, iris bulat
10lbr daun salam
Daun kemangi secukupnya
Daun pisang untuk membungkus secukupnya, jemur hingga daun layu, lap hingga bersih
10bh plastik dibagi menjadi 2 lembar, untuk membungkus (optional)
Batang lidi untuk menyemat secukupnya

Bumbu:
10butir bawang merah, iris tipis
10siung bawang putih, iris tipis
8bh cabai rawit merah, iris serong
10bh cabai rawit hijau, biarkan utuh (jika suka pedas, iris-iris dan tambah sesuai selera)
3cm jahe, cincang kasar
2batang serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
1,5sdt garam
1sdt penyedap rasa (optional)

Cara membuat :

Dalam wadah yang berisi potongan daging ayam, tuangkan semua bahan bumbu, aduk rata, biarkan kurleb 30 menit sampai bumbu meresap.
Ambil selembar daun pisang yang lebar, alasi dengan plastik, tata 3 potong ayam beserta irisan bumbu, daun salam dan kemangi, bungkus tum kemudian semat dengan potongan lidi. Lakukan terus hingga potongan ayam dan bumbu habis. Panaskan Dandang, kukus kurleb 60 menit dengan api kecil, angkat.

Garang asem siap disajikan dengan nasi panas dan sambal terasi *yummm!

This is it!!! Garang Asem Ayam ^^

Enjoy!!!







2 komentar:

  1. mba yurike sasaki, kalo ga ada blimbing wuluh gimana? apa tomat ijonya dibanyakin? seberapa banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pakai belimbing wuluh garang asemnya tetap enak kok mbak, kalau bisa tomat hijaunya yang dibanyakin yaa, tambahkan 5bh tomat hijau lagi, tambah banyak tomatnya tambah seger garang asemnya, selamat mencoba yaa :)

      Hapus