.quickedit{ display:none; }

Kamis, 24 April 2014

Zuppa Soup

Wilujeng enjinggg sadayanaa...kalau punya anak abg memang persediaan makanan harus full terus yakkk secaraaaa kerjaannya ngemil melulu...nah gitu juga dengan si kakak tiap pulang sekolah selalu nanya Bunda ada makanan nggak? padahal barusan dapet katering dari sekolah *tepokjidat* nah kalau tiap hari pertanyaan itu yang selalu ditanyakan mau gak mau emaknya harus selalu siaga satu heheheee..

Nah mumpung si kakak belum pulang sekolah rencananya saya mau bikin Zuppa Soup gals, mengingat bahan-bahan sisa bikin lasagna masih ada di kulkas dan dari pada keburu berjamur lebih baik dipergunakan sajo. Saya selalu buat cream soup yang gak terlalu kental untuk zuppa soup ini karena rasanya kalo kental gitu agak enek yaa makanya campuran tepung terigunya gak terlalu banyak, buat yang suka cream soup-nya kental tinggal ditambahkan lebih banyak terigunya saja :)

Kemonnn!

Zuppa Soup
by: yurike sasaki


Kulit Pastry : beli yang sudah siap pakai atau bisa juga buat sendiri bahan dan cara buatnya klik disini

Bahan Cream Soup :
200gr ayam cincang (atau sesuai selera bisa di suwir atau potong dadu)
100gr jamur kancing kalengan, iris tipis
1bh jagung manis, serut
6bh sosis sopini, iris2 (bisa diganti smoked beef atau sesuai selera)
1bh bawang bombay, cincang kasar
1000ml air
200ml susu evaporated
4sdm tepung terigu
3sdm margarin, untuk menumis
1sdt merica bubuk
1sdt garam
1sdt penyedap rasa ayam

Topping:
kuning telur, untuk olesan
keju cheddar, parut


Cara membuat :
1. Panaskan wajan, masukkan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan tepung terigu aduk cepat hingga rata, masak sampai terigu matang, tuang susu dan air, aduk terus hingga mendidih. Pindahkan ke panci.
2. Masukkan ayam cincang, jagung manis, jamur, sosis dan bumbu lainnya, aduk rata. pada saat ini disarankan untuk mencoba soup-nya apakah rasanya sudah pas, jika masih kurang bisa ditambah sesuai selera. jika sudah pas dan sup matang, angkat.
3. Tuang cream soup ke dalam mangkuk tahan panas/khusus yang bisa digunakan di microwave, tutup bagian atasnya dengan puff pastry, oles dengan kuning telur, taburi keju cheddar. masukkan dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pastikan oven benar2 panas (karena saya pake oven tangkring jadi gak bisa cek suhu huehuehue...) panggang hingga kulit pastry mengembang dan berwarna kuning kecoklatan
4. Angkat Zuppa Soup, sajikan hangat-hangat :)

ini penampakan susu evaporated/evaporasi
Puff Pastry siap pakai bisa dibeli di TBK atau supermarket
Zuppa soup siap dipanggang :)
This is it!!! Zuppa Soup yummyyyy....


Enjoy :)

Note:
*jika menggunakan pastry siap pakai, setelah dikeluarkan dari freezer diamkan dulu sekitar 15-20 menit sampai agak lunak, kemudian pastry siap dipotong2/digunakan.
*jika membuat puff pastry sendiri bisa langsung digunakan, sisa puff pastry harus disimpan di freezer, untuk menggunakannya kembali keluarkan puff pastry, diamkan sampai lunak, puff pastry siap digunakan.








8 komentar:

  1. Bisa pakai oven tangkring ya mba.. harus dipanaskan dulu ga ovennya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pake oven tangkring ya Mbak Fadilah, panaskan oven tangkringnya dulu (pastikan ovennya sudah benar2 panas) sebelum zuppa soupnya dipanggang :)

      Hapus
  2. Bisa pake microwave ngga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika microwave-nya jenis oven konveksi yg berfungsi sbg oven & microwave, bisa digunakan utk membuat zuppa soup. Tapi jika microwave yg biasa tdk bisa ya, krn fungsinya hny utk menghangatkan bukan utk mematangkan.

      Hapus
  3. Kalo pk oven kan hrs dipanaskan dl oven nya, nah kl pk microwave oven kan gak bs dipanaskan dl, lanhsung masuk dan pencet tombol combi utk dpt efek microwave dan oven. Apakah ini ns dipake utk buat zuppa soup ? Saya bikin pk microwave itu kok selalu gak bs ngembang sempurna ya pastry nya. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut yang saya baca dan alami langsung beberapa faktor yang menyebabkan puff pastry tidak mau mengembang yaitu, oven tidak dalam kondisi panas ketika zuppa soup dimasukkan, atau bisa juga karena isian sup terlalu penuh (idealnya mengisi sup 1/2 dari tinggi mangkuk), bisa juga karena sering membuka tutup pintu oven sehingga ketika puff pastry sedang akan mengembang jadi mengempis lagi (jadi sebelum puff pastry benar2 kokoh yang ditandai dengan warna kuning kecoklatan sebaiknya pintu oven tidak dibuka tutup) atau mungkin dari adonan puff pastry-nya itu sendiri yang kurang benar dalam proses membuatnya (kecuali pakai puff pastry yang sudah siap pakai gak mungkin gagal) dari beberapa faktor tersebut, mungkin Mbak bisa ingat2 ada step yang mungkin menjadi salah satu faktor tidak mengembangnya si puff pastry yang mbak buat.

      Terus terang saya belum pernah menggunakan microwave dalam membuat zuppa soup mbak...mungkin di buku petunjuk (dalam dus microwave) ada ulasan bagaimana cara menggunakan microwave dengan harus memanaskannya terlebih dahulu. Atau mungkin kalau Mbak mau trial n error sih, coba panaskan saja dulu microwave-nya selama 1-2 menit, setelah timer mati masukkan zuppa soupnya, kemudian setting kembali timer untuk memanggang zuppa soupnya ( paling tidak ketika zupa soup dimasukkan kedalam, microwave masih dalam kondisi panas). Mdh2an perkiraan saya bisa sedikit membantu ya Mbak :)

      Hapus
  4. Kalo pk oven kan hrs dipanaskan dl oven nya, nah kl pk microwave oven kan gak bs dipanaskan dl, lanhsung masuk dan pencet tombol combi utk dpt efek microwave dan oven. Apakah ini ns dipake utk buat zuppa soup ? Saya bikin pk microwave itu kok selalu gak bs ngembang sempurna ya pastry nya. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  5. Pernah mencoba sdh 2kali malah..
    Tapi ko soul dlm wadahnya langsung kering /kuahnya habis ...
    Padahal saya pakai mikrowivenya 180 derajat...selama 15menit..sesuai yg sering saya baca di resep resep masakan digoogle
    Mohon solusinya...

    BalasHapus