.quickedit{ display:none; }

Senin, 27 Mei 2013

PUFF PASTRY

Hollahhh...hari ini resepnya Puff Pastry *tring-tring (karena resep ini diintip sudah cukup lama dari blog seseorang jadinya lupa dan mohon maaf tidak menyebutkan sumbernya ya, tapi yang pasti sudah diuji coba di dapoer joglo dan hasilnya mengembang dengan manisnya), puff pastry ini aku bikin karena tadinya ingin sekali membuat Zupa Soup buatan sendiri, karena tidak menemukan Puff pastry yang instan di super market akhirnya mau nggak mau bikin sendiri deh Puff Pastry-nya niat banget yaaa..hahahaha! 

oiya gals Puff Pastry ini bisa diisi dengan berbagai macam isian sesuai selera ( kornet, tuna atau kalo suka manis diisi selai strawberry,etc.) Ketiganya ini belum dicoba tapi next dicobain deh karena sisa dari penutup Zupa Soup masih banyak bisa diisi dengan isian ketiga bahan diatas, waktu itu sisa puff pastry aku potong kecil-kecil bentuk segitiga lalu diatasnya ditaburin gula putih dan langsung dipanggang kalo pake kacang almond mungkin akan lebih enak lagi, dan puff pastry ini tahan lama lho gals, jika ada sisa bisa disimpan dalam lemari es dan bisa dipanggang lagi. baiklah kita cuss yuk...


Puff Pastry
Source : Google Images
Bahan-bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi (eike pake merk cakra)
5 gr garam
125 ml air es
125 gr pastry fat atau korsvet (Bisa dibeli di toko bahan roti/kue)

Cara membuat:
* Campur terigu, garam, dan air es sedikit demi sedikit. campur bahan sampai kalis (tidak lengket di tangan), lalu simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit
*keluarkan adonan, lalu gilas setebal 2cm membentuk kotak segiempat (karena gak punya gilingan eike menggunakan botol kecap besar yang udah nggak ada isinya). Kerat keempat sisi-nya kearah tengah (mengikuti garis diagonal), tapi jangan sampai putus.
*Letakkan pastry fat yang sudah dibentuk lempengan setebal kira-kira 2cm ditengah-tengah adonan
*Lipat setiap keratan ke arah atas hingga menutupi pastry fat. Balikkan adonan, lalu gilas perlahan-lahan setebal 2cm. lipat 4 bagian lalu istirahatkan adonan 15 menit di kulkas. Keluarkan, gilas adonan sampai setebal 2cm, lipat kembali, istirahatkan di kulkas. Dan lakukan sebanyak 2 kali lagi ( lumayan keringetan sih hahahaha...)
*Fyi, istirahatkan adonan setiap selesai menggilas untuk mencegah lemak meleleh. sebab kalau meleleh/pecah nanti lembarannya kurang bagus. Setelah tahapan selesai, gilas adonan lalu cetak dan diisi sesuai selera. Olesi permukaannya dengan kuning telur.
*Ingat! panggang Puff Pastry dalam oven panas suhu 210-220'C agar lembarannya bisa keluar dengan sempurna. Jangan terlalu tebal mengolesi loyang dengan margarin karena ketika dipanggang, lemak dari Puff Pastry ini akan meleleh dan juga kalau terlalu banyak pastry-nya akan basah.

Selamat mencobaaa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar