.quickedit{ display:none; }

Senin, 28 April 2014

CHOUX PASTRY a.k.a Kue Soes

Siapa yang gak suka Choux Pastry a.k.a kue soes ini? meskipun ada yang nggak suka pasti lebih banyak yang sukanya hehehehe...soalnya kuenya enak sihhh ^^ Kalau ngomongin tentang soes pasti orang ingetnya sama Soes Merdeka Bandung yang kesohor ituhh, sudah lama sekali gak makan kue soes-nya eh dilalah bulan lalu dapet oleh2 dari temennya hubby, rasa soes merdeka-nya gak berubah masih sama kek jaman dulu.

Udah lama banget pengen bisa bikin Choux Pastry ini dan kebetulan lagi niat bikin meskipun pas bikinnya menjelang sore tapi tetep semangattt *si mbak lemburr nihh* hehehehe. Choux Pastry-nya di eksekusi pake resep dari Just Try and Taste -nya Mbak Endang Indriani. Karena ini trial dan takut gagal eike cuma bikin 1 resep aja gals hasilnya jadi 9 buah choux pastry, diisi dengan krim vanilla dan krim coklat..alhamdulillah si choux pastry mengembang dengan sempurna gak pake kempes dan sempet eike masukkin kulkas juga tapi tetep kokoh lhoo ^^ rahasianya memang harus bener2 ngikutin instruksi cara membuatnya.

Fyi, eike panggang choux pastry-nya menggunakan oven tangkring jadi waktu panggangnya agak lama dikit, pokoknya indikator si choux pastry ini aman keluar dari oven ketika sudah berwarna coklat keemasan. Sayangnya eike blm punya temperatur untuk oven yang bisa dibeli terpisah jadinya tetep klo baking selalu pake waktu kira2 saja hehehehe...oiya kalau lebih suka vla daripada krim di resep-nya mbak endang dituliskan juga resep filling vla vanilla-nya.

Belum juga choux pastry-nya dingin kakak sudah request dengan isian krim vanilla, abis satu minta nambah lagi dan nambah lagi....senangnyaaa ^^

Buat yang mau eksekusi mari cuss!

Choux Pastry a.k.a Kue Soes
Source: JTT


Bahan-bahan :
70gr tepung terigu serba guna 

1/2sdt gula pasir

1/4sdt garam

57gr mentega

120ml air

2 butir telur, kocok lepas

Glaze :

1 butir telur kocok dengan 1/8sdt garam halus
Krim kental :
240ml heavy whipping cream ( hanya pakai 1/2nya)
1/2sdt vanilla ekstrak
1sdm pasta coklat
1sdm gula pasir

How to:

1. Panaskan oven set disuhu 205'C. Letakkan rak pemanggang. Siapkan loyang pemanggang, alasi dengan kertas roti pada permukaannya (eike pakai cetakaan untuk kue soes jadi gak dialasin kertas roti)
2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam dan gula aduk rata, sisihkan
3. Siapkan panci kecil anti lengket lebih baik, masukkan air dan mentega, masak dengan api sedang hingga mentega meleleh dan mendidih, aduk2 selama memasaknya. Angkat panci dari kompor, segera masukkan tepung, aduk cepat menggunakan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata. letakkan kembali panci di kompor menggunakan api kecil, masak hingga adonan menjadi gumpalan yang smooth dan pekat serta tidak menempel dipanci. aduk terus selama adonan di masak (1-2 menit) angkat.
4. Tuang adonan di mangkuk agak lebar, menggunakan mikser tangan, kocok adonan dengan speed rendah untuk mengurangi panas dan menghilangkan uap panas yang terperangkap di dalam adonan, kira2 1-2 menit. Jika adonan mulai terasa hangat tidak terlalu panas lagi masukkan kocokan telur, dan lanjutkan mengocok menggunakan mikser dengan speed rendah hingga terbentuk pasta yang kental, pekat dan sangat lengket. matikan mikser.
5. Siapkan piping bag, letakkan spuit utk menyemprotkan adonan di ujungnya. masukkan adonan ke dalam plastik, ikat rapat. Gunting ujung plastik semprotkan adonan ke atas loyang/cetakkan, gerakkan spuit melingkar diakhiri dengan menyemprotkan adonan diatas lingkaran. Beri jarak lebar antara adonan
6. Olesi permukaan kue dengan glaze menggunakan kuas halus secara hati2 dan gerakan lembut
7. Panggang kue dengan suhu 205'C selama 15 menit kemudian turunkan menjadi 177'C lanjutkan memanggang selama 30-40 menit hingga permukaan kue menjadi berwarna coklat keemasan. matikan oven biarkan soes di dalam oven dengan pintu terbuka kurleb 10-15 menit, keluarkan choux pastry dan dinginkan di rak kawat, belah bagian tengah, isi dengan krim vanilla dan krim coklat.
Fresh from the oven ^^
This is it!!! Choux Pastry ^^

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar