.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 05 April 2014

Lasagna

Haiii...haiiii italiano food lovers...gara-gara libur aerobik terlalu lama alhasil jarum timbangan nambah nganan terus nihh *jerit-jerit histeris* sebeeelllllll deh...alih-alih jalanin program diet malah tambah napsu bikin resep ini, gara-garanya beberapa hari lalu temen ada yang kirim lasagna jadinya eike penasaran pengen nyobain bikin sendiri *berhasil dia bikin gw tambah berbobot -,- anyway tenkiu cyn akhirnya lu ada temennya juga hehehe*

Resep Lasagna ini eike contek dari blognya JTT (Just try and Taste) dan rasanya gak kalah sama dapet beli d resto-resto italiano lokal :D buat yang pengen menggendut seperti eike mari kita eksekusi resep lasagna ini...kemonnnn!!

.: Lasagna :.
source: Just Try and Taste (JTT)

Bahan :
6 lbr kulit lasagna (eike pake merk Delverde)
250gr daging sapi cincang
150gr keju mozzarella
5bh jamur champignon/jamur merang/jamur kancing

Bumbu Saus Daging :
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
4 siung bawang putih, keprak dan cincang halus
3bh tomat merah, rebus dan kuliti (proses dibawah)
4sdm saus spaghetti botolan 
3sdm saus tomat botolan 
1/4sdt oregano bubuk
1/4sdt daun basil kering
1/4sdt italian seasoning (eike skip, gak nemu d tbk)
1/2sdm gula pasir
1sdt garam
1/2sdt merica hitam butiran, tumbuk halus
1/2sdt kaldu bubuk instan (optional)
1sdm minyak untuk menumis

Bahan Bechamel Sauce (Saus putih) :
1sdm mentega/margarin
2sdm tepung terigu, jenis apapun ok
500ml susu cair
1/2sdt merica hitam butiran, tumbuk halus
1/4sdt garam
50gr keju parut ( eike pake 100gr keju mozzarella, parut).

Cara membuat saus daging :

1. Siapkan tomat, buat irisan menyilang diujung tomat dengan pisau. Rebus 500ml air di panci hingga mendidih, masukkan tomat, rebus 2-3 menit hingga kulit terkelupas. Angkat dan tiriskan, kupas tomat, buang kulitnya dan cincang tomat hingga halus, jangan buang biji tomat vit C tertinggi ada di gel yang mengelilingi bijinya, sisihkan.
2. Siapkan wajan, panaskan minyak. masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum dan warnanya berubah transparan. Masukkan daging cincang. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna tidak pink lagi.
3. Tambahkan saus spaghetti, saus tomat, cincangan tomat, oregano, basil, italian seasoning, gula, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk (optional). Aduk rata dan masak hingga semua bahan mengental. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat.

Kulit Lasagna


Siapkan panci, isi dengan 1 liter air, 1 sdm garam, 1sdm minyak goreng (supaya kulit lasagna tidak lengket). rebus air hingga mendidih, masukkan kulit lasagna. aduk dengan spatula agar kulit tidak lengket satu sama lainnya.

Bechamel Sauce :
Siapkan panci/wajan anti lengket, masukkan mentega dan masak dengan api kecil hingga mentega lumer. masukkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula hingga tepung tercampur rata dengan mentega, masak hingga tepung berwarna kuning kecoklatan dan matang, aduk terus agar tepung tidak gosong, masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dengan spatula hingga susu habis masak hingga saus mengental (jika adonan berbintil-bintil masukkan ke blender dan proses hingga smooth), tambahkan merica, garam, kemudian tambahkan keju cheddar/keju mozzarella, masak hingga keju meleleh dan saus kental, angkat, sisihkan.

Menata Lasagna :

1. Panaskan oven, set disuhu 175'C, api atas bawah (eike pakai oven konvensional :D) letakkan rak ditengah oven jika oven anda tinggi, jika pendek letakkan rak di bagian paling bawah.
Siapkan loyang ukuran 22x16cm/Pyrex, tata 2 lembar kulit lasagna di dasar loyang. bagi tumisan daging, bechamel sauce, dan keju cheddar/keju mozzarella parut menjadi 3 bagian. Oleskan 1 bagian tumisan daging dipermukaan kulit lasagna. Oleskan Bechamel sauce diatas tumisan daging dan taburkan dengan 1 bagian keju parut.

Menata lasagna
 2. Tutup dengan 2 lembar kulit lasagna lainnya dan lakukan terus sampai kulit lasagna, tumisan daging, bechamel sauce dan parutan keju habis.

Setelah ditata lasagna siap di panggang

Kakak sabar menunggu :*
Memanggang

Panggang Lasagna kurleb 35-40menit hingga keju meleleh dan permukaan lasagna mulai kuning coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong, lebih mantap jika dihidangkan hangat ^^


Selamat mencobaaa :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar