.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 05 April 2014

Pastel Tutup

Hollah gals, pertama kali saya makan pastel tutup itu buatan mama mertua, rasa kentang tumbuknya ngeju dan nyusu banget hehehe (ini mungkin karena saking banyak keju dan susu-nya...mancapp!) jadinya penasaran kepengen bikin sendiri. 

Sebenernya saya sudah beberapa kali mempraktekkan resep Pastel Tutup ini cuma sayang sesi jeprat-jepretnya selalu terlewatkan, itu karena dulu gak terpikir untuk membuat blog seperti sekarang ini. Dan sekarang karena perlu membuktikan bahwa blog ini bukan blog yang membajak foto hasil karya orang lain makanya setiap selesai eksekusi langsung deh keluarin kamera dan hasil karya pada eksyen semua ^____^ 

Oiya resep pastel tutup ini saya intip dari blognya Mama Itara yang sumber aslinya dari blog Hanna Keluarga Cinta. Mau tau gimana rasanya pastel tutup? bikin yukkk!

Kemon gals :)

.: Pastel Tutup :.
Source: Mama Itara


Bahan lapisan tutup/topping:
1kg kentang
1sdm susu bubuk (eike 2sdm biar nyusu ^^)
Merica, pala, kaldu instan, garam, margarin/butter 
1 kuning telur, kocok lepas untuk olesan

Cara: Kukus kentang hingga matang, kupas kulitnya, haluskan dengan cara diulek/ditumbuk, haluskan hingga lembut, tambahkan susu bubuk, margarin, merica bubuk, pala bubuk dan kaldu instan

Kentang yang sudah dihaluskan
Bahan isi :
200gr wortel, potong dadu
100gr jamur kuping, iris kecil/tipis
100gr kacang polong 
250gr daging ayam, rebus potong dadu (saya pakai ayam cincang)
100gr sosis, potong dadu 
4lbr daging asap potong dadu
1bh bawang bombay, cincang
5 siung bawang putih, cincang
750ml susu cair (saya pakai 500ml susu UHT)
2sdm margarin, untuk menumis
gula pasir, merica bubuk, pala bubuk, kaldu instan dan garam secukupnya
Bihun, seduh dengan air panas

Topping :
100 gr keju cheddar, parut

Cara membuat :

Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan satu persatu daging ayam, wortel, jamur kuping, kacang polong, daging asap. Tuang susu cair sedikit demi sedikit, aduk rata bumbui dengan merica, pala, gula, kaldu instan. Masak hingga agak kental, masukkan bihun, aduk rata lalu angkat.
 
Daging ayam cincang, jamur kuping, wortel, b.bombay+b.putih, Kc.polong beku, daging asap

Adonan isian pastel tutup
Siapkan cup alumunium foil/pyrex, bentuk kentang tumbuk di dasar alumunium foil setebal kurleb 2cm, ratakan kemudian tuang adonan isi, tutup kembali dengan kentang tumbuk (dibuat berlapis). Olesi permukaan kentang dengan kuning telur, taburi keju cheddar parut, panggang selama kurleb 30 menit atau hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

Pastel Tutup siap disajikan hangat-hangat, tambahkan saus sambal dan tomat jika suka ^__^

Pastel Tutup sebelum dioles kuning telur
Pastel tutup setelah di oles kuning telur dan keju parut siap dipanggang!
Pastel tutup fresh from the oven
This is it!!! Pastel tutup *yummy! ^^

Enjoy :)



 


2 komentar:

  1. min setelah proses oven, apa bisa dimasukkan kulkas kemudian di hangatkan lagi bila mau makan? Apa tidak mengurangi cita rasanya ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastel tutup sebaiknya memang harus dimasukkan ke dlm kulkas jika tidak dimakan saat itu/tidak habis dimakan (tapi dlm kondisi pastel tutup sdh dingin ya jgn panas2 dimasukkan kulkas hehehe..) disimpan di kulkas spy tidak cpt basi krn ada bahan susu-nya, kemudian hangatkan kembali saat akan dimakan. Menurut saya cita rasa pastel tutup tidak akan berkurang asal penyimpanan dlm kulkas tdk lebih dari 3 hari yaa :)

      Hapus