.quickedit{ display:none; }

Minggu, 18 Januari 2015

Pastel Mini Isi Abon

Bikin Pastel??? Ehmmm... sudah lama sebenarnya pengen eksekusi resep ini. Satu-satunya kendala kenapa saya mundur lagi dari niat membuat segala jenis pastel ataupun karipap pusing adalah karena pinggirannya harus dipilin!

Untuk membuat beberapa jenis snack memang diperlukan keterampilan dan kesabaran, bagaimana cara mencetak, memilin dan bahkan membentuk supaya snack yang dibuat terlihat cantik, yahhh meskipun kalau sudah masuk perut dipastikan tidak akan berbentuk lagi sihh, tapi tetap saja bagi si pembuatnya membuat snack tampil cantik itu merupakan kepuasan tersendiri! apalagi snack buat juwalan, penampilan jelas penting bingiittt itu salah satu syarat kalau pengen lakuuu :D

Termasuk saya yang amatiran ini, selalu ingin membuat hasil snack atau masakan tampil cantik sama seperti pembuatnya... bwahahahah! Gubrak!! Jadiiii...supaya pilinan pastel saya terlihat cuantikkkk, dan saya tidak perlu ribet, akhirnya saya membeli beberapa cetakan pastel. Tadinya saya pikir, hari gini milin pastel susah-susahhh??? ngapaiinnnn! udah ada cetakannya kok :D dan tahukah gals? kadang menyepelekan sesuatu itu bikin semangat jadi tambah berkobar-kobar untuk mengeksekusinya hihihihi... sampai akhirnya setelah dipraktekkan jadi mengetahui, menyadari dan menyesali bahwa sesuatu yang praktis itu tidak selalu bisa tampil cantik! mau buktiii? silakan lihat dilarang mengejek!!! hahahahah!
Cetakkan pastel mini & hasilnya
Penampakannya tidak seperti Pastel, dan setelah saya coba goreng, abonnya keluar-keluar bikin minyak gorengnya kotor >,<  kecewaaa deh dengan hasil cetakannya, gak mungkin juga kan adonannya dibiarin gitu aja pokoknya harus berbentuk pastel, titik!

Mari kita browsing bagaimana caranya! dan akhirnya saya terdampar di Bento Mania...ihhh benerannn, setelah melihat video tutorial bagaimana cara memilin pastel, ternyata gak sulit, asli! sampe akhirnya nyesel beli cetakan pastel banyak-banyak, karena lebih mudah memilin dengan jari tangan yang lentik ini dari pada pake cetakan! gak percaya? lihat hasilnya di bawah ini! ^^
(bawah) Pastel mini menggunakan cetakan
(atas) Pastel mini dipilin pake jari yang lentik ^__^
Untuk isiannya karena saya punya stock abon pedas yang gak habis-habis jadi saya gunakan saja takut keburu apek :D. Gak lama setelah digoreng, pastel mininya ludesss sodarah-sodarahhh!  nanti lagi kalau mau bikin pastel mini saya akan mengunakan abon sapi yang manis saja rasanya pasti lebih enakkkk ^^

Hayukkk belajar memilin pastel, biar tambah rapi dan cantik pilinannya!

Mari mlipirrr :)

.: Pastel Mini Isi Abon :.
source : Hesti's Kitchen modified by : yurike sasaki


Bahan kulit :
250gr tepung terigu serbaguna
1butir telur ayam
100gr margarin, lelehkan
75ml air (kurang lebih)
50gr keju cheddar parut
garam secukupnya
minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
Abon sapi (lebih enak yang manis)

Cara membuat :

Dalam wadah : campur tepung terigu dan garam, aduk rata. Tuang margarin panas sedikit demi sedikit, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, lalu aduk adonan hingga mudah dikepal, masukkan keju parut, aduk kembali hingga tercampur rata. Giling adonan menggunakan rolling pin hingga tipis (saya tidak punya mesin gilingan mie), kemudian cetak bulat, gunakan cutter untuk memotong adonan atau gunakan gelas yang diameternya kecil jadi tidak perlu dipotong cutter tinggal ditekan saja hingga adonan terbentuk bulat. Beri abon, lipat dua kemudian pilin, lakukan terus hingga adonan habis.


Cara memilin pastel
Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat. Dinginkan. Masukkan ke dalam toples kedap udara.

Pastel mini isi abon siap dinikmati...*yummm!

This is it!!! Pastel Mini Isi Abon ^^
Enjoy :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar