.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 10 Januari 2015

Keripik Pisang Coklat Susu ala Aneka

Seminggu belakangan ini di Banyumanik kalau hujan horor banget. Selain gluduknya jlegar-jleger seperti mercon *wkwkwk...lebay* anginnya juga bikin pohon-pohon di sekitar rumah saya bergoyang heboh bukan main, bahkan pohon kamboja depan rumah yang lagi rajin berbunga pun jadi korban...begitu hujannya reda, baru ketahuan deh kalau pohon kambojanya tumbang!

Setelah hujannya reda Si Mbak beres-beres kebun belakang, lihat pohon pisang yang akan dipanen buahnya hilang dia langsung lari ke kamar saya dan melapor :D "Bu, pisangnya hilanggg...." Hah! kok bisa hilang mbak?? "Itu kayanya ada yang lagi bersihin kebun sebelah, mungkin pohonnya ditebang bu" *udah betee ajaa*...secara kan kalo panen, pisangnya bisa diolah jadi pisang goreng, bikin kolak dan bagi-bagi tetangga. "Coba samperin aja mbak, tanyain kok pohon pisangnya ikut ditebang sih?" dengan semangat 45 si Mbak datengin orang yang lagi bersih-bersih kebun sebelah dan langsung tanya, "Pakkk, pohon pisangnya kok di tebang?!? *dengan nada sedikit menuduh* " Si Bapak nyahutt...Yang nebang pohon pisang itu siapaaa? itu pohonnya tumbang sendiriii gara-gara hujan angin kok! Sambil malu si mbak bilang, Ooohhh maaf...gara-gara hujan angin yaaa pak..hehehe... Pelajaran berharga hari ini jangan menuduh orang sembarangan tanpa bukti eymmmm! hihihihi.

Nah setelah perbincangan yang tidak enak dengan bapak yang bersihin kebun sebelah, si mbak bawa satu tanduy pisang. Kalau pisangnya tua mungkin gak akan bingung mau diapain ya tapi kalau pisang masih mentah? mau diapain coba? :D


Mau dibiarin mateng kayanya masih lama dan gk akan enak karena masih nanggung, mau dibuang sayang banget, akhirnya saya browsing cara membuat keripik pisang coklat khas lampung. Dulu teman saya kalau pulang kampung bawain oleh-oleh keripik pisang coklat yang terkenal di daerahnya itu saya gak bilang merk ya sebut aja aneka wkwkwk! dan keripiknya enakkk banget...kalau berhenti nyemil keripik ini, lidah rasanya pahit  ^_____^

Resep keripik pisang coklat susu ini saya dapatkan dari femina, setelah saya eksekusi keripik pisangnya beneran mirip dengan yang dari lampung itu lohhh...tentunya dengan sedikit modifikasi, karena coklat bubuk yang saya gunakan lebih pahit jadinya takaran gula bubuk dan susunya saya tambah.

Setelah mencoba membuat keripik pisang yang prosesnya direndam dulu dengan air garam dan yang tidak direndam air garam, saya jadi bisa membedakan hasil keduanya. Lain kali jika akan membuat keripik pisang lagi saya tidak akan merendam irisan pisang dengan air garam melainkan langsung di goreng saja karena hasil keripiknya jauh lebih renyah!

Punya pisang mentah? jangan bingung gals, dibuat keripik sajaaaa! ^^

Kemonn mlipirrr :)

.: Keripik Pisang Coklat Susu ala Aneka:.
source : femina modified by : yurike sasaki

Bahan-bahan :
2sisir pisang kepok tua mentah, iris-iris memanjang
minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu Aduk :
100gr coklat bubuk
125gr gula halus
50gr susu bubuk

Cara membuat :

Dalam wadah, campur coklat bubuk, gula halus dan susu bubuk, aduk rata, bagi bumbu coklat jadi dua bagian di dua tempat, sisihkan.

Goreng pisang yang sudah diiris memanjang sampai kuning kecoklatan, angkat. Masukkan ke dalam wadah yang berisi bumbu coklat, aduk-aduk hingga keripik pisang terbalut rata dengan bumbu coklat. Lakukan terus hingga irisan pisang habis. (bumbu coklat jika dipakai berulang biasanya akan mulai bergerindil, jika sudah seperti itu gunakan bumbu coklat di wadah yang satunya supaya bumbu coklatnya bisa menempel di keripik pisang dengan sempurna). Jika sudah dingin, masukkan keripik ke dalam toples kedap udara, keripik pisang coklat susu siap dinikmati.

This is it!!! Keripik Pisang Coklat Susu ala Aneka ^^
Enjoy :)





12 komentar:

  1. Kaya ny enak nih. Mba tips potong pisang ny biar tipis gmana ? Atau kalo agak tebel potong ny bisa crunchy jg pas digoreng ? Perasaan udh potong tipis masih berasa tebel gitu jadi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mbakk...hampir mirip dgn yg dari lampung hihihi, tipsnya tentu si pisang hrs yg benar2 msh mentah spy tdk licin ketika diiris, pisau yg digunakan hrs tajam dan irisan pisang jangan sampai dicuci/direndam didlm air ( pengalaman pribadi dgn merendam di air hasil kripiknya jd gk renyah malah jadi alot). Sewaktu saya membuat keripik ini meskipun mengiris agak tebal si pisangnya ttp bs renyah mbak, ayoo coba lagiii mbakkk hehehe..

      Hapus
    2. Kalo gak di rendam di kapur sirih gak apa2 ya??
      Tp kl gak di rendam gak apa2 kan kan getah dr pisang nya bnyak,atau sblum di iris tipis udah di cuci setelah di kupas.

      Hapus
    3. Saya belum pernah coba rendam pake air kapur sirih, malah nggak tau kalau harus d rendam kapur sirih :D dari hasil pengalaman saya bikin, gk di rendam pake air kapur sirih jg nggak apa-apa, kebetulan getah pisangnya juga nggak banyak. Sebaiknya dicuci setelah dikupas saja kak setelah itu diiris tipis2 lalu digoreng :)

      Hapus
  2. Saya pakai susu bubuk dancow yg full cream, utk coklat bubuknya sy pakai yg merk bensdorp mbak :)

    BalasHapus
  3. ka, mau tanya agar bumbunya bisa merekat sempurna (tidak rontok) gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesaat setelah keripik pisang diangkat dr wajan langsung masukkan ke tempat coklat bubuk lalu diaduk2, suhu hangat pd keripik pisang ketika diangkat dr penggorengan akan membuat bubuk coklat merekat sempurna kok ^___*

      Hapus
    2. Mba kalo bubuk coklatnya ada gk di alfamart? ?

      Hapus
  4. Mba itu coklat bubuk bensdropnya beli di alfamart ada??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg merk bensdorp harus cari di TBK (Toko Bahan Kue) di Alfamart nggak ada. Kalo nggak nemu yang merk bensdorp pakai merk yang lainya aja seperti coklat bubuk merk van houten biasanya ada di alfamart Mbak :)

      Hapus
  5. Kalo yg pake tepung maisena bubuk katanya bisa juga ya selain susu bubuk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, kalau saya browsing2 resep keripik piscok susu ini banyak yang menggunakan tepung maizena. Berarti bisa digunakan sebagai pengganti susu, hanya pastikan sebelum digunakan sangrai terlebih dahulu tepungnya agar lebih tahan lama (tidak apek) saya jadi penasaran juga, apakah rasa susu bubuk bisa terganti dengan tepung maizena? jika sudah dicoba menggunakan tepung maizena berkabar dong Kak :)

      Hapus