.quickedit{ display:none; }

Minggu, 15 Februari 2015

Kue Jajanan Pasar : Klepon

Kue ini termasuk salah satu jajanan pasar favorit saya, teksturnya yang kenyal membuat mulut tak bisa berhenti untuk melahapnya kemaruk! wkwkwk Kue yang terbuat dari tepung beras ketan ini sebenarnya sangat mudah sekali dibuat, Nggak punya daun suji atau daun pandan? gunakan pewarna makanan saja untuk warna hijaunya.

Di resep aslinya, warna hijau didapatkan dari daun pandan yang sudah diblender dan disaring yang kemudian airnya diambil sebagai pewarna alami, tapi kali ini saya kok agak malas ya untuk membuat pewarna dari bahan alami, maka saya gunakan yang praktis saja, yaitu menggunakan pasta pandan, hasilnya? menurut saya beti *beda tipis* dengan yang menggunakan daun suji ataupun daun pandan  ^___^

Karena takut gagal, saya hanya membuat 1/2 resep saja. Resep ini saya baca ketika ingin membuat Wedang Ronde yang Mbak Endang posting beberapa waktu lalu. Tadinya mau bikin wedang ronde, tapi jadinya malah bikin klepon duluan hihihi.... Resep ini disertakan Mbak Endang karena untuk membuat bola-bola wedang rondenya bahan yang digunakan sama dengan membuat klepon. 

Sebaiknya pada saat mencetak adonan klepon, dibarengi dengan mendidihkan air, sesaat setelah air mendidih dan adonan sudah berbentuk bulat segera masukkan ke dalam air yang mendidih. Ini saya lakukan karena terlalu lama disimpan diluar, bulatan kleponnya tidak lagi utuh bahkan lembek karena bercampur dengan irisan gula merah yang ternyata gampang meleleh.

Buat yang suka nyemil klepon, bikin yukkk! 

Mari mlipirrrr ^^

.: Klepon :.
source : JTT by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
125gr tepung beras ketan
100ml santan
50ml santan kental hangat
1sdt pasta pandan, bisa ditambah jika dirasa masih kurang
1/2sdt garam
1sdm minyak sayur

Pelengkap :
50gr gula merah secukupnya, untuk isi klepon
100gr kelapa yang diparut memanjang, tambahkan sedikit garam, kukus kurleb 10 menit.

Cara membuat :

Dalam gelas ukur yang berisi santan, tambahkan garam, pasta pandan dan minyak sayur, aduk rata.

Dalam wadah lain yang berisi tepung beras ketan, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni hingga kalis. Ambil sedikit adonan kira-kira sebesar bola kelereng, bulatkan dan pipihkan di telapak tangan. Beri irisan gula merah ditengahnya, bulatkan kembali. 

 Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan adonan yang telah dibulatkan, rebus hingga klepon mengapung. Angkat dengan menggunakan saringan kawat. Gulingkan klepon dalam parutan kelapa yang telah dikukus hingga permukaan klepon terbalut rata.

Klepon siap dinikmati...*yummm!

This is it!!! Klepon ^^
Enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar