.quickedit{ display:none; }

Minggu, 08 Februari 2015

Bir Pletok, Minuman sehat pengusir dingin ^_^

Ini kedua kalinya saya minum Bir lohh ^___^ Pertama kali minum, ketika hubby mengajak saya untuk makan malam dengan rekan kerjanya di Yogyakarta akhir pekan lalu, Whattt? berani minum bir dengan rekan kerja suami?! gila lo? hahahahh...tenanggg! yang saya minum itu Bir Pletok, gak ada kandungan alkohol didalamnya amannn!...Bahkan rekan kerja hubby juga ternyata memesan Bir Pletok..hihihi. Lalu yang kedua kali, saya minum Bir di rumah, saya membuat Bir Pletok homemade *wink-wink*...rasanya unik, enak, dan menghangatkan badan!

Kayu manis, jahe, cengkih, kayu secang, gula batu & daun jeruk
Meskipun hampir sama fungsinya dengan bir yang beralkohol *biasanya orang bule minum untuk penghangat badan* tetapi menurut saya bir pletok ini jauh lebih bagus manfaatnya, karena selain untuk penghangat badan dikala musim hujan seperti sekarang ini, Bir Pletok ini  bermanfaat sebagai pelancar peredaran darah, dan tentunya aman dikonsumsi dalam jumlah banyak asal kuat aja sama rasa jahenya wkwkwkw! 

Bir pletok ini hampir sama atau menurut saya memang sama dengan Wedang uwuh, kalau dilihat dari penampakan dan bahan-bahannya sama persis. Terserah deh, lebih suka dengan sebutan Bir Pletok atau Wedang Uwuh, yang penting sama hangatnya ^___^

Buat yang suka minum-minuman hangat yang kaya akan rempah-rempah, minuman ini wajib dicoba, bahan-bahannya mudah ditemukan, cara membuatnya gampang pake bingit! rasanya? juwaraaaa cyn ^^

Kedinginan karena hujan terus seharian? yuk mareeeeee nge-Bir Pletok, cheers!

Kemon mlipirrr :)

.: Bir Pletok :.
by: yurike sasaki 


 Bahan-bahan :
Segenggam kayu secang
50gr jahe, geprek
10-12cm kayu manis
10bh cengkih
3lbr daun jeruk (optional)
1000ml air
Gula batu, secukupnya
(jika suka boleh ditambah sereh)

Cara membuat :
Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan jahe, kayu manis, dan cengkih. masak kurleb 15-20 menit, sesaat sebelum diangkat masukkan kayu secang dan daun jeruk/sereh (jika pakai).
Dalam gelas saji, masukkan gula batu secukupnya, tuang air rebusan rempah-rempah, aduk, cicipi rasanya jika kurang manis tambahkan gula batu sesuai selera.

Bir Pletok siap dinikmati dengan keluarga tercinta...slurrrpp! ^_^

This is it!!! Bir Pletok ^^

Enjoy!






1 komentar:

  1. Sementara ini belum banyak resep masakan yang saya posting menggunakan madu, tapi silakan dicoba resep Udang Bakar Madu dan Sapi Lada Hitam yang sudah pernah saya posting, kedua resep tersebut menggunakan madu untuk bumbunya. Jika suka, madu juga bisa ditambahkan ke minuman favorit kita sebagai pengganti gula, selamat mencoba ya :)

    BalasHapus