.quickedit{ display:none; }

Rabu, 18 Februari 2015

Jajanan Khas Bandung : Lumpia Basah

Bandung dan Semarang memiliki makanan atau jajanan khas yang sama yaitu Lumpia, tetapi kedua lumpia asal kedua kota ini memiliki beberapa perbedaan. Jika Lumpia semarang menggunakan irisan rebung sebagai bahan utama isiannya, maka Lumpia basah bandung menggunakan irisan bengkuang yang sudah direbus dengan air dan gula merah. Menurut saya yang sama dari kedua lumpia ini adalah rasa yang sama yaitu dominan rasa manis-nya.

Tentunya bukan hanya rebung saja sebagai isian Lumpia Semarang, orak-arik telur, beberapa udang dan potongan ayam biasanya ditambahkan didalamnya. Jika saya pulang ke Bandung, biasanya saya membeli oleh-oleh Lumpia Semarang di Mbak Lien yang isinya rebung campur ayam dan udang, harganya memang lumayan mahal, tapi rasa lumpianya menurut saya juwara ^_^

Kembali ke Lumpia basah bandung, isinya lebih sederhana dari lumpia semarang, irisan bengkuang, telur, taoge dan tumisan bumbu halus menjadi isiannya, karena isi yang sederhana itulah maka harganyapun murah meriah, pas untuk jajanan anak-anak sekolah, makanya penjual Lumpia basah ini banyak ditemui di sekitar sekolahan.

Sudah beberapa tahun belakangan ini semenjak tinggal di Semarang, kami tidak pernah jajan lumpia basah lagi, rasa kangen akan jajanan kota tercinta kadang membuat saya terinspirasi untuk membuatnya di rumah. Apalagi kakak paling cerewet deh tentang jajanan bandung yang ngangenin itu, beberapa kali dia bilang "Bunda...aku pengen makan lumpia bandung deh"

okehhh...kenapa gak dicoba membuat di rumah toh bahannya juga mudah dan murah meriah hihihi...

Tinggal di luar kota juga? Kangen sama lumpia basah bandung? Yukkk kita bikin sendiri lumpia basahnya ^^

Kemon mlipirrr! :)

.: Lumpia Basah Bandung :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan Lumpia Basah untuk 3 porsi :
6 lembar kulit lumpia siap pakai
150gr taoge
3butir telur
7siung bawang putih, haluskan
1/2sdt merica, haluskan
2bh cabai rawit merah (jika suka pedas tambahkan sesuai selera), haluskan
1sdt garam
1/2sdt penyedap rasa (jika pakai)
1/2sdm gula pasir 
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Manisan Bengkuang :
1bh bengkuang, kupas, cuci bersih, iris korek api
400ml air (jika bengkuang ukurannya besar, tambahkan air jika diperlukan)
80gr gula merah
Rebus semua bahan kurleb 20-25menit dengan api sedang. Saring, sisihkan.

Olesan :
200ml air bekas rebusan manisan bengkuang
2sdm tepung kanji, cairkan dengan 3sdm air
Rebus air manisan bengkuang, tuang cairan tepung kanji, aduk-aduk hingga kental, angkat.

Cara membuat :

Dalam wajan yang berisi minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan telur satu persatu, aduk-aduk hingga bumbu rata (orak-arik) masukkan manisan bengkuang, garam, gula, penyedap rasa (jika pakai) aduk rata. sesaat sebelum diangkat masukkan taoge, tumis sebentar, cicipi rasanya jika kurang garam/gula, tambahkan sesuai selera. Angkat.


Dalam piring saji, letakkan 2 lembar kulit lumpia siap pakai, olesi atasnya dengan bahan olesan, tuang bahan isian, kemudian lipat setiap sisi kulit lumpia hingga isian tertutup, Lumpia Basah Bandung siap dinikmati *yummm!

This is it!!! Lumpia Basah Bandung ^^
Enjoy :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar