.quickedit{ display:none; }

Senin, 01 September 2014

Egg Tart (Pie Susu)

Minggu lalu masih keep 1 toples kecil simple tiramisu untuk hubby supaya dia bisa icip2, komennya enakkk bun ^^ dan setelah menghabiskan tiramisu-nya, hubby tanya masih ada gak bun?? wkwkwkw bakalan addicted dwehh. Bikinin lagi tiramisunya doong bundaaa...siap grak sayangkuw!! ^_^

Nah, karena wiken ini kakak off les tari bali-nya, akhirnya aku putuskan untuk bikin tiramisu sesuai request. Begitu duduk di meja makan kakak tanya, bunda mau bkin apa? aku jawab mau bikin mini fruit pie dan tiramisu kak. Ehh..spontan dia bilang..kenapa gak bikin Pie susu bun? Enak loh, aku pernah dikasih sama temen sekolah. Ummm...jangankan bikin pie susu, nyobain rasa-nya aja kek apa gak pernah bo! tapiiii...karena gak mau ngecewain customer setia-ku *wink-wink*, langsung deh ngintip blognya Mbak Ricke, alhamdulillah nemu resepnya Egg Tart (Pie Susu)

Karena resep crust untuk fruit pie dan egg tart itu sama akhirnya aku buat dua resep crust, yang satu untuk fruit pie dan satunya lagi untuk egg tart. Kebayang borongan bikin kue dalam sehari itu bakalan riweuh sangadd wkwkwkwk...*bener-bener niat gendut* Well, mungkin ini bisa jadi catatan buat yang mau bikin egg tart dengan resep yang sama dari Mbak Ricke, aku rasa untuk fillingnya cukup dibuat setengah resep saja karena setelah aku bikin sisa fillingnya banyak bangetttt, yang terpakai hanya setengahnya saja! dari satu resep ini bisa jadi 40bh egg tart dengan masing2 adonan crust aku timbang 20gr sama besar. Oiya pada saat menuang filling, sebaiknya benar2 diisi penuh karena pada saat sudah set, fillingnya surut, jadi-nya egg tart buatanku hanya terisi filling setengahnya saja hehehehe...terkesan ngirit, padahal tadinya gara2 takut pas dipanggang fillingnya bakalan meleber kemana2 hihihihi...

Katanya kakak, kok susunya gak kerasa sih bun? isinya cuman sedikit *yah itu gara2 filingnyah surut kakakk* tapi enak kokk pie susu-nya bun ^_^ ( padahal yeee...pakai skm-nya sekaleng lohh, well.. noted darling next tym isinya susu semua dwehhh xoxoxoxo...)

Egg Tart (Pie Susu)
source: Mbak Ricke by : yurike sasaki


Bahan Crust :
300gr margarin/butter
2sdm gula halus (munjung)
3butirkuning telur
500gr Terigu protein sedang/all purpose fluor

Bahan Filling :
300ml susu kental manis
400ml air matang
8butir kuning telur, kocok lepas
30gr tepung custard
1-2sdm essence vanilla

Olesan :
Ovex ditambah sedikit air

Cara membuat Crust :

Campur semua bahan crust jadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan tercampur rata dan mudah dipulung. timbang masing2 adonan sama besar kurleb 20gr (tergantung besarnya cetakan pie). Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles dengan margarin, tusuk2 bagian bawahnya menggunakan garpu, olesi permukaan atas crust dengan bahan olesan (ovex), sisihkan.

Cara Membuat filling :
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan tepung custard dan essence vanilla, aduk rata. Saring.

Penyelesaian :
Panaskan oven, Panggang adonan crust kurleb 10-15menit, angkat. Tuang filling ke dalam crust sampai penuh. Panggang kembali kurleb 10-15menit hingga filling set dan menguning.

memanggang egg tart
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. dinginkan. Simpan dilemari es agar lebih nikmat.

Egg Tart
This is it!! Egg Tart ^^

Enjoy :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar