.quickedit{ display:none; }

Minggu, 08 September 2013

Tumis Daun & Bunga Pepaya

Minal Aidin Walfaidzin gals! baru posting resep lagi nihh setelah lebaran. Karena saya dan keluarga lebaran di Karimunjawa jadinya nggak bikin masakan wajib lebaran, dan baru kali ini lebaran gak pake riweuh hehehehe *ternyata merasa kehilangan riweuhnya itu loh* wkwkwkwk..

Nah hari ini saya mau share resep tumis daun pepaya. Makan tumisan ini dengan ikan asin, sambel dan nasi panas itu rasanya sesuatu banget pemirsahhh ^^...pokoknya pedo pisanlah! Buat yang masih pening gara-gara masakan bersantan abis lebaran, masak tumis daun pepaya aja dijamin makannya nambah teyuss ;)

.: Tumis Daun Pepaya :.
By: yurike sasaki


Bahan-bahan :
10 lembar daun pepaya muda, cuci bersih, tiriskan
150 gr bunga pepaya
50 gr teri medan/teri nasi, cuci bersih, goreng kering, tiriskan
1 papan petai, kupas, iris tipis (optional)
4 bh bawang merah, iris serong
2 siung bawang putih, iris serong
5 bh cabe rawit merah, iris serong (kalau suka pedas bisa ditambah, sesuaikan dengan selera) 
1/2 sdt garam
1/2 sdt penyedap rasa (optional)
1sdt gula putih
minyak secukupnya untuk menumis
daun jambu biji secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus air bersama dengan daun jambu biji tambahkan 1sdm garam,  jika sudah mendidih masukkan daun pepaya muda, aduk-aduk hingga daun pepaya terendam semua biarkan beberapa menit kemudian masukkan bunga pepaya, rebus hingga daun pepaya empuk (jangan sampai terlalu lama merebus). setelah selesai merebus, angkat daun dan bunga pepaya, cuci dengan air mengalir, pisahkan daun dari bunga pepaya,  iris2 daun pepaya, sisihkan. (daun jambunya dibuang, tidak ikut ditumis)
2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan daun pepaya dan bunga pepaya, tambahkan garam, gula dan penyedap rasa (jika pakai), aduk-aduk sampai rata, tumis dengan api kecil, cicipi jika masih kurang bumbu bisa ditambah sesuai selera, masukkan teri medan/teri nasi yang sudah di goreng kering dan sesaat sebelum diangkat tambahkan irisan cabe rawit merah, aduk rata sebentar saja, angkat.
3. Tumis daun pepaya siap disajikan.

Catatan: Tumis daun pepaya rasanya sangat pahit, untuk meminimalisir rasa pahitnya biasanya saya menggunakan daun jambu dan garam sewaktu merebusnya agar rasa pahitnya berkurang, bagi yang suka rasa pahit daun pepaya tentu hal tersebut tidak jadi masalah. Menurut pengalaman saya yg benar-benar bisa menghilangkan rasa pahit daun pepaya itu adalah dengan menggunakan lumpur yang berwarna abu-abu ( menurut orang yg memberi saya lumpur khusus untuk merebus daun pepaya, itu adalah lumpur tempat hidup kepiting). Dan memang benar daun pepayanya sama sekali tidak terasa pahitnya ^__^

Selamat mencoba :)



2 komentar:

  1. daun jambu bijinya juga ikut di makan gak bun?? resepnya menarik dan mudah, kayaknya bisa di coba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun jambu bijinya jgn ikut ditumis yahh, itu cm utk membantu sedikit menghilangkan rasa pahit daun dan bunga pepayanya saja...resep ini sangat mudah sekali dibuat, selamat mencoba ya ^__^

      Hapus