.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 14 September 2013

Lemper Bakar

Next recipe!!! Lemper Bakar ^^....Bahan utamanya Lemper ini adalah beras ketan gals, jadi pastikan sebelum membuat lemper, beras ketan yang dibeli kualitasnya baik yakkk. Dulu biasanya orang bikin lemper itu gak pake dibakar jadi si Lemper ini setelah jadi, dicetak lalu dibungkus pakai daun pisang yang fresh lalu siap disantap, tapi sekarang seiring berjalannya waktu lemper ini dimodifikasi gals, yaitu dengan cara di bakar, bukan bener-bener dibakar sih tapi digarang menggunakan wajan sampai daunnya berubah warna, selain penampakannya lebih cantik, rasa Lemper yang sudah dibakar ini wangi daun pisangnya berasa banget loh!

Kalau mau bikin lemper sebaiknya membuat dalam jumlah banyak sekalian yaaa karenaaaa proses pembuatannya itu lohh yang nggak sebentar. Jadi mau bikin lemper dalam jumlah sedikit atau banyak waktu yang diperlukan sama, makanya dari itu kalau mau bikin sekalian banyak aja yakk biar worth it dengan tenaga yang udah dikeluarkan hehehe ^_^

.: Lemper Bakar :.
by: yurike sasaki


 
Bahan-bahan Lemper :
500gr beras ketan, cuci bersih, rendam dengan 2lembar daun pandan yg dibuat simpul kurleb 2 jam, tiriskan.
400ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 sdt garam
daun pisang untuk membungkus
minyak goreng secukupnya untuk menggarang

Bahan Isian :
250gr dada ayam fillet/daging ayam tanpa tulang dan kulit, rebus, potong kotak2, haluskan
300ml santan kental
1 batang sereh, memarkan
3lbr daun jeruk
2cm lengkuas,memarkan
150gr gula pasir
1sdt garam
1/2sdt penyedap rasa ayam

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2sdt merica biji
2 butir kemiri
1cm jahe
1/2cm kencur

Cara membuat :

1. Kukus beras ketan kurleb 20 menit, angkat beras ketan yang sudah setengah matang kemudian masukkan ke dalam wadah, tambahkan garam kemudian tuang sedikit demi sedikit santan kental sambil diaduk rata. tambah air ke dalam dandang untuk mengukus ketan kembali, masukkan ketan setengah matang, kukus kembali kurleb 30 menit atau sampai matang. angkat lalu dinginkan.(gunakan tampah untuk mendinginkan ketan)
2. Masukan dalam wajan : Ayam yang sudah dihaluskan, bumbu halus, sereh, daun jeruk, lengkuas, gula pasir, garam, penyedap rasa dan santan kental, tumis sambil diaduk rata (dicoba rasanya kalau masih kurang garam atau gula bisa ditambah sesuai selera) masak sampai santan habis dan ayam kering.
3. Cetak ketan dengan mengambil 1 sdm ketan, kepalkan kemudian pipihkan masukkan bahan isian/daging ayam, kepalkan lagi, bungkus dengan daun pisang sesuai selera, semat dengan lidi atau bisa juga di staples lakukan terus sampai ketan habis.
 
Daging ayam yang sudah diolah utk isi lemper
Salah satu contoh bungkusan lemper
4. Panaskan wajan oles dengan minyak sayur sedikit saja supaya wajan licin kemudian masukkan lemper, garang sampai daun berubah warna, angkat.
5. Lemper bakar siap dinikmati.

Selamat mencoba :)

* Sama dengan beras biasa, beras ketan juga ada yang berani air dan ada juga yang gak berani air, untuk itu hati2 ya gals karena kalau beras ketan tidak berani air maka takaran santan dalam resep ini bisa saja terlalu kebanyakan sehingga menyebabkan ketan yang dihasilkan menjadi lembek. Untuk menentukan banyaknya santan, pada saat mengaroni beras ketan sebaiknya dilihat saja jika santan sudah rata diaduk pada ketan sementara sisa santan masih banyak sebaiknya sisa santan jangan dimasukkan yaakkk :)
* Gunakan daun pisang dari pisang kepok atau daun pisang khusus untuk membungkus ya gals supaya lemper mudah dibungkus.





1 komentar: