.quickedit{ display:none; }

Sabtu, 07 Mei 2016

Ikan Dori Crispy Sambal Dabu-Dabu

Punya stok Ikan Dori itu awalnya ingin membuat Fish n Chipsnya ala-ala Fish n Co. Tapi moodnya belum dapet malah keduluan bikin Ikan Dori Sambal dabu-dabu. Jadi seperti biasa ceritanya beberapa waktu lalu pas lagi hangout dengan besties di salah satu cafe di semarang kami memesan makanan. saya sendiri sebenarnya memesan Hot Dog dengan sausage ukuran jumbo dengan tambahan saus dan nori diatasnya, kemudian Mbak Nita dan Mbak Mei memesan apa yah lupaaa hahaha karena saya tidak icip-icip punya mereka, nah kalau Mbak Sur order ikan dori sambal dabu-dabu lengkap dengan nasinya...Nah ketika cobain makanannya Mbak Sur, saya cukup amazed ternyata Ikan dori dibumbuin sambal dabu-dabu bisa enakkkk lohhh! ^__^ 

Daging ikan dori yang tebal, putih, tidak amis dan lembut memang enak dimakan bersama nasi ataupun dibuat snack! Ketika awalnya saya ingin membuat fish n chips, lalu browsing tentang Ikan Dori dan tertarik membaca mengenai ikan dori di thread K*sk*s yang membahas kalau Ikan dori itu sama dengan Ikan Patin, itu bener-bener BIG NO! hoax! heran deh kok bisa-bisanya nyama-nyamain ikan patin dengan ikan dori yang jelas-jelas tekstur dan warna dagingnya lain banget! kenapa saya kesel?! karena setelah saya membaca thread yang meyakinkan itu, kemudian besoknya saya ke pasar dekat rumah untuk membeli ikan patin sebagai gantinya ikan dori (pada saat itu mau dibuat fish n chips) dengan semangatnya saya membeli 1kg ikan patin dengan harga 22 ribu rupiah  kemudian saya minta ikannya untuk di fillet ke penjualnya, begitu ikannya di belah....jrengggg! ternyata dagingnya berwarna kuning....kecewa to the max! >,<

Nyampe rumah meskipun niat untuk membuat fish n chipsnya sudah melorot semelorot2nya mau nggak mau saya kuliti sisa kulit yang masih menempel yang lumayan menguras tenaga dan waktu, saya masukkin ikan patin filletnya ke dalam plastik kemudian saya lempar ke dalam freezer saking keselnya! *napsuan* wkwkwkwk...Ehhh besoknya, ketika saya ke Nandisari nemu Ikan Dori lokal yang sudah di fillet bersih banget dengan ukuran yang besarrrrrrr dan harganya cuma 27ribu rupiah saja! Terus terang saya ngerasa ngenes banget deh! -_____-

Revisi tulisan diatas: Hihihi...agak malu juga sih udah ngomel-ngomel tentang thread ikan dori yang sebelumnya saya bilang Big No dan hoax! ternyata ada benernya juga, penampakan dan ukuran Ikan patin fillet ternyata memang mirip banget dengan Ikan dori fillet setelah kemarin saya baru melihatnya di toko langganan saya. Ini sih antara ikan patin yang saya beli si pasar sudah tidak fresh atau memang ikan sudah dalam kondisi gak bagus sehingga warna bagian dalam ikan berwarna kuning...entah deh, yang pasti saya nggak akan beli lagi ikan jenis ini di pasar! 

Perbedaan Ikan Dori lokal dan Ikan Patin yang dibeli di pasar (kiri : Ikan Dori Lokal, kanan : Ikan Patin)
Udahan keselnya, balik lagi ke resep Ikan Dori sambal dabu-dabu ^___^ karena ikan dori bekunya sudah lumayan lama berada di dalam freezer dan saya juga penasaran untuk trial masakan ini maka hari ini saya coba mengeksekusi ikan dorinya. Rasanya enak dan saya puas dengan hasilnya. Meskipun step by stepnya ter-skip karena tangan belepotan dengan tepung dan bread crumbs jadi gak mungkin pegang kamera, tapi jangan khawatir resep ini sangat mudah untuk dieksekusi. Buat yang ingin mencoba-coba resep ikan Dori, saya rasa resep ini patut untuk dicoba ^^

Mari mlipirr :)

.: Ikan Dori Crispy Sambal Dabu-Dabu :.
by : yurike sasaki



Bahan-bahan :
1lembar ikan dori fillet, cuci bersih, potong-potong memanjang/sesuai selera
4sdm tepung terigu
Bread crumbs, secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup:
1butir telur
1/4sdt garlic powder
1/4sdt garam
1/4sdt penyedap rasa (optional)
Cara : Dalam mangkuk kocok lepas telur, beri garlic powder, garam dan penyedap rasa (jika pakai) kocok telur hingga bumbu larut.

Bahan Sambal Dabu-dabu :
2bh bawang merah, potong kotak-kotak kecil
2siung bawang putih, potong kotak-kotak kecil
2bh cabai merah besar, iris bulat
5bh cabai rawit merah, iris serong
5bh cabai rawit hijau, iris serong
1/2bh tomat merah, buang biji, potong kotak-kotak kecil
1/2sdt garam
1/4sdt penyedap rasa (jika pakai)
1sdm minyak goreng

Cara membuat :
Celupkan potongan ikan dori ke dalam mangkuk berisi telur kocok, angkat, masukkan ke dalam mangkuk berisi tepung terigu, balurkan tepung ke seluruh potongan ikan lalu guling-gulingkan potongan ikan ke dalam mangkuk berisi bread crumbs. lakukan terus sampai potongan ikan dori habis.
Panaskan minyak, goreng ikan dori dengan api sedang hingga kulit luarnya berwarna kuning kecoklatan, angkat. tiriskan.


Sambal Dabu-Dabu : Panaskan wajan, tuang minyak goreng, masukkan irisan bumbu sambal dabu-dabu, beri garam dan penyedap rasa (jika pakai) aduk rata, tumis sebentar saja, angkat.
Tata ikan dori crispy diatas piring saji, tuang sambal dabu-dabu di atasnya. 
Ikan Dori Crispy sambal dabu-dabu siap disajikan untuk kerluarga tercinta, lebih nikmat disajikan selagi panas ^___^



 

This is it!!! Ikan Dori Crispy Sambal Dabu-Dabu ^^

Enjoy!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar