.quickedit{ display:none; }

Minggu, 03 Januari 2016

Durian Mousse Cake

Selamat Tahun Baru 2016 teman-temin...Tahun baru, resolusi baru! Fighting! ^____^

Resep Durian Mousse Cake ini sudah jadi PR saya sejak tahun lalu, kenapa belum dieksekusi ? karena belum musimnya buah durian jadi saya skip. Nah Kebetulan akhir bulan desember kemarin sudah masuk musimnya buah durian. Karena yang juwalan belum terlalu banyak, harganya akan jauh lebih mahal dari biasanya. Setelah berkebun pagi ini, saya dan hubby mencari buah durian, tujuan awalnya sih lagi pengen makan Buah duriannya, bukan untuk dijadikan pancake durian atau es durian atau eksekusi Durian Mousse Cake ini, karena menurut saya durian yang rasanya mantap paling enak dimakan begitu saja (tanpa kulitnya loh ya!*iyakaliiiii*) maksud saya, tanpa dibuat cake atau apapun itu.

Etapi... apa jadinya jika durian yang kita beli isinya tidak memuaskan?! jadinya saya sebel sama yang jualnya! gimana gak sebel udah harganya mahal, rasanya nggak oke lagi, padahal saya sebenarnya jago soal icip-icip buah durian *wink-wink* hanya saja begitu saya bilang sama yang jual bahwa duriannya nggak enak, dia memaksa duriannya untuk tetap dibeli. Jadi dari 4buah durian yang saya beli, hanya 2 buah yang bagus, sisanya...wassalam deh! Akhirnya hubby bilang, lain kali kita beli durian medan yang sudah di packing aja bun, udah jelas rasanya! baiklahhh suamiiii -____-

Kecewa dengan rasanya, akhirnya buah durian yang rasanya kurang enak itu saya masukkan ke dalam wadah kedap udara untuk saya simpan di dalam freezer. Lalu tetiba ingat resep Durian Mousse Cake ini, yang merupakan salah satu resep dalam waiting list yang akan dieksekusi pada saat musim durian tiba. Meskipun pada awalnya takut gagal karena durian yang saya gunakan bukan durian yang rasanya enak tapi daripada duriannya dibuang, sebaiknya digunakan untuk trial resep ini saja ^^

Dalam mengeksekusi resep ini saya masih ragu dengan seberapa banyak gelatin yang digunakan. Di resep aslinya, Grace menggunakan gelatin leaves sementara saya menggunakan versi bubuk. Dalam menjawab komentar-komentar yang masuk mengenai berapa banyak penggunaan gelatin lembaran jika diganti dengan yang bubuk? Grace tidak bisa memastikan berapa banyak takarannya karena dia belum pernah mencobanya. Jika saya terus kebingungan akan hal itu, bisa jadi resep ini tidak akan pernah tereksekusi, akhirnya saya menggunakan takaran gelatin yang saya kira-kira saja, sama kasusnya ketika saya menggunakan gelatin bubuk untuk membuat Panna Cotta beberapa waktu yang lalu. Tapi meskipun menggunakan takaran kira-kira, ternyata Resepnya berhasil dieksekusi...Yeayyy! \^__^/

Supaya durian mousse cake-nya terlihat cantik, Grace menggunakan Chef Rings untuk mencetaknya. Kebetulan sebelum mengeksekusi mousse cake ini saya ke TBK langganan, sekalian mencari yang namanya Chef Rings, sayangnya selain harganya cukup mahal, ukuran dari Chef Rings-nya tidak sesuai seperti yang diharapkan, jadinya saya menggunakan cup-cup plastik saja. Kemudian supaya durian mousse cake-nya lebih set, adonan Duriannya setelah dituang ke dalam cup-cup/cetakan, saya masukkan ke dalam freezer dan dibiarkan semalaman, hasilnya? Enakkk dong! ^___^

Buat teman-temin yang gagal membeli buah durian atau sudah blenger dengan stok buah durian yang ada di kulkas, jangan dibuang ya...dikirim aja mendingan kesini hahahahah! nggak denggg...(tapi gak nolak juga kalo beneran...hahahah!) buah duriannya bisa dibuat pancake durian atau Durian Mousse Cake yang enak!

mari mlipirrr :)

.: Durian Mousse Cake :.
source : Kitchen Corner modified by: yurike sasaki


Bahan Crust :
137gr biskuit oreo (tanpa krim), haluskan
30gr mentega, lelehkan

Dalam mangkuk yang berisi biskuit yang telah dihaluskan, tuang mentega, aduk rata.
Tuang kurleb 1sdm adonan crust kedalam cup-cup/cetakan, tekan-tekan hingga padat di dasar cup/cetakan, lakukan terus hingga habis, masukkan kedalam kulkas. biarkan set.


Bahan Durian Mousse :
200gr daging durian, haluskan dengan garpu/blender (saya lebih suka tekstur daging duriannya masih berserat jadi saya gunakan garpu)
3sdt gelatin bubuk, tim dengan 3sdm air
250ml whipping cream
1sdm perasan air lemon
2 kuning telur
50ml susu cair
40gr gula pasir

Cara membuat :
Dalam panci hangatkan susu cair dan gula hingga larut, aduk terus supaya susu tidak pecah, masukkan gelatin yang telah di tim, aduk rata (jangan sampai mendidih), Angkat. Dalam mangkuk/wadah besar masukkan kuning telur, kocok, tuang susu hangat, aduk rata. Masukkan air perasan lemon, dan daging durian. aduk hingga benar-benar rata. sisihkan.


kocok whipping cream hingga stiff peak atau hingga mengembang & kaku, tuang sedikit demi sedikit whipp cream ke dalam adonan durian sambil diaduk hingga benar-benar rata. Keluarkan cup-cup berisi adonan crust dari kulkas, tuang adonan durian kedalam cup-cup/cetakan. Hentakkan cup/cetakan yang berisi adonan hingga permukaannya terlihat sama rata. Masukkan cup/cetakan ke dalam freezer, biarkan semalaman.


Keluarkan Durian Mousse Cake dari cup/cetakan atau bisa disantap langsung didalam cup. Durian Mousse Cake siap disajikan untuk keluarga tercinta ^___^




This is it!!! Durian Mousse Cake ^^

Enjoy!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar