.quickedit{ display:none; }

Minggu, 13 Desember 2015

Bika Ambon Mini...Bersarang, Kenyal, Enakkkk, Mantap!!!

Bikin sendiri, makan sendiri, muji sendiri wkwkwkwkw!!.... Bika Ambon yang sudah beberapa kali saya eksekusi ini memang benar-benar mirip banget sama bika ambon yang biasanya kami beli untuk jadi buah tangan kalau hubby pas ada tugas ke medan...serius! beneraaaaannn rasanya miriiippp! ^___^

Beberapa waktu lalu sebelum saya membuat bika ambon ini, hubby ditugasin ke medan, udah pasti dong saya sibuk minta dibawain oleh-oleh...Yahh, nanti kalau pulang bawain bika ambon, bolu meranti, sama jambu donggg...(sebenernya udah tau sih dia bakalan jawab apa)...r i b e t, b u n!...... sudah kuduga! -____-....kenapa ya pria itu gak sama kek perempuan...yang kalau giliran belanja dan bawa oleh-oleh pasti semanget banget meskipun harus ribet bawa gembolan, pasti dijabanin! ^_^ singkat cerita pulang dari medan hubby cuma bawa oleh-oleh bolu meranti dan saya pun harus bersyukur...Alhamdulillah dia sampai ke semarang dengan selamat dan dia mau nenteng dua dus bolu meranti :D

Nahhhh....karena ke-baper-an saya gegara gak dibawain bika ambon dari medan itulah, akhirnya semangat saya membuat bika ambon ini menggebu-gebu (lebay mode on!) resep ini juga sebenarnya sudah cukup lama saya bookmark, gegara baper aja jadi harus segera eksekusi! behahahah...

Sama dengan resep-resep lainnya, biasanya saya akan mengeksekusi setengah resep dari resep yang dicantumkan, ini sebenernya untuk mengantisipasi kalau-kalau kue yang saya buat gagal total jadi sakitnya tuh kan nggak akan sampai ke hati ^________^

Saya sudah trial membuat adonan bika ambon dengan menggunakan santan kental dari kelapa parut dan mencampurkan air kelapa untuk bahan biangnya. Kemudian trial berikutnya saya juga sudah mencoba menggunakan santan instan dan untuk campuran bahan biangnya saya  hanya menggunakan air putih, hasilnya? keduanya sama-sama enak, tapi jika ditanya lebih mantap mana? saya akan menjawab bahan yang menggunakan santan kental-lah yang rasanya lebih istimewa ^^

Kemudian untuk proses memanggang saya lebih suka memanggang langsung di atas kompor menggunakan cetakan alumunium yang tipis, dibawahya dialasi loyang yang sudah tidak terpakai agar tidak cepat gosong. Menurut pengalaman saya, memanggang mengunakan oven membutuhkan waktu yang lebih lama daripada memanggang langsung diatas kompor.

Kalau belum pernah sukses bikin bika ambon, dicoba resep ini deh, yakin bakalan ketagihan :)

Mari mlipirr!!

.: Bika Ambon Mini :.
source : dapur griya khayangan modified by: yurike sasaki


Bahan Adonan:
200ml santan kental
2lbr daun pandan
3lbr daun jeruk
1batang serai, geprek
1/4sdt garam
110gr gula pasir
100gr tepung sagu
5butir telur
1butir putih telur

Bahan biang:
1/2sdm tepung terigu
1/2sdm gula pasir
1/2sdm ragi instan
50ml air kelapa

Bahan olesan untuk loyang :
3sdm minyak goreng

Cara membuat :
Dalam panci kecil, rebus santan, daun pandan, daun jeruk, serai dan garam, aduk terus hingga mendidih, angkat. Saring air santan kurleb 150ml. (saya masukkan ke dalam kulkas agar cepat dingin)
Sambil menunggu air santan dingin, buat bahan biang, dalam mangkuk kecil masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, aduk rata. tuang sedikit demi sedikit air kelapa sambil diaduk dengan sendok supaya bahan biang tidak bergerindil, jika bahan sudah larut dan tercampur rata, diamkan kurleb 15menit (hingga berbusa)
Dalam wadah yang lain, masukkan tepung sagu dan gula pasir, aduk rata. tuang sedikit demi sedikit bahan biang dengan telapak tangan hingga tercampur rata. Tambahkan kuning dan putih telur satu persatu sambil terus diaduk dengan tangan hingga telur habis
Masukkan air santan yang sudah dingin ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan tangan hingga santan habis. 
Supaya bika ambon bersarang/berserat sempurna, tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan kurleb 15-20menit (seperti membuat martabak)
Tutup wadah adonan dengan plastik wrap atau lap bersih selama kurleb 4jam


Panaskan loyang yang diatasnya sudah diberi cetakan alumunium dengan api besar, oles cetakkan alumunium dengan minyak kelapa agar tidak lengket, sebelum menuang adonan, pastikan loyang dalam kondisi benar-benar panas kemudian tuang adonan setinggi 3/4 cetakan (jangan sampai penuh karena adonan akan naik/mengembang ketika dipanggang), kecilkan api. Jika pinggiran bika ambon sudah berwarna kecoklatan, dan permukaan atas bika ambon sudah tidak ada gelembung-gelembung lagi, segera angkat.



Panaskan teflon, panggang bagian atas bika ambon sebentar saja agar permukaan atas berwarna kecoklatan. Angkat.

Bika Ambon siap disajikan untuk keluarga tercinta, lebih nikmat disajikan selagi hangat :)





This is it!!! Bika Ambon Mini ^^

Enjoy!




7 komentar:

  1. Kepo resep lagi mbaakk.. haha.. ini aslinya pengen makan apa siih xD
    Oh iya mbak, di jepang ga ada tepung sagu *sigh, kira2 bs diganti apa y biar tetep cantik dan kenyal? Fotonya cakeep bangeet.. keliatan dr fotonya, sarangnya mantaap dan kelihatan enaak.
    Once again, thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resep bika ambon ini terus terang saya belum pernah bereksperimen dengan mengganti tepungnya mbak. karena menurut saya penggunaan tepung sagu sudah sangat perfect! ^___^

      Tapi jika tepung sagu tidak ditemukan di tempat Mbak melisa tinggal, mungkin bisa saya sarankan tepung kanji/tapioka sebagai substitute tepung sagu. Semoga sukses ya Mbak eksekusi resepnya :)

      Hapus
  2. Salam kenal mbak, saya Anne di sby mau tanya nih, tepung sagu sama tepung sagu tani apakah sama ya mbak ?
    Apa bisa tepung sagu tani di pake untuk buat bika ambon ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mbak Anne salam kenal juga yaaa...Apakah maksudnya Tepung sagu dengan Tepung tapioka cap pak tani gunung Mbak? kalau iya, jawabannya beda ya Mbak. Tepung sagu di kemasan tdk akan tertera tulisan "tapioka" krn meskipun hampir sama tapi kedua tepung tersebut berbeda. Saya biasanya menggunakan tepung sagu merk Merapi, selain merk merapi Tepung Sagu ada juga yg merk Alini.

      Dan ya, tepung sagu bisa digunakan untuk membuat bika ambon, karena saya menggunakan tepung sagu untuk membuat bika ambon ini. Kalau ditanya, apakah bika ambon bisa pakai tepung tapioka? saya belum pernah mencoba menggunakan tepung tapioka ya, tapi jika memang tidak ada tepung sagu mungkin bisa bereksperimen dengan menggunakan tepung tapioka Mbak ^__^

      Hapus
  3. Salam kenal mbak, maaf mau tanya apakah tepung sagu sama tepung sagu tani itu sama ya mbak ?
    Apakah tepung sagu tani bisa untuk membuat bika ambon ini ?

    BalasHapus
  4. Salam kenal mbak....ma'af mau tanya....utk adonan Bika ambon kalau gk slh teksturnya kan encer, kenapa nguleni nya pakai tangan terus ditepuk2? Apakah adonannya tdk jatuh kemana2. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal juga yaaa, iya betul mbak adonan bika ambon teksturnya sangat encer sekali. menurut yang punya resep dengan menepuk-nepuk adonan bisa membuat serat bika ambonnya lebih bagus/lebih berserat dan teksturnya lebih kenyal. Nah untuk teknik menepuk2nya juga gk perlu yang heboh2 banget biar gak tumpah2 hehehehe...tepuk2 dibagian atasnya saja jangan sampai ke dasar wadah. lumayan pegal juga sih tapi saya coba ikuti juga tips dari yg punya resep *saking takut gagal*wkwkwkwk... Hanya beberapa saat ini berseliwern di IG bika ambon mini yang tidak pakai teknik tepuk2 (kalau tidak salah pada pake mixer deh) tapi hasilnya ternyata seratnya bisa bagus dan cantik juga, nah saya sendiri belum pernah coba membuat bika ambon ini menggunakan mixer. Mungkin Mbaknya bisa coba membuat bika ambon dgn menggunakan mixer, kalau sudah coba berkabar yaaa :)

      Hapus