.quickedit{ display:none; }

Senin, 07 Desember 2015

Ayam Woku Belanga Khas Manado

Kakak suka sekali dengan masakan ayam berkuah kuning, beberapa waktu yang lalu entah karena bosan dengan menu makan siang yang saya siapkan (baca : chicken nugget) pulang dari sekolah, di dalam box makan siangnya ada plastik yang didalamnya masih berisi sisa kuah berwarna kuning! Kemudian saya tanya, ini bungkus bekas apa kak? Bekas ayam rica-rica bun! berteriak dari dalam kamarnya...oh oke! Enak ya kak? enak bun, pedasss! itu saja komentarnya ^___^

Satu minggu ini kepala saya memang sedang pusing tujuh keliling sampai-sampai bikin sarapan juga alakadarnya untung hubby bukan orang yang picky untuk urusan makan (baca: suami pengertian...hihihi) dia hanya bilang, disiapin mie rebus pakai telur juga gak apa-apa kok bun...sementara kakak, jika sakit kepala saya sedang kambuh dengan terpaksa menerima box makan siang yang berisi nasi dengan chicken nugget atau chicken wings lengkap bersama saus sambal dan tomat, itu saja dia masih manyun >,<

Gegara bungkusan berkuah kuning yang dibawanya dari sekolah saya jadi penasaran seperti apa sih rasanya ayam rica-rica masakan khas dari manado itu, karena saya belum pernah sama sekali mencobanya. Tapi yang saya tau dari menu-menu di restoran kebanyakan gambar ayam rica-rica itu berbumbu merah bukan kuning. Karena penasaran saya buka buku kitab masakan nusantara dan mencari resep Ayam Rica-Rica, dan benar tidak terdapat kunyit pada bumbu yang dihaluskan dalam resepnya. Saya baca resep masakan khas manado lainnya...ternyata masakan ayam berkuah kuning itu namanya Ayam Woku Belanga.

Kadang selain membaca resep dari buku, saya juga tetap browsing dari internet tentang resep yang akan saya eksekusi supaya hasilnya tidak mengecewakan ^^ Resep Ayam Woku Belanga ini sudah saya modifikasi dengan penambahan bahan-bahan yang tidak tercantum di resep untuk menyesuaikan dengan selera keluarga kami. Awalnya saya tidak menggunakan santan untuk resep ini, tapi ternyata setelah saya rasa-rasa lebih enak menggunakan santan, entah kenapa sebelum menggunakan santan meskipun bumbu saya haluskan dengan cara diulek (bukan menggunakan blender) tetapi rasa kunyitnya kok berasa kurang matang padahal bumbu halus sudah saya tumis hingga harum, nah untuk menyiasati rasa itu akhirnya saya menambahkan santan di dalamnya.

Penambahan santan di resep ini menurut saya merupakan hal yang benar saya lakukan. setelah ditambah santan, rasa ayam woku-nya menurut saya menjadi lebih enak. Baiklah jika ingin mencoba resep ayam berbumbu kuning yang pedas, bisa dicoba resep Ayam Woku Belanga khas Manado ini yaa :)

Mari mlipirrr!!

.: Ayam Woku Belanga Khas Manado :.
source : Buku Kitab Masakan Nusantara modified by : yurike sasaki



Bahan-bahan :

1kg ayam broiler, potong jadi 12 bagian, cuci bersih, lumuri dengan garam dan jeruk nipis, biarkan kurleb 15menit, cuci bersih kembali
2genggam daun kemangi, ambil daunnya, cincang halus
2batang bawang daun, iris-iris kurleb 3cm
1buah tomat, iris jadi 8bagian
2sdt garam
1sdm gula pasir
65ml santan instan
2lembar daun pandan, cuci bersih, ikat simpul
1batang serai, geprek
4lbr daun jeruk
300ml air
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus :
10butir bawang merah
2ruas kunyit
2ruas jahe
3butir kemiri, sangrai
8bh cabai rawit merah, jika suka pedas bisa ditambah/dikurangi sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga harum dan matang, masukkan potongan ayam dan daun pandan, aduk rata, masak hingga ayam berubah warna. Tuang air, garam dan gula pasir, ungkep hingga air sedikit menyusut, tuang santan, masak hingga ayam matang (jika ayam masih belum empuk tambahkan air lagi dan masak hingga air menyusut) Cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Sesaat sebelum api dimatikan masukkan irisan tomat, daun kemangi dan bawang daun, aduk rata. angkat.


Ayam woku belanga dengan nasi panas siap disajikan untuk keluarga tercinta ^_^



This is it!!! Ayam Woku Belanga Khas Manado ^^

Enjoy!

4 komentar:

  1. Kalau ayamnya diganti ayam filet bisa g y?kira2 berat brp kilo ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayamnya bisa diganti dgn 500-600gr ayam fillet ya mbak atau sekitar 4-5bh dada ayam yg telah d fillet.

      Hapus
    2. Wah makasi infonya. Saya akan coba resepnya :)

      Hapus
    3. Sama-sama Mbak Laksmi, selamat mencoba resepnya ya semoga suka :)

      Hapus