.quickedit{ display:none; }

Kamis, 05 Maret 2015

Otak-Otak Bakar Ikan Tenggiri

Masih penasaran membuat otak-otak bakar ini hihihi...Dulu sudah pernah eksekusi tetapi dengan resep yang berbeda, meskipun rasanya enak tapi yang saya ingat otak-otak yang terdahulu kok kurang crunchy ya atau apa ya sebutan pasnya, bukan crunchy juga sih cuma saya susah menjelaskan dengan kata-kata wkwkwk yang biasa saya makan di jekarda soalnya selain kenyal juga teksturnya agak crunchy gitu ^_^
 
Ada berbagai versi resep Otak-otak ikan tenggiri yang saya baca, ingin rasanya mencoba semua resep untuk mendapatkan tekstur otak-otak yang saya inginkan, tapi kali ini saya coba resep yang saya adopsi dari resep Otak-otaknya Teh Ricke yang menggunakan campuran tepung sagu dan tepung hunkwe. Bedanya dengan resep terdahulu saya menggunakan bahan tepung kanji dengan satu butir telur utuh sebagai campurannya. Tapi di resep ini yang digunakan 2 butir putih telurnya saja, itu kenapa saya penasaran mencobanya, saya pikir sewaktu membaca resepnya dengan putih telur yang agak banyak sepertinya bisa membuat otak-otak bakar menjadi lebih crunchy :D

Ikan tenggiri yang ukuran jumbo lumayan mahal harganya, maka untuk menyiasatinya saya membeli ikan tenggiri berukuran kecil di pasar langganan saya, kemudian saya fillet di rumah. Agak khawatir dengan blender yang saya punya satu-satunya pakai untuk menghaluskan ikan tenggiri menjadi pasta ikan karena mesinnya kadang berhenti-berhenti, ini tentunya dikarenakan pada saat ikan diblender tidak ditambah air tetapi hanya sedikit santan kental dan membuat kerja blender menjadi lebih berat. Meskipun dengan berat hati akhirnya mau tak mau saya harus terus melanjutkan memblendernya sampai benar-benar lembut.

Inini ya yang selalu menjadi penyakit saya setiap kali membuat adonan dari tepung, yaitu gemar sekali menambahkan garam karena merasa belum cukup berasa asin, alhasil kegemaran saya itu berujung pada penyesalan karena menambah berulang-ulang garam tentunya menyebabkan adonan yang saya buat keasinan :D dan itupun terjadi di resep ini, karena merasa kurang asin tangan saya gatal untuk menambah sedikit garam lagi padahal cuma sedikit loh jadinya............ berhati-hatilah dalam menambahkan garam gals, lain kali untuk mencoba rasanya sudah pas atau belum saya akan mengambil secuil adonan untuk direbus atau di goreng untuk mengetahui apakah rasanya sudah pas atau belum tampaknya cara itu akan sangat membantu ^^

Baiklah, mari kita eksekusi resepnya!

Kemon mlipir cyn :)

.: Otak-Otak Bakar Ikan Tenggiri :.
source : JMOK modified by : yurike sasaki 


Bahan-bahan :
300gr Ikan tenggiri
2butir putih telur
1sdt garam
1sdm gula pasir
1/2sdt merica bubuk
150ml santan kental (saya pakai santan instan ditambah sedikit air)
4sdm tepung sagu
2sdm tepung hunkwe
2batang daun bawang, iris halus
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu halus :
3butir bawang merah
2siung bawang putih

Saus Kacang :
100gr kacang tanah, goreng, haluskan
5sdm selai kacang (optional)
2siung bawang putih, haluskan
2bh cabai merah, haluskan
5bh cabai rawit, haluskan
1sdt garam
3sdm gula pasir
1/2sdt cuka
200ml air
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat saus kacang :
Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan, aduk rata, tambahkan garam, gula dan cuka. Tuang air, aduk rata. masukkan selai kacang. masak hingga saus mengental dan meletup-letup, cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. angkat. Saus kacang siap digunakan.


Cara membuat Otak-Otak bakar:

Potong-potong ikan tenggiri yang sudah difillet, masukkan ke dalam blender bersama dengan putih telur, santan, garam, gula pasir, merica bubuk, blender hingga lembut. 

Tuang pasta ikan ke dalam wadah, tambahkan tepung sagu, tepung hunkwe dan daun bawang, aduk rata. cicipi rasanya  (jika tidak yakin ambil secuil adonan, kemudian rebus atau goreng sebentar kemudian cicipi) jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera.

 
Ambil satu lembar daun pisang, beri 1sdm adonan pasta ikan (bentuk memanjang dan pipih), bungkus dan semat kedua ujungnya dengan lidi. Lakukan terus hingga adonan habis.
Bakar diatas bara api hingga matang (saya memanggang otak-otaknya menggunakan teflon). Angkat.

Sajikan Otak-Otak bakar ikan tenggiri selagi panas, sajikan bersama saus kacang....*yummmm!
 
This is it!!! Otak-Otak Bakar Ikan Tenggiri ^^
Enjoy :)


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar