.quickedit{ display:none; }

Selasa, 03 Maret 2015

Bestik Lidah

Beberapa waktu lalu setelah ke Museum Ullen Sentalu kami makan di Restoran Bale Raos, yang berada di area Kraton Yogyakarta, hampir keseluruhan menu di restoran ini (katanya) adalah masakan kegemaran Sultan-Sultan Yogyakarta. Menu makan malam saya waktu itu Bestik Lidah, menurut saya rasa bestiknyaaa endess cyn!

Masakan ini wajib di eksekusi nihh...hihii, ternyata yaa...harga lidah sapi itu sama harganya dengan daging sapinya loh, karena takut gagal saya beli sedikit dulu untuk percobaan, kalau gagal kan gak sakit hati wkwkwkw...Biasanya Bestik Lidah disajikan dengan sayuran yang direbus ditambah kentang rebus/goreng sebagai gantinya. Kalau di bale raos irisan sayurannya dimasak dengan saus putih (bechamel sauce) dan itu enak, maka saya mengikuti seperti yang disajikan di Bale Raos, untuk kentangnya saya buat mashed potato.

Bestik Lidahnya habis dalam sekejap, kata hubby enak, jadi nyesel deh bikinnya sedikit hihihi...Rahasia bestik lidah ini di bumbu pala dan cengkihnya, tanpa keduanya Bestik Lidah tak akan terasa nikmat ^__^ Jika tidak suka lidah sapi, bahan utamanya bisa diganti dengan daging sapi yaa.

Mengolah lidah sapi ini memang agak ribet sedikit, setelah direbus sebentar, kita harus menguliti lapisan kulit yang berwarna putih, kemudian direbus kembali dengan menggunakan presto supaya empuk, setelah itu baru dibumbui. Etapiiii meskipun ribet jangan khawatir, ada effort tentunya ada hasil doonggg ^^

Penasaran seperti apa Bestik Lidah sapinya? eksekusi yuksss!

Kemon mlipir :)

.: Bestik Lidah :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
250gr Lidah sapi
1/4 bagian dari 1 pala utuh (boleh ditambah sedikit lagi supaya lebih berasa), haluskan
4siung bawang putih, haluskan
1sdt merica hitam, tumbuk kasar
6bh cengkih
kayu manis, seruas jari (optional) 
1sdt garam
2sdm saus tomat
8sdm kecap manis (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
1/2sdt penyedap rasa sapi (jika pakai)
2sdm tepung maizena dicairkan dengan 2sdm air
300ml air untuk mengungkep
1000ml air untuk merebus lidah
minyak/margarin untuk menumis, secukupnya

Pelengkap :
Kentang rebus/goreng/mashed potato 
Salad/Sayuran rebus ( Jagung manis pipil, buncis, brokoli)

Cara membuat :

Rebus 1000ml air dalam panci hingga mendidih, masukkan lidah sapi, rebus kurleb 5-10 menit, angkat. Kuliti lapisan kulit berwarna putih hingga bersih. Cuci lidah, rebus kembali menggunakan presto 30-45 menit (tergantung jenis presto) hingga empuk, angkat. Iris-iris lidah sapi setebal 2cm.

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, bawang putih, pala dan merica hitam hingga harum, tambahkan saus tomat, garam cengkih, kayu manis dan penyedap rasa (jika pakai). masukkan irisan lidah sapi aduk rata, tuang air dan kecap. biarkan hingga mendidih. cicipi rasanya jika kurang bumbu tambah sesuai selera. Ungkep hingga lidah benar-benar empuk dan air menyusut. Sesaat sebelum diangkat, tuang cairan maizena sedikit demi sedikit hingga kuah mengental, aduk cepat supaya tidak menggumpal. Angkat.


Mashed Potato:
 2bh kentang kupas, kukus hingga empuk, lumatkan dengan bantuan garpu. Masukkan dalam panci kecil, panas-panas tambahkan 3sdm margarin, masak dengan 100ml susu cair, 1/2sdt garam, dan 1/2sdt merica, aduk-aduk, masak hingga kentang meletup-letup. Angkat. 


Saus Putih (Bechamel sauce) : 
Panaskan 2sdm margarin dalam wajan anti lengket, masukkan 2sdm tepung terigu aduk cepat. Tuang 300ml susu cair sedikit demi sedikit aduk cepat agar tidak menggumpal, masukkan 1/2sdt garam dan 1/2sdt merica, masak hingga saus kental dan meletup-letup, angkat. 
Salad/Sayuran rebus :
Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan sayuran yang telah dipotong-potong, rebus sebentar saja. angkat. Masukkan rebusan sayur dalam mangkuk, tuang saus putih di atasnya, aduk rata. Salad siap digunakan.


Penyelesaian :
Dalam piring saji, beri 1sendok sayur mashed potato, beri potongan lidah sapi beserta kuahnya, tambahkan salad/sayuran rebus. Bestik lidah siap disajikan untuk keluarga tercinta ^_^

This is it!!! Bestik Lidah ^^
 Enjoy :)








3 komentar:

  1. yummy bgt keliatane, kalo ada waktu bisa di eksekusi... kapan ke solo, bsk ada acara Solo Indonesia Culinary Festival 2015, tgl 2 April SICF 2015 ini diadakan di halaman Benteng Vasternberg. Dalam gelaran tersebut, akan ada hamparan stan makanan yang menjajakan pelbagai macam kuliner.. kalo ada waktu mampir ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yummy mbakk friska...mdh2an ada waktu senggang utk eksekusi yaaa...wahh seru keknya klo bs dtg ke acara SICF tapi sayangnya blm bs ksana mbak, soalnya anakku lg sibuk persiapan UN hihihihi...btw, terima kasih byk infonya yaaa mbak friska :)

      Hapus
  2. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.



    BalasHapus