.quickedit{ display:none; }

Jumat, 29 November 2013

UNBAKED KLAPERTAART

Haii...haiii...hari ini aku mau bikin Klapertaart, kebetulan ada yang request dan lagi in a good mood jadi semangatlah yaa bikinnya. Sebelumnya aku udah pernah bikin klapertaart wilton yang dipanggang dan udah pernah diposting lebih dulu.

Ngintip2 lagi blognya Mbak Ricke ternyata ada resep Unbaked Klapertaart, atau kalau di blognya Mbak Hanna dan Mbak Ricke bilangnya Klapertaart dingin.

Dibanding dengan Klapertaart yang dipanggang, aku lebih suka Unbaked Klapertaart. Untuk resep klapertaart ini toppingnya bisa dikasih macem2 sesuai selera. Ada yang aku kasih topping blueberry dan strawberry, kedua topping terakhir jadi klapertaart favoritnya si cantik, sementara hubby tetep asik dengan klapertaart yang klasik ^_^

Markicuss!!!

Unbaked Klapertaart
Source: Ordinary Kitchen By: Mba Ricke & Hanna's Klapertaart


Bahan-bahan:
750ml susu cair
150-200gr gula pasir ( aku pakai 190gr)
250ml fresh cream/whip cream
125gr tepung maizena
75gr tepung protein sedang (all purpose)
150gr butter/margarin
6 butir kuning telur, kocok lepas
5 butir kelapa muda, dikeruk
1 sdt essence rhum bakar (optional)

Topping Klasik :
Kenari, panggang dan cincang/diiris memanjang (aku pakai almond)
Kismis, rendan air panas sebentar, peras, tiriskan
Kayu manis secukupnya

Extra Topping :
Selai Blueberry
Selai Strawberry

Cara membuat :
1. Campur fresh cream/whip cream cair, tepung maizena, tepung terigu dan telur. aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil, sisihkan.
2. panaskan susu cair dan gula pasir, aduk hingga gula pasir larut dan susu mendidih (gunakan api kecil saja dan aduk terus agar susu tidak pecah). Masukkan campuran fresh cream/whip cream ke dalam susu, aduk dengan cepat sampai rata dan halus sampai mengental. aduk terus perlahan sampai adonan panas dan meletup2, matikan api.
3. Panas-panas, masukkan butter/margarin, essence rhum bakar dan kelapa muda, aduk rata
4. Tuang adonan kedalam pinggan kaca atau cup alumunium. Dinginkan hingga uap panasnya hilang, beri topping ( topping klasik: kismis, kenari/almond dan kayu manis bubuk, utk yang extra topping : tambahkan kenari/almond dan selai blueberry/strawberry), dinginkan dalam lemari es.
5 Klapertaart siap dinikmati, disajikan dingin lebih nikmat.

Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar