.quickedit{ display:none; }

Jumat, 15 November 2013

RENDANG JENGKOL

Wilujeng enjing gals!....well sebenernya mau posting resep ini agak malu sih secara kek buka aib sendiri *tutup muka pake serbet*...secaraaa yaaaa org yang suka makan jengkol dan pete itu bisa di cengin abis2an dan selalu dikomentarin ihh kok cantik2 suka jengkol sihhh (ini sebenernya antara memuji tp gk ikhlas hahaha!)...ihh kan bau...ih kannn kamseupay...ahhh menurut gw ihh kan enakkk :D

Masalah bau itu sebenernya bisa diminimalisir, tergantung gimana cara masaknya kecuali kalau dimakan mentah2 sih ya good bye deh! hihihihi....nah ini ada yang lucu dari si jengkolita ini, beberapa waktu lalu dan mungkin masih sampai sekarang harga jengkol di semarang ini udah ngalah2in daging sapi doong secara perkilo-nya itu harganya 100rb!!! udah harganya mahal, langka pula.

Kebetulan temen aku ada yang hobi makan jengkolita juga jd tiap dia plg ke rumah emaknya dimasakin jengkol, katanya harga jengkolita di purwodadi lebih manusiawi ketimbang di semarang *tepokjidat* Pulang dari Purwodadi dia bawain aku oleh2 jengkolita doongg!

Thank you mbok dika :*

Semur Jengkol
by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
400gr jengkol, cuci bersih, rebus sampai empuk, digeprek, cuci bersih,  tiriskan
300ml santan kental
300ml santan cair
1 bungkus bumbu rendang instan
1 batang serai, memarkan
3cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 sdt garam
1/2 sdt penyedap rasa (optional)
1sdm gula putih
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Haluskan :
15bh cabe merah keriting (jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera)
1/2 sdt merica biji
1sdt ketumbar
2cm jahe
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
Cara membuat :
1. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, garam, penyedap rasa, gula putih, serai, lengkuas, daun jeruk dan daun salam, tumis sampai wangi tambahkan bumbu rendang instan. Masukkan jengkol yang sudah empuk, tuang santan cair sampai mendidih kemudian masukkan santan kental, aduk rata hingga benar-benar mendidih.
2. Masak jengkol sampai airnya surut dan mengental, dicoba rasanya jika masih kurang garam atau gula bisa ditambah sesuai selera, angkat jengkol.
3. Rendang jengkol siap disajikan.

Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar