.quickedit{ display:none; }

Minggu, 28 Februari 2016

Nasi Uduk Khas Betawi ala Nasduk Gondangdia

Masih tentang nasi favorit saya, Nasi Uduk Gondangdia juga merupakan salah satu dari sekian jenis nasi yang saya suka. Jika beberapa waktu lalu saya sudah memposting Nasi Ayam Hainan, Nasi Krawu, Nasi Bakar Isi Ayam dan Teri, Nah Nasi Uduk ini adalah resep selanjutnya tentang olahan beras yang saya eksekusi. Nasi Uduk Gondangdia sangat nge-hits di Jekarda. Meskipun sudah lama saya tidak pernah makan malam disana tapi saya ingat betul harum ayam dan lauk pauknya yang ketika digoreng akan tercium sampai ke area parkiran *halusinasi orang yang lagi kelaparan wkwkwkwk!

Kemudian yang saya ingat dari Nasi Uduk Gondangdia itu cara mereka mengemas nasinya. Nasi Uduk dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut lalu di bagian pucuk nasinya terdapat taburan bawang goreng, yang ketika dibuka harum nasi uduknya...beuhhh semerbakkk banget dehh! Beberapa bungkus nasi uduk yang ditata diatas piring akan diantar oleh pelayan, satu bungkus nasi uduknya isinya nggak (terlalu) banyak ini mungkin supaya yang makan khilaf untuk terus membuka lagi dan lagi bungkusan nasi uduknya, strategi penjualannya oke juga yes! ^_____^

Tapi alasan saya ingin tambah lagi dan lagi itu bukan karena tiap bungkus nasinya sedikit juga sih tapi karena memang nasi uduknya enak, apalagi ketika pesanan lauk yang kita pesan selesai digoreng dan disajikan diatas meja, tanpa basa basi mengheningkan cipta pun dimulai! (bukan nyanyiiii) tapi khusyuk makan hihihii...Nasi Uduk Gondangdia dan lauknya lebih nikmat disantap selagi panas! itu makanya lauk-pauk-nya digoreng sesaat ketika akan dimakan bersama nasi uduknya. setelah dapat tempat duduk kami akan ke bagian depan untuk memilih lauk apa yang akan dimakan bersama si nasi uduknya, yang jelas paru goreng, ayam goreng, tahu, tempe dan udang goreng harus masuk ke dalam perut kami yang sedang kelaparan haahahah!

Nah yang istimewa lagi dari nasi uduk gondangdia adalah sambal kacang dan sambal terasinya...kalau dipikir-pikir apa enaknya makan nasi uduk pakai sambel kacang? Makanya cobain biar tau enaknya! wkwkwkkw...Saya pikir tadinya ketika mengeksekusi resep sambal kacang ini akan aneh rasanya secara baru sekali ini bikin sambel kacang untuk pelengkap nasi. Tapi percaya deh sambel kacang ini enak loh mirip kek sambel kacangnya nasi uduk gondangdia sungguhan! saat menyantapnya jadikan satu sambal kacang dan sambal terasinya diatas piring kemudian cocol deh ke lauk dan nasinya!

Selain untuk pelengkap nasi uduk, saya rasa sambel kacang ini cocok juga untuk sambal cilok & cimol yang sudah pernah saya posting beberapa waktu lalu ^___^

Sama dengan ketika membuat Nasi Hainan, membuat nasi uduk ini lebih praktis karena menggunakan magic jar, selain lebih mudah kita juga nggak akan direpotkan dengan mencuci banyak peralatan dapur ketika selesai memasak ^^ Buat yang kangen makan nasi uduknya gondangdia atau ingin mencoba nasi uduk khas betawi, saya rasa resep ini bisa dicoba.

Mari mlipirrr :)

.: Nasi Uduk Khas Betawi ala Nasduk Gondangdia :.
by : yurike sasaki


Untuk 5 bungkus nasi uduk
Bahan Nasi Uduk :
340gr beras pulen, cuci bersih
450ml santan
1sdt garam
1/2sdt penyedap rasa (jika pakai)
2lbr daun salam
1batang serai, geprek bagian ujungnya
2lbr daun pandan, ikat simpul
Bawang goreng
Daun pisang untuk membungkus secukupnya, lap daun hingga bersih

Sambal kacang :
50gr kacang tanah, goreng
1siung bawang putih, rebus
2bh cabai merah keriting, rebus
3bh cabai rawit merah, rebus
1/2sdt garam
1,5sdm gula pasir
1/2sdt cuka
200ml air
3sdm minyak goreng untuk menumis

Lauk Pelengkap :
Ayam goreng
Udang Goreng
Cumi goreng
Jeroan goreng (paru, babat, iso dll)
Tempe & tahu goreng
Sambal kacang
Sambal terasi, bisa pakai sambal terasi di resep Nasi Krawu ^^
Lalapan

Cara membuat :
Dalam panci magic jar yang berisi beras, masukkan garam, penyedap rasa (jika pakai), serai, daun salam dan daun pandan. Tuang santan (banyaknya santan disesuaikan dengan jenis beras). aduk-aduk hingga bumbu merata, masak hingga nasi matang. Bungkus nasi uduk dengan daun pisang/sesuai selera.


Sambal Kacang : Dalam ulekan masukkan garam, bawang putih, cabai merah keriting dan cabai rawit merah, ulek kasar, masukkan kacang tanah yang telah digoreng, ulek kembali hingga halus dan bumbu tercampur rata. Panaskan minyak dalam wajan, goreng sambal kacang, tuang air dan gula, masak hingga sambal kental, cicipi rasanya jika kurang bumbu tambah sesuai selera. Angkat.

Sambal Kacang khas Betawi
Nasi Uduk ala Gondangdia siap disajikan untuk keluarga tercinta ^__^





This is it!!! Nasi Uduk Khas Betawi ala Nasduk Gondangdia ^^

Enjoy!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar