.quickedit{ display:none; }

Selasa, 09 Februari 2016

Nasi Krawu Khas Gresik

Nasi Krawu ini merupakan salah satu nasi favorit saya juga selain Nasi Hainan yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu. Duluuu..... saya mungkin salah satu dari sekian banyak karyawan yang memburu nasi ini ketika acara ulang tahun perusahaan tiba, biasanya setelah bertanding basket dan volley kami langsung berlarian ke stand yang menyediakan nasi krawu gegara takut kehabisan nasinya. Lalu setelah mendapatkan nasi krawunya, kami duduk berjejer dan mulai melahap nasi krawu yang semenjak pertandingan dimulai, bayangan akan lezatnya si nasi krawu sudah menari-nari di kepala dan perut saya *gak konsen tanding* hahahahha...meskipun gak konsen gegara nasi krawu, kami tetep menang tanding basket dan volleynya dong! Memang team juara! *juara makan* wkwkwk... Nasi krawu yang dibungkus daun pisang itu berisi suwiran daging sapi, serundeng dan sambal terasi yang bau terasinya khas dan pedasnya nampol! kalau aja boleh ngambil dua bungkus, saya pasti ngambil lagi hahahah! Tapi dasar rejekinya anak sholehah, setelah beristirahat di ruang kerja, ehhh Pak Yasin dengan baik hati membawakan saya satu bungkus nasi krawunya lagi! Ahhh...Pak yasin memang benar-benar top markotop!  ^______^

Nah karena bulan ini saya memang mengkhususkan untuk mengeksekusi resep-resep nasi favorit saya dan keluarga, maka Nasi Krawu ini tidak mungkin saya lewatkan. Semenjak nasi ini menjadi favorit saya, entah kenapa kok saya baru mengeksekusinya sekarang ya?! *bingung sendiri* hihihihii....Mungkin karena saya berfikir cara membuatnya sulit terutama dalam membuat sambalnya maka saya hanya memendam keinginan saja untuk membuatnya sendiri, tapi Alhamdulillah ternyata saya tidak menemukan kesulitan, bahkan saya bisa bilang kalau resep ini sangat mudah untuk dieksekusi! Dan yang bikin saya senang dari Nasi Krawu yang saya buat ini, dari rasa daging, serundeng/poyah, dan sambalnya beneran Pecahhhh krompyang-krompyang! hahaahhah...Sambal seperti ini nih yang selalu ingin saya taklukan, jangan pernah menyepelekan dalam membuat sambal yes, karena bikin sambal terasi yang enak itu sungguh sulit loh! hiihihihi... 

Awalnya saya mencari resep Nasi Krawu di Buku kitab masakan, tapi gak nemu akhirnya googling dan nemu resep dari sajian sedap dan kemudian saya modifikasi. Meskipun resep dari sajian sedap sudah terbukti banyak yang sakses tapi tetap saja bahan-bahan serta cara membuatnya selalu saya baca dengan teliti diawal supaya terbayang hasil masakannya akan seperti apa. Biasanya jika bahan dan cara membuatnya tidak meyakinkan maka saya akan mencari source lainnya ^^

Hari ini, ketika saya sudah selesai mengeksekusi Nasi Krawu, seperti biasa saya akan memotret-nya. Saat saya sibuk dengan kamera, Kakak yang sepulang sekolah (tampak) kelaparan berteriak dari ruang tv....Bundaaaa Enakkkkk!!! saya terbengong-bengong dan tersenyum puas...yass sudah kuduga!! ^_______^

Kangen ingin makan Nasi Krawu? atau penasaran seperti apa sih rasa Nasi Krawu Khas Gresik? Cobain resep ini yukkk :)

Mari mlipir!

.: Nasi Krawu Khas Gresik :.
Source : Sajian Sedap modified by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
400gr Daging sapi sandung lamur
800ml air
400ml santan
1/2sdt garam
1sdt kaldu sapi bubuk
2lbr daun salam 
1batang serai, geprek
1ruas lengkuas, geprek
3sdm kecap manis
minyak goreng, untuk menumis secukupnya

Bumbu Halus :
8butir bawang merah
5siung bawang putih
1sdt merica, sangrai
2sdt ketumbar, sangrai
3butir kemiri, sangrai
1/2sdt asam jawa
2gandu gula merah
1/2sdt garam

Poyah Kuning/Serundeng Kuning :
2siung bawang putih
1/2sdt garam
4cm kunyit, bakar
2lbr daun jeruk
1/2sdt gula pasir
100gr kelapa parut 

Poyah Merah/Serundeng Merah
5bh cabai merah keriting
2siung bawang putih
1/2sdt garam
11/2sdm gula pasir
100gr kelapa parut
2tetes pewarna makanan merah cabai (optional)

Sambal Terasi :
8bh cabai merah keriting, goreng
5bh cabai rawit merah, goreng
1/2sdt garam
1/4gandu gula merah
1/4sdt asam jawa
1sdt terasi, bakar
2sdm minyak goreng yang panas

Pelengkap :
Nasi putih pulen

Cara membuat :
Dalam panci, rebus air hingga mendidih, masukkan daging dan garam, rebus daging hingga empuk, angkat, suwir-suwir sesuai serat. Ambil air sisa rebusan daging, sisihkan,
Tumis bumbu halus, masukkan salam, sereh dan lengkuas, tumis hingga bumbu harum dan matang. Masukkan daging yang telah disuwir-suwir, aduk rata. Tuang air sisa rebusan daging, kaldu sapi bubuk dan kecap manis, aduk rata biarkan mendidih. Tuang santan, aduk-aduk, masak hingga air habis bumbu meresap dan kering. cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Angkat.



Poyah Kuning : Haluskan bawang putih, kunyit, garam dan gula pasir. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Panaskan wajan, masukkan kelapa parut dan daun jeruk, sangrai dengan api kecil sampai kering. Angkat (Poyah kuning rasanya cenderung asin)


Poyah Merah : Haluskan cabai merah keriting, bawang putih, garam dan gula pasir. Masukkan kelapa parut, pewarna makanan merah cabai (jika pakai), aduk rata. Panaskan wajan, masukkan kelapa parut, sangrai dengan api kecil sampai kering. Angkat (Poyah merah rasanya cenderung pedas-manis)


Poyah Kuning dan Poyah Merah
Sambal : Dalam ulekkan masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah yang sudah digoreng, tambahkan garam, gula merah, asam jawa dan terasi bakar, haluskan. tuang 2sdm minyak goreng panas, aduk rata. Sambal siap digunakan.


Tata nasi diatas piring, tambahkan suwiran daging, poyah kuning, poyah merah, lalapan dan sambal. Nasi Krawu dan pelengkapnya siap disajikan untuk keluarga tercinta ^__^






This is it!!! Nasi Krawu Khas Gresik ^^

Enjoy!

3 komentar:

  1. Ngileerrrr..
    Dulu pas masih di Sidoarjo, favorit banget buat sarapan sebelum berangkat kerja.
    Sekarang di Riau ga pernah makan lagi.
    Di sini ga ada.
    Pengen bikin, tapi rempong.
    Hahahaha.
    Ijin bookmark dulu ya, mbak.
    Ntar kapan2 pengen bikin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...iya sama d semarang jg gk ada yg jual Mbak makanya sy bikin. Silakan d bookmark Mbak Eka, mdh2an ada waktu utk eksekusi resepnya yaaa ^_^

      Hapus