.quickedit{ display:none; }

Senin, 15 Februari 2016

Nasi Bakar Isi Ayam dan Teri

Nasi Bakar ini nge-hitsnya sudah dari beberapa tahun yang lalu, saya termasuk yang ketinggalan posting resep nasi bakar ini hihihii....dulu biasanya sepulang kuliah saya nyempetin nongki-nongki cantik di daerah kemang bareng temen-temen, saking udah lamanya sampe lupa nama tempat nongkinya apa ^___^ padahal disitu nasi bakarnya enakkkk banget, biasanya selain nasi bakar saya akan memesan satu potong bebek goreng juga hihihii....lapar tingkat dewa ^^

Sebenarnya membuat nasi bakar ini nggak sulit, karena dari sekian banyak resep yang seliweran tentang nasi bakar, bumbunya hanya perlu diiris gak pake diulek. Sempat galau karena kebanyakan dari resep-resep itu kok pakai santan yahh? Nasi yang menggunakan santan biasanya akan sangat ketara sekali rasanya, dari beberapa tempat yang saya coba menu nasi bakarnya kok rasanya minus rasa santannya bahkan sama sekali tidak terasa atau mungkin lebih jelasnya tidak menggunakan santan sama sekali.

Ini adalah kali kedua saya trial membuat nasi bakar, trial yang pertama nasi bakarnya rasanya asin banget! karena saya menggunakan ikan asin jambal roti lama kelamaan nasi yang sudah dicampur tumisan ikan asin jambal roti dan daun melinjo, rasa asinnya udah nggak manusiawi lagi bikin lidah molelel >,<  wkwkwkwk...

Kali ini saya mencoba membuat nasi bakar dengan isian ayam dan teri nasi, saya pikir teri nasi nggak akan terlalu asin, ternyata hampir mirip-mirip (namanya juga keluarga ikan asin yes!) jadi jika ingin membuat nasi bakar dengan isian ikan asin atau teri nasi, sebaiknya gunakan sedikit garam di tumisannya atau hilangkan saja penggunaannya karena rasa asin sudah didapat dari ikan asin/ikan terinya. Cara membuat Nasi bakar ini sama seperti membuat Nasi Liwet yang sudah pernah saya posting, yang berbeda teri nasinya tidak ikut dimasak bersama nasinya melainkan ditumis dengan potongan ayam.

Nasi bakar ini lumayan enak rasanya, next saya akan coba nasi bakar dengan menggunakan santan. Yang sulit dari membuat nasi bakar ini menurut saya hanya di bagian membungkus nasinya saja! Jika teman-temin mengalami kesulitan, bungkus sesuai selera saja yang penting nasi harus terbungkus daun pisang, kemudian jangan lupa dibakar dulu sebelum disajikan, kan namanya juga nasi bakar hehehe... gunakan wajan anti lengket supaya membakar nasinya menjadi lebih praktis yes!  ^____^ 

Mari mlipir!

.: Nasi Bakar Isi Ayam & Teri :.
by: yurike sasaki


Untuk 3 bungkus Nasi Bakar

Bahan Nasi:
200gr beras pulen, cuci bersih
300ml air
2butir bawang merah, iris
2siung bawang putih, iris
5bh cabai rawit merah utuh (jika suka pedas, iris serong)
1batang serai
2lbr daun salam
1/2sdt garam
1/2sdt penyedap rasa
1sdm minyak goreng
Daun pisang secukupnya
Lidi untuk menyemat secukupnya

Bahan Tumisan Ayam :
150gr daging ayam bagian dada tanpa tulang, potong kotak-kotak
50gr teri nasi, cuci bersih, goreng garing
1/2 papan petai, tiap butir dibelah dua (optional)
2genggam daun kemangi, cuci bersih
3butir bawang merah, iris
2siung bawang putih, iris
3bh cabai merah keriting, iris serong
1bh cabai hijau besar, iris serong
1/2sdm gula pasir
1/2sdt penyedap rasa
1sdm minyak goreng untuk menumis

Pelengkap :
Sambal terasi
Lalapan

Cara membuat:
Dalam panci yang berisi beras yang telah dicuci, masukkan irisan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, serai, daun salam, garam, penyedap rasa, minyak goreng dan air, aduk rata. masak dengan api kecil hingga air habis dan nasi matang. Angkat.


Tumisan Ayam : Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan potongan daging ayam, masak hingga berubah warna, masukkan teri, gula pasir dan penyedap rasa, aduk rata. Sesaat sebelum diangkat masukkan petai, irisan cabai merah keriting dan cabai hijau, aduk rata, cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. matikan api, masukkan sebagian daun kemangi, aduk rata.



Penyelesaian : Bersihkan daun pisang, sebelum digunakan jemur dahulu atau panaskan sebentar diatas kompor agar daun mudah dilipat. Alasi daun pisang yang lebar dengan lembaran daun pisang yang lebih kecil agar bungkusan aman jika daun bagian luar sobek, beri nasi diatas daun, pipihkan, beri tumisan ayam dan daun kemangi diatasnya, bungkus sesuai selera, semat dengan lidi. Panaskan wajan anti lengket, bakar nasi hingga warna daun kecoklatan. angkat.


Nasi Bakar siap disajikan untuk keluarga tercinta ^__^







This is it!!! Nasi Bakar isi Ayam dan Teri ^^

Enjoy!
















1 komentar: