.quickedit{ display:none; }

Jumat, 19 Desember 2014

Tumis Remis Cabe Hijau

Kami sekeluarga penyuka segala jenis kerang-kerangan, mulai dari kerang dara, kerang hijau, remis dan bahkan kerang bulu ^____^

Orang medan dan pecinta kerang mungkin gak asing dengan kerang bulu...dulu waktu ke Medan diajakin hubby makan kerang bulu di warung tenda kaki lima, ukuran kerang bulu itu mungkin 2-3x lipat dari kerang dara, yang saya ingat sampai dengan sekarang rasa bumbu cocolnya itu lohhh enakkk...asam, manis dan sedikit pedas!

Balik lagi ke topik kita kali ini tentang tumis remis, remis ini juga masih keluarga kerang-kerangan biasanya banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dalam kondisi sudah dikupas alias tanpa cangkangnya. Dulu pernah lihat tayangan di tv kalau remis yang bagus itu tidak berwarna, alias berwarna pucat, sementara yang umum dijual di pasar bahkan supermarket, remis ini penampakannya berwarna orange, katanya sih remisnya sudah diberi pewarna, alasannya supaya remisnya terlihat lebih segar dan tidak terlihat pucat.

Begitupun yang di temui di pasar langganan saya pagi ini, remis yang si Mbak beli berwarna orange, yang saya lakukan sebelum mengeksekusinya adalah dengan mengeluarkan kotoran yang ada di dalam badannya dan mencucinya berkali-kali sampai air cuciannya bening. Repot memang tapi supaya remis yang kita makan lebih bersih dan sehat gak ada salahnya repot sedikit :D

Tumis remis ini enak sekali disantap dengan nasi panas lohh ^_^

Suka tumis remis juga? yukk...bikin yukkk :)

.: Tumis Remis Cabe Hijau :.
by : yurike sasaki

Bahan-bahan :
500gr remis segar, bersihkan kotorannya, cuci bersih, tiriskan
5butir bawang merah, iris
3siung bawang putih, iris
4bh cabe hijau (bisa ditambah cabe rawit merah jika suka pedas), iris serong
2cm jahe, cincang kasar
seruas lengkuas, geprek
1,5sdt garam
1sdm gula pasir
1/2sdt penyedap rasa (jika suka)
minyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat :

Dalam wajan yang berisi minyak, tumis bawang merah, bawang putih jahe dan lengkuas hingga harum, masukkan remis, garam, gula pasir dan penyedap rasa, aduk rata. masak hingga air menyusut dan matang, cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Sesaat sebelum diangkat, masukkan irisan cabe hijau, aduk rata. angkat.

Tumis remis cabe hijau siap disajikan dengan nasi panas *yummm!


This is it!!! Tumis remis cabe hijau ^^
Enjoy :)

Baca juga olahan kerang lainnya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar