.quickedit{ display:none; }

Rabu, 17 Desember 2014

Talam Jagung Manis

Resep ini saya dapatkan dari tantenya hubby waktu minggu lalu ada acara temu kangen keluarga di Kudus, kebetulan Tante Sul buat penganan Talam Jagung Manis ini. Rasanya enak dan teksturnya lembut, pipilan jagung manisnya tidak diblender jadi lebih ketara bahwa penganan ini bahan utamanya dari Jagung Manis. Kenapa saya posting resep ini? karena menurut saya Talam Jagung Manis ini rasanya enak, bisa dibuat untuk pelengkap snack acara arisan atau kumpul keluarga di tempat saya atau mungkin di tempat pembaca blog dapoerjoglo ^_^

Well, obrolan dengan penyuka masak memang gak akan ada habisnya ngalir begitu saja...Saya langsung mengeluarkan note book dan ballpoint untuk kemudian mencatat bahan-bahan si Talam Jagung Manis ini. Sayangnya pada saat itu saya tidak bertanya apakah jagungnya harus diblender atau pakai pewarna makanan, kok warna talam jagungnya bisa kuning. Waktu itu Tante Sul hanya menjelasakan jagungnya setelah diserut kasar kemudian dikukus sebentar saja. Apa pake pewarna makanan atau dari blenderan jagung saya masih nge-blank deh. Sementara bayangan saya tepung custard itu kan warnanya putih *pengalaman waktu membuat klapertaart*. Nah lo...bingung sendiri kan, mau nanya lagi maluuuu...akhirnya lupa bertanya sesat di dapur dehhh ^______^

Akhirnya satu buah jagung saya blender dengan maksud supaya si tepung custardnya nya berwarna kuning ketika diolah, tapi ternyata si tepung custard itu begitu dicairkan dengan santan warnanya memang kuning hahahahah....oalahhhhh..pantesan Tante Sul gak bilang kalau jagungnya harus di blender dulu atau memang harus menggunakan pewarna makanan hihihi...*tepok jidad*

Talam jagung manis buatan saya ini rasanya persis seperti buatan Tante Sul hanya saja teksturnya lebih padat, ini mungkin karena tambahan jagung yang diblender, jadi sebaiknya lupakan memblender jagung karena tepung custardnya sudah berwarna kuning ketika diolah. Kalau mau membuat hanya 20bh Talam jagung manis dengan cetakan hunkwe sebaiknya dibuat 1/2 resep di bawah ini yaaa.

Ada acara arisan di rumah atau temu kangen keluarga? kue tradisional ini sangat mudah sekali dibuat, cobain yukk ^^

.: Talam Jagung Manis :.
source : Tante Sul by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
1kg Jagung Manis, serut kasar, kukus sebentar saja
150gr Tepung custard
1250ml santan 
250gr gula pasir
1sdt garam
1bks vanilli
Kismis secukupnya (optional)

Cara membuat :

Dalam panci kecil yang berisi santan, masukkan tepung custard, gula pasir, vanilli dan garam, aduk rata. Nyalakan api, masak dengan api sedang, aduk terus jangan sampai adonan menggumpal (jika adonan mulai menggumpal dan sulit untuk larut, angkat panci dari kompor, ratakan adonan yang menggerindil dengan sendok sayur sampai tidak ada adonan yang menggerindil, kemudian masak lagi sampai adonan meletup-letup) masukkan jagung manis, angkat


Jagung yang diblender di skip saja yaa ^^
Panas-panas, masukkan adonan kedalam cetakan hunkwe/loyang, beri kismis di atasnya biarkan dingin, masukkan ke kulkas. Jika akan dihidangkan keluarkan dari cetakan.

Talam Jagung Manis siap disajikan, lebih nikmat disantap dingin *yummm!

This is it!!! Talam Jagung Manis ^^

Enjoy :)






4 komentar:

  1. Terima kasih resepnya yaa mbaakk.. lagi pengen kue ini.. dulu pernah makan kue ini dan kata yg buat,pakai tepung custard. Googling resep talam, yg beredar pada pakai tepung hunkwee. Akhirnya mendarat disini hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii...Sama2 Mbak melisa, selamat mencoba resepnya ya semoga suka :)

      Hapus
    2. Langsung saya coba mbak kemarin siang hehe.. alhamdulillah enaakk.. anak2 saya jg suka. Rencananya mau dibawa ke kampus buat acara intl' festival, terima ksh byk ya mbak resepnya

      Hapus
    3. Sama-sama Mbak Melisa, Alhamdulillah resepnya di sukai anak-anak :) semoga sukses acara int'l festivalnya ya! ^___^

      Hapus