.quickedit{ display:none; }

Senin, 11 Agustus 2014

Soto Betawi

Belum bosen dengan menu2 yang berkolesterol setelah lebaran kan? kita bikin soto betawi yukkk ^^

Hari ini tiba2 kepikiran untuk bikin soto betawi yang kuahnya pake susu, saking serius mikirin tu soto betawi ehhh...sampe ngeces lohh..bwahahahh. Duluuuu...pernah makan soto betawi di deket pasbar bandung, soto betawi kaki lima yang berkuah susu itu aseli enakkkkkk bingittt cynnn!!! sekarang gak tau deh masih ada atau gak yang juwalan sotonya :D

Resep soto betawi ini saya intip dari blognya JTT, setuju banget dengan reviewnya Mbak Endang, kalau soto betawi ini rasanya enak sekali. Alhamdulillah sudah bisa bernostalgila dengan soto betawi yang dahulu kala itu hihihihi... tenkiyu Mbak Endang jadi bisa sering2 dehh bikin soto betawi inihhhh ^_^

Resep soto betawi-nya Mbak Endang saya modifikasi sedikit, sayang karena bikin soto ini mendadak jadi gak pake jeroan dan krupuk emping, next tym keduanya wajib ada kalo pas bikin soto betawi ini lagi.

Kemonnnn!

.: Soto Betawi .:
source: JTT modified by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
1/2kg daging sapi, rebus, potong-potong ukuran besar
500ml susu UHT (saya pakai merk Ultra Milk)
1500ml air kaldu daging
4butir kentang, kupas, potong2 bentuk kotak, goreng setengah kering
2sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1sdt merica butiran
3cm kunyit

Bumbu lainnya :
3lbr daun jeruk purut
2batang serai dipipihkan
1batang kayu manis
2butir kapulaga
1bh kembang lawang
3/4sdm garam
11/2sdm gula pasir
1sdt kaldu bubuk (optional)

Pelengkap :
Irisan daun bawang
Sambal soto ( 10bh cabai rawit setan + 2siung bawang putih, rebus sampai matang, tiriskan, haluskan, masukan dalam mangkuk kecil, tambahkan 200ml air panas + 1/2sdt garam)
Emping
Bawang goreng

Cara membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum dan matang. Angkat, sisihkan.
2. Siapkan panci, tuang air kaldu daging sapi masak hingga mendidih, masukkan potongan daging, bumbu tumisan, kapulaga, kembang lawang, kayu manis, gula dan garam. rebus hingga daging empuk. Tuang susu, aduk terus hingga mendidih (menjaga supaya susu tidak pecah), tambahkan kaldu bubuk, masak hingga matang. Cicipi rasanya jika kurang garam atau gula tambahkan sesuai selera. Angkat.
3. Penyelesaian, dalam mangkuk saji : susun potongan kentang yang sudah digoreng, potongan tomat dan irisan daun bawang, tuang kuah soto serta dagingnya. Sajikan.
4. Soto Betawi siap disantap.
This is it!!! Soto Betawi ^^

Enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar