.quickedit{ display:none; }

Rabu, 13 Agustus 2014

Sayur Ndeso a la Mbak Kanti

Beberapa waktu lalu emak-emak geng semok selalu aja heboh tentang sayur ndeso buatan mbak surtikanti similikiti weleh-weleh yang katanya super puedesss gilakk!!!...tiap pas mau ada acara makan-makan selalu aja pada request sayur ndeso-nya mbak sur dan ndilalah tiap-tiap dia bawa sayur ndeso saya gak pernah bisa hadir, jadinya tetep selalu penasaran macam apa rasanya sayur ndeso itu *_*

Untuk membayar request-annya geng semok, Mbak sur akhirnya ngundang emak-emak untuk makan siang basamo after nge-gym hari ini, tentunya dengan menu sesuai request-an geng semox dong! Yeayyy... akhirnya saya bisa icip-icip juga sayur ndeso yang tersohor se-arcadia raya itu hahaaha...hari ini ada yang bawa snack, buah, dan kerupuk ikan. Khusus untuk makanan berat so pasti yang punya hajat-lah yang bawa :D

Ternyata ya gals...sayur ndeso-nya mbak kanti beneran enak loh! meskipun bahan dan bumbu sayur ndeso itu sederhana banget, tapi rasanya nikmat bo! entah karena memang abis nguras tenaga terus kelaparan atau emang doyan hehehe... aseli saya sampe nambah 2 mangkuk lohhh, mana nasi putihnya wangi banget lagi wihhh kalappp mode-on. Udah gitu sayur ndeso-nya masih dibungkus juga buat di rumah, mariii makan lagihhhh bwahahahahh!

Abis makan, saya todong mbak sur untuk kasih tau resep sayur ndesonya, dia bilang aduh tehhh...gampang banget bumbunya cuma diiris-iris doang, oke noted!

mari kita eksekusi sayur ndeso-nya cynnn!

.: Sayur Ndeso ala Mbak Kanti :.
source : Mbak Kanti

Bahan-bahan :
1 Papan tempe, potong kotak-kotak
50gr daun melinjo, cuci bersih, iris2
10bh cabai merah keriting + cabai hijau keriting (saya ditambah dengan 5bh cabai rawit merah), iris2
4butir bawang merah, iris tipis
2siung bawang putih, iris tipis
1sdt garam
1sdm gula pasir
1/2sdt penyedap rasa (optional)
500ml santan (saya pakai kara kemasan kecil + air hingga mencapai 500ml)
1lbr daun salam
2cm lengkuas, geprek
minyak goreng secukupnya untuk menumis
Pelengkap :
bawang goreng (optional)
kerupuk ikan

Cara membuat :
1.  Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, dan lengkuas sampai layu. Masukkan tempe, goreng hingga berwarna kuning (jangan sampai kecoklatan). Tuang santan, aduk terus hingga mendidih. Beri garam, gula, penyedap rasa (jika pakai), cicipi rasanya jika kurang garam dan gula tambahkan sesuai selera.
2. Sebelum diangkat, masukkan irisan cabai merah keriting dan daun melinjo, masak hingga matang. angkat.
3. Sayur Ndeso siap disajikan.
This is it!!! Sayur Ndeso ^^
Enjoy :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar