.quickedit{ display:none; }

Kamis, 20 Juni 2013

RENDANG DAGING TELUR

Rendang ini one of the most favorite dish in the world lohh dan tentunya juga di keluargaku, rasanya makan rendang plus nasi panas itu udah lebih dari cukup nggak perlu lauk yang lain, karena berani pake bumbunya makan dengan lauk satu ini aja udah enak, oiya sebenarnya rendang yang benar itu nggak pake telur tapi supaya lauknya nggak cuma daging doang aku tembahin telur yang sudah direbus di rendangnya.

Masak masakan padang ini kita harus berani bumbu gals supaya rasa masakannya pedo pisan a.k.a enak buangettt :D nah untuk membuat masakan yang enak sebenarnya kita sebagai emak-emak muda *cieee* nggak perlu repot cari bumbu yang susah untuk dicari, bersyukurlah kita dilahirkan di jaman yang serba praktis yeee...hahahaha, karena sudah banyak bumbu siap pakai yang bisa langsung digunakan, tapi meskipun begitu bumbunya harus kita tambah lagi, itu tadi supaya pedoooo ^_^

Kemonnn!

Rendang Daging Telur 
by: yurike sasaki



Bahan-bahan :
500 gr daging sapi, aku pilih daging yang banyak serat putihnya (bukan lemak loh ya) karena cepat empuk
6 butir telur ayam (bisa juga telur itik) rebus sampai matang, kupas, cuci bersih, tiriskan
2 butir kelapa parut, ambil santannya
2 batang serai, ambil ujung pangkal, memarkan
2 lembar daun kunyit (daun ini yang bikin rendang berwarna hitam, karena langka bisa di skip atau diganti dengan daun jati)
4 lembar daun jeruk purut
4 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1 sdt gula putih
1 bungkus bumbu rendang 
1 bungkus penyedap rasa sapi (optional)
5 sdm kelapa parut sangrai
minyak secukupnya untuk menggoreng

Haluskan :
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica biji
100 gr cabai merah keriting
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe

Cara membuat :
1. Potong daging sesuai selera, sisihkan
2. Goreng bumbu yang dihaluskan, masukkan garam, gula, penyedap rasa sapi, serai, daun jeruk, dan lengkuas, tumis sampai wangi, masukkan bumbu rendang siap saji, aduk rata. masukkan potongan daging, tuangi santan aduk terus hingga mendidih, masukkan telur dan daun kunyit, kecilkan api (pada tahap ini cicipi bumbunya ya gals biasanya eike nambah-nambahin garam dan gula karena masih kurang berasa), masak sampai berminyak (berwarna gelap) masukkan 5 sdm kelapa parut yang sudah di sangrai . aduk sesekali supaya tidak lengket dan matangnya rata.
3. Angkat, Rendang siap disajikan

Note :
* Tidak menggunakan daun kunyit/daun jati tidak akan mempengaruhi rasa kok gals cuma pengaruh diwarna aja, jadi kalau nggak nemu keduanya nggak pakai juga nggak apa-apa
* Kelapa parut sangrainya bisa menggunakan ampas kelapa yang kita ambil dari santanny.


Selamat mencoba :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar