.quickedit{ display:none; }

Minggu, 01 November 2015

Sambal Mangga Matang Pohon

Buat yang sering makan di restoran Gama Semarang pasti familiar sekali dengan sambal mangga ini, dari beberapa jenis sambal yang disajikan, Sambal mangga ini selalu menjadi favorit saya. Bukan seperti sambal yang biasanya dimakan bersama lauk yang telah dipesan, sambal ini saya makan dengan cara digado rasanya yang segar, manis dan sedikit pedas membuat saya berulangkali beranjak dari tempat duduk untuk mengambilnya lagi dan lagi ^____^

Sudah lama saya ingin membuat sambal mangga ini, namun sayangnya buah mangga termasuk buah musiman yang akan melimpah ruah jika musimnya tiba. Pas sekali beberapa waktu lalu sedang musim buah mangga....dimana-mana banyak yang jual buah mangga, tapi untuk membuat sambal mangga ini bukan jenis mangga matang yang saya butuhkan, tapi jenis mangga yang masih mangkel, dalam buahnya kering/ tdk berair supaya mudah diiris dan berwarna orange! 

Ada nggak ya? ada dongg...saya membelinya di tempat buah langganan saya dipasar, saya tanya sama si ibu tukang buah, Bu...ada mangga mangkel yang manis nggak? kemudian si ibu penjual langsung menunjuk ke setumpukan Mangga yang berwarna hijau dan bilang yang ini Mbak, Mangga matang pohon, katanya. Dijamin mangkel dan manis, beneran nih bu? Iya mbakk!

Biasanya harga mangga matang pohon lebih mahal dari mangga yang biasanya karena kata yang jual mangganya benar-benar matang dari pohon, bukan matang karbitan. Dan memang benar ketika saya kupas, si mangga-nya selain masih mangkel, rasanya manis, juga warna dagingnya orange loh, sempurna!

Mangga yang saya beli ini sepertinya bukan jenis mangga harum manis, karena mangga harum manis matang pohon, meskipun buahnya mangkel tapi tetap saja dalamnya tidak kering/masih sedikit berair. Mungkin saya lagi bejo dapet mangga yang ini karena pembelian mangga mangkel matang pohon berikutnya dapetnya asem binggooo >,<

Mangga matang pohon


Selain buah mangga, saya juga membeli kedondong. Supaya kedondong mudah dipotong bentuk korek api sebaiknya pilih kedondong yang berwarna hijau ya, karena kedondong yang berwarna kuning biasanya akan licin ketika dipotong. Kemudian kedondong saya rendam dalam larutan air gula supaya manis, tapi jika teman-temin suka dengan rasa asam, maka diskip saja perendaman dalam larutan gulanya yes!

Buat yang ingin bikin sambal mangga ala Gama Resto bisa dicoba resep ini yahhh ^_^

Mari mlipirrrr!

.: Sambal Mangga Matang Pohon :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
1bh mangga matang pohon
4bh kedondong
10sdm gula pasir larutkan dengan 200ml air matang
3bh cabe merah keriting, cuci bersih, buang bijinya, iris-iris

Cara membuat :
Cuci bersih buah mangga dan kedondong, kupas, potong-potong bentuk korek api. rendam kedondong dalam larutan gula kurleb 6jam (optional, jika suka asam lewatkan sesi perendaman ini). Dalam wadah campurkan mangga, kedondong, irisan cabe merah keriting, dan sedikit air rendaman kedondong, aduk rata. Sambal Mangga matang pohon siap disajikan untuk keluarga tercinta ^___^




This is it!!! Sambal mangga matang pohon ^^
Enjoy!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar