.quickedit{ display:none; }

Selasa, 10 November 2015

Bebek Bakar Kremes

Ini resep bebek ke-2 setelah sebelumnya saya memposting Bebek goreng ala Pak H. Slamet yang saya posting disini. Belum kapok sama akibatnya, saya masih nekat makan bebek, padahal sudah tau setelah makan bebek tengkuk saya pasti akan berasa pegal dan kepala keleyengan >,< waktu makan malam di Pak Heksa beberapa waktu yang lalu, saya memesan bebek bakar. Waktu saya pesan bebek, Hubby sudah kasih warning, awas lohh bun ntr pusing! saya cuma nyengir aja dan kemudian datanglah bebek bakar pesanan saya ^^

Melihat potongan dada bebek yang besar sepertinya saya butuh bala bantuan ^_^ kemudian saya dibantu sama hubby dan kakak untuk menghabiskannya, bukan karena nggak enak loh, tapi karena satu potong bebek bakar Pak Heksa itu jumbo banget, rasanya tak sanggup untuk menghabiskannya sendirian. Biasanya setelah makan bebek, seketika saya merasakan tanda-tanda kolesterol saya meninggi, tapi Alhamdulillah amannnn! padahal menu makan malam saya waktu itu selain bebek bakar saya juga makan udang goreng 1 porsi abis sendiri doongg!!! ^____^

Bebek bakar Pak Heksa, menurut saya rasanya enak. Dagingnya empuk, bumbunya meresap, tidak bau amis, dan yang penting gak bikin kepala saya pusing hahahah! kalau saya rasain sih sepertinya, bebeknya sebelum dibakar diungkep dulu dengan bumbu bacem, karena daging bebek bagian luar dan dalam berwarna kecoklatan. Bebek bakar ataupun menu lain di Pak Heksa disajikan dengan sambal penyet yang maknyus! kita bisa request sambal yang nggak pedes, sedang sampai dengan pedas sekali.

Resep bebek ini terinspirasi dari Bebek bakarnya Pak Heksa. Yang tricky di resep bebek ini yaitu menghilangkan bau amis bebek yang super mengganggu, jeruk nipis saja tidak mampu mengusir bau amisnya, untuk menghilangkan baunya lagi maka saya membuang air rebusan pertama kemudian saya rebus lagi dengan air yang baru, itupun masih sedikit tersisa bau bebeknya >,< Rasa bebek bakar ini sudah hampir mirip dengan Bebek bakar Pak Heksa, namun  saya masih harus terus trial sampai bau amis bebek ini benar-benar menghilang! 

Bebek bakar ini saya bakar menggunakan teflon, selain lebih praktis, membakar bebek dengan teflon gak bikin rambut bau asap! oiya resep bebek ini selain dibakar bisa juga digoreng ya ^____^

Bakar bebeknya yukkk!

.: Bebek Bakar Kremes:.
by : yurike sasaki



Bahan-bahan :
1ekor bebek, potong jadi 4 bagian, cuci bersih
2bh jeruk nipis
1,5sdm garam
1/2sdt penyedap rasa (jika pakai)
2sdt ketumbar, haluskan
10butir bawang merah, geprek
7siung bawang putih, geprek
2btg serai, geprek
1ruas jahe, geprek
1ruas lengkuas, geprek
3lbr daun salam
10-15sdm kecap manis
4sdm gula pasir
2-3butir asam jawa
1liter air

Pelengkap :
Sambal penyet/sambal terasi/sambal bawang (sesuai selera)
kremesan, resep disini

Cara membuat :
Balurkan perasan jeruk nipis pada bebek yang telah dicuci bersih, biarkan kurleb 2-3jam dalam freezer. Keluarkan bebek, cuci bersih, tiriskan.
Dalam panci, didihkan air. masukkan bebek, rebus kurleb 15-20 menit. buang airnya. Rebus air kembali, masukkan bebek, garam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, jahe, lengkuas, kecap manis, asam jawa dan gula pasir. Ungkep hingga air menyusut dan daging bebek empuk. 


Cicipi rasanya jika kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Matikan api, biarkan bebek di dalam sisa air ungkepan kurleb 6jam agar bumbu meresap. Panaskan teflon, masukkan bebek, bakar hingga berwarna kecoklatan. Angkat.

Bebek Bakar siap disajikan dengan kremesan dan sambal penyet ^^



This is it!!! Bebek Bakar Kremes ^^

Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar