.quickedit{ display:none; }

Senin, 31 Agustus 2015

Martabak Manis Green Tea!

Adonan martabak ini adalah sebagian adonan yang saya bagi dua ketika membuat Martabak manis coklat-kacang dua hari yang lalu, sebenarnya chef yang mengajarkan saya membuat martabak ini memberi tahu bahwa adonan paling lama berada di kulkas sampai besok saja, tapi karena masih blenger dengan percobaan martabak yang terus menerus akhirnya adonan martabaknya terpaksa menginap selama dua hari didalam kulkas, tapi kalau nggak gitu nggak tau juga sih tahan seberapa lama jika adonan harus diinapkan, dan ternyata masih tetap enak kok ^___^

Baru sore ini saya buat, karena rumah baru ramai orang ketika kakak sudah pulang sekolah dan hubby pulang kantor. Saat kursus saya juga diajarkan membuat Martabak Manis Green Tea ini, pada dasarnya dengan adonan ini teman-temin bisa membuat berbagai macam martabak dengan rasa apapun juga, misalnya ingin martabak rasa pisang, jeruk, coklat, mangga atau bahkan red velvet! Begitu pun dengan toppingnya teman-temin bisa menggantinya sesuka hati bisa pakai nutella, potongan coklat silverqueen, atau bahkan topping pizza sekalipun, secara lagi ngetrend banget martabak dengan aneka rasa dan topping, dan tampaknya jika diuji coba bakalan seru eymm hahahah! 

Untuk menghabiskan sisa adonan martabak ini saya menggunakan essence green tea, biasanya saya menggunakan matcha untuk membuat adonan kue seperti membuat Kue cubit green tea beberapa waktu lalu, tapi ternyata menggunakan essence jauh lebih praktis karena gak usah dicampur dengan air langsung tetes dan aduk saja ^___^

Martabak green tea ini saya beri topping keju-susu, lain waktu saya akan mencoba dengan topping coklat meises dan keju supaya warna toppingnya lebih kelihatan hahahah! Resep martabaknya akan saya ketik ulang disini. Ingat! satu resep ini bisa jadi 2 loyang/teflon martabak uk. 18cm, jika ingin mencoba martabak dengan rasa yang lain, bagi dua sama banyak adonan martabaknya yahh!

Mari mlipirrrr :)

.: Martabak Manis Green Tea :.
source : fortune cooking class modified by: yurike sasaki


                                        Bahan-bahan Martabak manis untuk 2 loyang/teflon uk. 18cm:

160gr terigu protein sedang (saya pakai tepung merk Bola-bola salju)
35gr terigu protein tinggi (saya pakai merk Golden Crown)
40gr gula pasir
150ml air matang
130ml susu cair UHT 
1/4sdt vanilli bubuk
1/4sdt garam
2butir kuning telur
1/2 sdt soda kue
1-2 tetes essence green tea

 Note : saya mengganti air dengan susu, jadi bahan cair saya ganti dengan susu seluruhnya

Topping & Pelengkap :
Margarin untuk mengoles
gula pasir
keju cheddar parut
susu kental manis, sebagai perekat


Cara membuat :
Dalam wadah, masukkan terigu, gula pasir, garam, dan vanilli bubuk, aduk rata, buat lubang ditengahnya. Kocok kuning telur, tuang ke dalam susu UHT, aduk hingga rata. Tuang air dan susu ke tengah adonan terigu, aduk hingga rata (diaduk berputar, adonan jangan diremas). tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan hingga kedasar wadah selama 30 - 60 menit. Saring. Tutup adonan dengan plastic wrap/kain, istirahatkan adonan kurleb 3jam. Bagi dua adonan sama banyak. (jika sebagian adonan tidak akan dibuat saat itu juga, masukkan ke dalam kulkas)



Panaskan teflon dengan api kecil, beri adonan essence green tea, aduk rata. campur soda kue dengan 1sdm air, aduk rata. Tuang cairan soda kue ke dalam adonan martabak, aduk hingga benar-benar rata. diamkan kurleb 5 menit sambil menunggu teflon panasnya merata.


Tes panas teflon dengan menuang satu tetes adonan, jika sudah benar-benar panas, tuang seluruh adonan, sapukan adonan ke pinggiran teflon menggunakan sendok sayur agar terbentuk pinggiran yang kokoh. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung di permukaan atas adonan, biarkan gelembung pecah dan membentuk rongga-rongga yang besar (mengapa harus berongga? supaya olesan mentega bisa masuk ke dalam rongga-rongga dan membuat tekstur martabaknya tetap empuk). jika permukaan martabak sudah tidak basah, taburkan gula pasir secukupnya, tutup teflon kurleb 3menit. Angkat martabak.

Beri martabak topping keju cheddar yang sudah diparut, terakhir beri susu kental manis sebagai perekat. Letakkan pisau di tengah-tengah kemudian potong martabak menjadi dua bagian, tumpuk jadi satu. Potong-potong martabak sesuai selera.


Martabak manis green tea siap dinikmati dengan keluarga tercinta, Martabak lebih enak dinikmati selagi panas/hangat *yummmm




This is it!!! Martabak Manis Green Tea :)

Enjoy!
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar